Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Khawatir Berlebihan Itu Gangguan Jiwa





Sering kita menjumpai orang yang selalu merasa khawatir dengan segala macam hal bahkan untuk hal-hal yang belum terjadi? Mungkin yang kita jumpai itu adalah orang yang mengalami Gangguan Kecemasan Menyeluruh atau dalam bahasa inggrisnya disebut Generalized Anxiety Disorder (GAD).



Dalam praktik sehari-hari saya lebih banyak menjumpai pasien dengan jenis kelamin perempuan yang mengalami hal ini dibandingkan laki-laki. Pasien pun kadang tidak berobat atau menunda pengobatan sebelum akhirnya merasa tidak nyaman sekali atau ketika keluhan-keluhan fisik (psikosomatik) sudah mulai muncul.

Tidak heran biasanya kondisi ini menahun dan tidak mendapatkan pengobatan di saat-saat awal orang tersebut mengalami kecemasan ini.

Gejala dan Tanda

Sebagai salah satu tipe dari gangguan kecemasan, kadang gejala kecemasan pada pasien dengan gangguan cemas menyeluruh mirip dengan pasien dengan gangguan panik.

Tapi ada beberapa hal yang khas untuk gejala pasien dengan gangguan cemas panik seperti:
a. Perasaan khawatir berlebihan terhadap hampir semua aspek kehidupan
b. Perasaan lelah berlebihan yang tidak disebabkan karena faktor kelelahan fisik
c. Iritable atau mudah tersinggung
d. Sulit konsentrasi
e. Gejala fisik seperti kaku otot (pegal2), gangguan tidur atau sulit relaks

Biasanya 3 dari gejala ini dialami pasien untuk menentukan diagnosis suatu Gangguan Kecemasan Menyeluruh.

Penyebab

Secara pasti penyebab dari gangguan ini tidak diketahui tetapi beberapa teori terutama biologis dan psikologis telah dikemukakan. Kondisi gangguan ini terkait sistem di otak adalah adanya ketidakseimbangan di sistem monoamine terutama adalah sistem serotonin.

Inilah yang membuat pasien dengan gangguan ini menjadi lebih baik jika diberikan obat antidepresan golongan SSRI seperti Sertraline dan golongan SNRI seperti Venlafaxine.

Secara psikologis ada dua teori yang dikemukakan berhubungan dengan gangguan kecemasan menyeluruh. Teori Psikoanalisis yang dikemukakan oleh Sigmund Freud mengatakan kondisi ini terkait dengan konflik internal bawah sadar yang tidak terselesaikan dan akhirnya timbul dalam kekhawatiran yang terus menerus sepanjang hidup.

Teori kognitif berkaitan dengan hal ini berhubungan dengan cara individu untuk melihat sisi negatif dari kondisi lingkungannya sehari-hari. Individu lebih cenderung memilih sisi negatif dari kondisi kesehariannya atau 'memilih' untuk tetap selalu berpikir negatif berkaitan dengan hal-hal yang berhubungan dengan kesehariannya.

Pengobatan

Pengobatan pasien dengan gangguan kecemasan menyeluruh meliputi sisi biologis (psikofarmaka), sisi psikologis (psikoterapi) termasuk di dalamnya dukungan suportif dari lingkungannya. Pengobatan dengan obat psikofarmaka telah terbukti secara ilmiah mampu memberikan perbaikan pada pasien.

Obat golongan SSRI seperti Sertraline dan obat golongan SNRI seperti Venlafaxine dinyatakan telah banyak membantu perbaikan pasien dengan gangguan kecemasan menyeluruh.

Buspirone juga merupakan obat antidepresan pilihan untuk terapi ini walaupun belakangan sudah lebih ditinggalkan pemakaiannya dalam praktek sehari-hari karena Buspirone bekerja lebih lama dan sangat spesifik untuk gangguan cemas menyeluruh saja.

Sedangkan kondisi gangguan kecemasan menyeluruh sering berbarengan dengan gejala-gejala panik bahkan depresi pada kondisi yang sudah menahun.
Psikoterapi dengan pendekatan terapi kognitif dilakukan untuk mengurangi pikiran-pikiran negatif pasien atau mengalihkannya ke hal yang lebih positif.

Mengalihkan dan mengurangi pikiran-pikiran negatif ini pada prakteknya butuh waktu yang panjang sehingga terkadang pasien harus mengikuti pengobatan sampai beberapa bulan bahkan tahun. Salam Sehat Jiwa.

Penulis
Dr. Andri, SpKJ
Psikiater Bidang Psikosomatik Medis
Klinik Psikosomatik RS OMNI Alam Sutera

loading...

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Khawatir Berlebihan Itu Gangguan Jiwa"

  1. istri saya memiliki trauma masa lalu dgn mantan pacarnya.

    pola pikirnya cenderung utk berpikir negatif dan sering menyalahkan semua hal. kadang utk hal yg sepele sering merasa cemas berlebihan. contoh seperti pegal2 sedikit bs diartikan sebagai gangguan jin dll. atau kalau saya tinggal keluar kota cm beberapa hari sudah lsg marah2 ..seakan2 saya sudah pergi setahun tanpa kabar padahal kami masi telponan chatting dll sehari lebih dr sekali. intinya lebih cenderung melihat hal2 secara 90% negatif dr pada positif. Bgmn cr pengobatannya dokter. Terima kasih

    BalasHapus

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner