Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Dampak Negatif Tidak Membersihkan "Make-up" Sebelum Tidur

ARTIKEL SEBELUMNYA DI BLOG INI




Dampak Negatif Tidak Membersihkan "Make-up" Sebelum Tidur
Kebanyakan wanita menyadari pentingnya membersihkan wajah sebelum tidur. Namun kesibukan menggakibatkan mereka melupakan kewajiban tersebut. Padahal, kulit wajah yang bersih lebih sehat dan awet muda.

Malas membersihkan wajah yang berlapis make-upsebelum tidur dapat menimbulkan efek buruk terhadap kulit. Berikut ini adalah beberapa dampat negatif dari kebiasaan tak rajin membersihkan wajah yang bermake-up:

1. Kulit kering

Kebiasaan tak membersihkan make-up menyebabkan tekstur permukaan kulit 10 persen lebih buruk. Bila tidur lebih sering menggunakan bagian kanan, maka kulit wajah di area tersebut 20 persen lebih buruk dibanding kiri. Hal ini diakibatkan sedikitnya oksigen yang diperoleh oleh lapisan kulit. Pasokan oksigen ke dalam pori kulit terhambat lapisan make-up yang masih menempel. Hal ini tentu sangat merugikan kulit.

"Tidak hanya mengeringkan lapisan atas. Make-up juga menghalangi kulit beregenerasi, sehingga menghasilkan tekstur yang buruk," kata dermatologist, Dr Stefanie Williams yang merupakan medical director European Dermatology London clinic.

2. Berkerut

Kulit yang kering menyebabkan kerutan mudah terlihat. Hal ini terjadi pada pengguna make-up yang enggan membersihkan wajahnya sebelum tidur. Williams mengatakan, "ketika kering, kulit menjadi kurang elastis. Sehingga kerutan menjadi lebih menonjol." Keringnya kulit diakibatkan polutan lingkungan yang menempel pada make-up.

Akibatnya, kulit terserang radikal bebas yang merugikan kesehatan. Komponen berukuran molekuler ini, menyebabkan berbagai kerusakan pada struktur sel. Polutan juga menyebabkan penurunan produksi kolagen. Kolagen adalah substansi yang menentukan elastisitas kulit. Minimnya produksi kolagen menyebabkan kulit mudah berkerut.

3. Kemerahan

Kemerahan merupakan gejala kulit terkena iritasi. "Tidur dengan make-up mengakibatkan adanya halangan pada permukaan kulit," kata William.

Make-up memungkinkan bahan yang mengakibatkan iritasi terkunci di kulit. Hal ini akan memperburuk reaksi alergi, dan menurunkan kelembaban kulit.

4. Pori wajah membesar

Pori wajah seseorang yang sering tidur dengan sisa make-up biasanya akan membesar 5 persen. Williams mengatakan, hal tersebut dikarenakan adanya sumbatan. Sumbatan ini akan menarik pori sehingga membuatnya membesar dan mudah terlihat. Hal ini, mmengindikasikan kulit semakin menua.

Kondisi ini serupa dengan lansia yang berpori lebih besar. Faktor usia menurunkan elastisitas, sehingga struktur yang menopang dan menjaga pori tidak berfungsi maksimal.

"Tidak membersihkan make-up sebelum tidur akan merugikan kulit jika terus dilakukan dalam jangka waktu yang panjang," kata pakar kulit dan kecantikan dari Harley Street, dr Sam Bunting.

Akumulasi polutan lingkungan yang merupakan radikal bebas menjadi penyebab utama. Komponen ini menurunkan produksi kolagen dan elastin, yang berfungsi memelihara kulit tetap awet muda. Padahal, struktur akan memburuk bersamaan dengan usia. Keengganan membersihkan make-up sebelum tidur, akan membuat penuaan makin cepat terjadi.
Sumber :


loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails