Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

TIPS MENGATASI PERUT KEMBUNG

TIPS MENGATASI PERUT KEMBUNG


Paling tidak enak apabila perut terasa kembung, entah karena Anda baru makan makanan pedas atau minum kopi saat perut belum terisi. Selain rasa tak enak yang diciptakan, perut Anda jadi membuncit.

beribut tips untuk mengatasi perut kembung 

1. Hidrasi. Kembung adalah tanda bahwa makanan tidak dicerna dengan benar oleh tubuh. Kurangnya asupan air akan menyebabkan perut kembung berlebihan. Minum beberapa gelas air putih akan membantu dalam menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh. Namun, pastikan Anda tidak mengonsumsi minuman bersoda sebagai pengganti asupan air. Sebagai gantinya, Anda bisa mencoba menambahkan sedikit jeruk limau dan lada hitam ke air minum.

2. Kurangi asupan garam. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi asupan garam. Pertama, utamakan untuk mengonsumsi makanan segar ketimbang yang diproses. Banyak produk makanan dan buah segar yang rendah kandungan garam. Misalnya, daging segar jauh lebih rendah kandungan garam bila dibandingkan dengan versi olahan seperti ham, sosis dan hot dog. Kedua, periksa label makanan dan pilih produk yang memiliki kandungan garam rendah. 

Ketiga, hati-hati ketika Anda memilih pengganti garam. Beberapa makanan yang tinggi kandungan potasium mungkin dapat membantu mengurangi beberapa masalah terkait konsumsi garam, tapi hal ini justru dapat menyebabkan masalah pada ginjal atau jantung.

3. Hindari minuman manis beralkohol sebanyak yang Anda bisa. Waspadai pula konsumsi gula pengganti, seperti - sorbitol, xylitol, maltitol, isomalt, laktitol, manitol, eritritol dan hydrogenated starch hydrolysates (HSH) - yang cenderung menambah rasa kembung.

4. Bijak dalam mengonsumsi susu. Produk-produk susu penuh dengan kandungan gula alami, yang disebut laktosa - dapat mengganggu proses pencernaan yang menyebabkan kembung. Bila Anda termasuk laktosa intoleran, pastikan untuk menghindari keju dan yogurt, karena dapat menyebabkan kram.

5. Batasi makan. Makan dalam porsi kecil tidak hanya berguna dalam membantu usaha penurunan berat badan tetapi juga bisa menjadi cara terbaik untuk melawan perut kembung. Makanlah 4-6 makanan kecil sehari dan pastikan untuk makan secara perlahan.

6. Bergerak. Bangkit dari tempat duduk Anda, jika perut terasa kembung. Jangan pernah melewatkan waktu latihan (olahraga), jika perut Anda terasa penuh dan tidak nyaman. Latihan adalah solusi yang sudah terbukti ampuh mengatasi setiap jenis gangguan pencernaan karena membantu mengatur sistem tubuh. Namun, jika Anda terus merasa kembung, maka mungkin saja Anda mengalami masalah kembung kronis dan dapat menjadi sesuatu yang serius seperti penyakit celiac.

selain dengan cara-cara di atas untuk mengatasi perut yang sering kembung adalah dengan menghindari minuman bersoda, alkohol, dan makanan berlemak yang asin dan berminyak. Jenis makanan dan minuman ini bisa memperlambat lambung dan usus dari pengosongan, menurut "Timothy S Harlan, MD, direktur medis di School of Medicine, Tulane University".
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails