Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

TIPS JIKA KONDISI TUBUH TIDAK FIT


Sebagian besar orang yang merasa agak lelah atau mengantuk, mereka akan mencari kopi atau teh untuk menambah semangat. Tidak sedikit juga yang merokok, yang katanya, untuk membuat bisa berkonsentrasi lebih baik. Lebih parahnya, tidak sedikit juga yang mengkonsumsi jenis-jenis narkoba atau bahan-bahan steroid untuk menjaga agar mereka kuat bekerja lebih keras. Makin sering mereka mengkonsumsinya, makin besar ketergantungan mereka pada jenis-jenis bahan tersebut. Bahan-bahan itu menstimulasi tubuh sehingga tubuh menjadi segar dan seakan energi yang diperlukannya terpenuhi dengan baik. Padahal pada dasarnya tubuh tidak menerima tambahan energi apa-apa dari bahan-bahan tersebut. Ketika dipacu untuk bekerja tetap keras gara-gara semua bahan stimulan tersebut, tubuh justru makin menjadi kekurangan energi. Kerja keras hanya membuat tubuh makin kekurangan energi. Bahan-bahan stimulan itu hanya memaksa tubuh untuk melakukan sesuatu yang sesungguhnya tidak mampu dilakukannya hingga pada suatu hari kelak tubuh benar-benar kecapaian, kekurangan energi dan jatuh sakit.

Tetapi, mengapa banyak obat kuat yang menyatakan diri bisa meningkatkan kemampuan seks? Mengapa banyak binaragawan yang menggunakan steroid terbukti tubuhnya kelihatan makin kekar? Tubuh akan terangsang untuk memproduksi hormon seks atau material seks lebih banyak, sehingga terlihat memang bisa meningkatkan libido. Tapi, lagi-lagi tubuh dipaksa untuk memproduksinya di luar kemampuannya. Seperti juga yang lain, efek ketergantungan akan makin panjang jika mereka makin rutin mengkonsumsinya. Mereka tak mampu memproduksi lagi tanpa rangsangan steroid karena sesungguhnya tubuh sudah kekurangan zat-zat yang berguna di dalamnya.

Walaupun pada awalnya seakan menaikkan libido, tetapi penggunaan steroid dalam jangka panjang justru akan menghentikan produksi testosteron. Mudah berereksi akibat stimulasi testosteron tentu tidak bisa diartikan bahwa terjadi peningkatan kemampuan seks, testis justru menghentikan produksi testosteron ketika steroid digunakan dan akhirnya bisa mengerut dan menyebabkan kemandulan. Dan yang memalukan, penis akan lebih mudah berereksi tanpa sebab yang jelas dan klitoris para wanita akan memanjang jika mereka mengkonsumsinya secara rutin. Terjadi ketidak keseimbangan dalam tubuh, yaitu tingkat testosteron rendah dan tinggi estrogen. Perubahan hormonal ini akan menyebabkan depresi dan ‘mood’ yang tidak menentu dan akhirnya juga menjadi masalah libido sendiri dan ketidakmampuan seksual 

Menyembunyikan Masalah

Banyak orang yang justru menghancurkan tubuh mereka gara-gara mereka menyerang habis-habisan gejala yang timbul pada tubuh mereka. Mereka lalu mengkonsumsi banyak obat atau suplemen yang seakan dapat mengembalikan vitalitas dan kebugaran tetapi sesungguhnya kondisi tubuh justru makin buruk dan makin buruk karenanya.

Mereka dengan mudah mencari obat penghilang rasa sakit (seperti acetaminophen atau ibuprofen) dan meminta dokter untuk memberikan antibiotika. Mereka juga hanya minta obat penurun tekanan darah tinggi dan obat penghilang lemak bila mereka mulai pusing dan peredarah darah ke jantung tidak normal.

Jika kita sering pusing, persendian dan otot sakit, tekanan darah tinggi atau kadar kolesterol tinggi, kita perlu sadar bahwa itu merupakan indikasi bahwa terdapat masalah mendasar yang sering kita lupakan. Mungkin kita akan secara singkat dapat sembuh sendiri atau dengan cepat sembuh dengan obat atau suplemen, tetapi sesungguhnya kita tidak pernah bisa menyelesaikannya dengan sekedar minum obat atau minum suplemen. Masalah mendasar yang tersembunyi di belakangnya tetap tidak teratasi sehingga memungkinkan mengakibatkan banyak hal yang lebih buruk pada kemudian hari.

Sebagai contoh sederhana, mari kita perhatikan seseorang yang sering mengkonsumsi obat untuk mengatasi pusing dan pening kepalanya. Dia mengalami sakit kepala beberapa kali dalam seminggu dan tiap kali pula dia mengkonsumsi obat sakit kepala untuk menghilangkannya. Benarkah dia sembuh? Mengapa terus dan terus kambuh juga?

Kalau sakit kepala itu, misalnya, disebabkan oleh makanan (makanan biasanya adalah penyebab segala penyakit), tetapi orang itu tidak memperhatikannya, dia akan terus saja mengkonsumsi makanan yang sama sehingga menyebabkan pembengkakan kronis dan akhirnya membuat kerusakan pada sistem pencernaan. Kejadian ini tentu menekan kekebalan tubuh dan kemampuan tubuh menghadapi infeksi sehingga kemudian orang itu akan mendapat banyak gejala-gejala penyakit baru. Orang itu menjadi makin rentan terhadap berbagai penyakit. Dan.., lagi-lagi dia mencari obat dan berusaha menyerang gejala-gejala penyakit baru dan merasa bahwa dirinya memang ditakdirkan untuk “berpenyakitan”….

Kesehatan Tubuh tidak Datang Begitu Saja

Sebagian besar orang memang selalu hanya berusaha menyerang gejala penyakit. Di milis apapun yang membicarakan kesehatan, dan ketika juga mereka berkonsultasi ke dokter, pertanyaan mereka selalu : “apa obatnya?” dan jarang sekali mereka meneliti “kenapa menjadi sakit?” .

Mereka menggantungkan kualitas kesehatan mereka kepada dokter, cek kesehatan secara rutin atau mengkonsumsi berbagai suplemen. Sayangnya, para praktisi kesehatan juga masih cenderung hanya menyerang gejala penyakit itu tanpa memperhatikan penyebabnya.

Keadaan ini sudah menjadi masalah sosial yang jarang dipikirkan orang. Peningkatan luar biasa berupa godaan yang timbul dari berbagai makanan dan gaya hidup yang buruk membuat orang sulit bisa hidup sehat seperti jaman dahulu. Hampir semua makanan yang menimbulkan selera dan ada di berbagai penjuru kota adalah makanan yang tidak layak kita konsumsi. Polusi udara, air dan tanah makin menambah kesulitan bagi orang untuk bisa hidup lebih sehat.

Perlu perjuangan yang tinggi dan niat yang lebih baik untuk bisa menjadi sehat di tengah peradaban yang kacau-balau ini. Kesehatan tubuh tercapai hanya jika tubuh kita berfungsi optimal tanpa ada gejala penyakit apapun…..dan sangat-sangat sedikit orang yang mendapatkannya pada kondisi sosial sekarang ini.

Tubuh kita sesungguhnya memiliki kemampuan luar biasa untuk memperbaiki dirinya sendiri dan juga mengerti bagaimana menjaganya tetap berfungsi secara optimal. Perlu akselerasi atau aksi atau gaya dari luar yang besar untuk mengganggunya. Tetapi, akumulasi racun dari makanan yang berasal dari produk hewani, makanan berlemak, minyak goreng, gula, segala jenis tepung dan berbagai macam bumbu serta termasuk obat dan suplemen terus membombardir kemampuannya. Sedikit demi sedikit semuanya berkumpul menjadi gaya yang luar biasa besar yang memaksa tubuh tergeser dari kondisi statisnya dan pada akhirnya tubuh sudah kehilangan kesempatan untuk memperbaiki diri sendiri dan hanya sibuk mempertahankan diri menghadapi berbagai akumulasi aksi tersebut. Bahkan, tidak jarang tubuh juga menjadi kalah terhadap berbagai aksi.

Perbanyak mengkonsumsi makanan segar (banyak buah manis segar tanpa lemak, lengkapi dengan sayur organik, sedikit makan biji (kacang mete) , sangat-sangat sedikit dan lebih baik hindari tepung (grain, semua biji yang berasal dari keluarga rumput, yang perlu diolah supaya kita bisa makan, contohnya : beras, gandum dst) dan bean (kacang kedelai dst), sesedikit mungkin minyak apapun (maksimum 1 sendok teh per hari) , dan lupakan sama sekali produk hewani. Jangan lupa untuk berolahraga, cari udara segar, sempatkan mendapat sinar matahari tanpa “sun block” sekitar 10 menit hingga 20 menit tiap hari! 
READ MORE - Selengkapnya

MENCOBA MENGIKUTI POLA MAKANAN MENTAH


Orang sering sangat heran dan merasa begitu aneh mendengar sebutan pola makan mentah. Hal ini terjadi karena mereka tidak memperoleh konsep pola makan mentah secara keseluruhan. “Makanan kehidupan” atau “makanan mentah” secara umum mencakup makanan vegan (tanpa produk hewani sama sekali), tetapi juga melangkah setingkat lebih maju, yaitu menghilangkan makanan yang dimasak atau diolah. Makanan mentah memiliki enzim-enzim kehidupan yang akan hancur ketika makanan diproses dan dimasak. Selain itu, makanan yang diproses justru mengeluarkan racun dan menjadi sulit dicerna. Makanan mentah terutama terdiri atas bijian, sayuran, kacang, kecambah, buah segar yang tidak dimasak dan juga buah, bijian , kacang-kacangan dan rumput laut kering. Makanan mentah juga mencakup banyak jus segar dan air.

Mengikuti pola makan mentah akan membawa banyak keuntungan, seperti penambahan tingkat energi. Jika kita makan yang sarat dengan makanan mentah maka tubuh akan mencerna dan menyerap makanan dengan lebih cepat. Pencernaan menjadi lebih mudah karena makanan mentah masih memiliki banyak enzim secara lengkap yang berfungsi sebagai katalisator pada proses pencernaan. Jika kita makan makanan olahan maka tubuh akan mencari enzim yang diperlukan untuk pencernaan itu ke dalam jaringan tubuh kita. Proses pencarian ini memaksa tubuh untuk menghabiskan separuh energinya dan separuh lagi untuk meproduksinya. Tidaklah heran jika setelah kita makan makanan yang diolah maka tubuh kita menjadi stress, mengantuk dan kita menjadi cepat tua.

Keuntungan yang lain dengan mengikuti pola makan mentah adalah bahwa kita akan melindungi tubuh kita dari penyakit-penyakit akut seperti pilek, flu, campak dan banyak lagi. Jika kita memasak makanan maka kehidupan di dalamnya akan mati tidak bisa bernafas dan menjadi tidak sehat yaitu karena nutrisi yang mereka hasilkan terkuras habis. Coba bayangkan…. , jika kita menanam sebuah biji bunga matahari mentah dan sebuah biji matahari yang sudah dipasteurisasi (dimasak) di tanah, apa yang akan terjadi kemudian pada keduanya? Yang satu, yang mentah, akan tumbuh dan yang satu lagi akan membusuk dan terurai. Biji yang mentah memiliki sesuatu yang tidak lagi dimiliki oleh yang sudah dimasak, yaitu … KEHIDUPAN. Oleh karena itulah, makanan mentah juga sering disebut dengan “makanan kehidupan”.

Makanan mentah memelihara dan memperbaiki lingkungan internal tubuh dan memungkin tubuh untuk membersihkan dirinya sendiri dari sampah yang terakumulasi dalam tubuh yang terjadi ketika tubuh mempertahankan diri dari timbunan makanan yang dimasak. Nutrisi yang berlimpah yang terdapat dalam makanan mentah membantu menjaga kesehatan tubuh sehingga kesempatan tubuh untuk mendapat penyakit juga berkurang.

Ada manfaat sangat besar lagi dari makanan mentah, yaitu menjaga kebersihan lingkungan. Kita tidak perlu lagi risau dengan endapan minyak yang menempel di panci atau penggorengan sehingga kita harus merendamnya semalaman. Kita juga bisa langsung membuah sampah dapur untuk dipakai sebagai kompos atau pupuk organik dan/atau juga sebagai bahan biogas serta manfaat besar yang lain. Dengan demikian kita menjadi lebih sedikit memerlukan peralatan, tempat menjadi lebih rapi, sampah juga berkurang sangat banyak dan kita tidak ikut mencemari alam dengan memberikan limbah sisa yang beracun.

Makin banyak makanan mentah yang kita makan maka makin sedikit kita menyumbang kebohongan (hoax) industri makanan olahan yang mengatakan bahwa makanan mereka adalah “sehat”. Bayangkan jika tiap orang atau bahkan 60% saja dari sebuah negara mengikuti pola makan makanan mentah maka industri makanan akan tutup dan mulai memproduksi tanaman organik, menanam pohon sehingga jumlah plastik dan kertas yang mereka perlukan untuk mengepak produknya juga akan menjadi sangat berkurang sehingga akhirnya kita akan mendapatkan lebih banyak oksigen untuk semua yang ada di Bumi ini.

Manfaat yang kita dapatkan dengan pola makan makanan mentah jauh-jauh lebih besar daripada semua pola makan yang menggunakan makanan dimasak atau menggunakan suplemen. Bahkan hanya dengan menggantikan 40% hingga 50% makanan Anda menjadi mentah dan 100% vegan (termasuk daging, susu, telur, ikan serta produk turunannya) saja, tubuh akan menjadi sangat terbantu dengan sangat baik, dan kita akan segera melihat bedanya hanya dalam beberapa hari. Bualan bahwa makanan mentah dan vegan itu “tidak sehat, tidak bersih dan kurang nutrisi” seharusnya tidak pernah terjadi kecuali jika kita ingin menyangkali diri kita sendiri atau memperkecil kesempatan hidup pada tingkatan kehidupan yang lebih baik. Juga jangan pernah dengar iklan bualan para industri suplemen bahwa penganut pola makan mentah memerlukan suplemen atau tambahan nutrisi tertentu. Mereka yang menganut pola makanan sembarangan memerlukan tambahan nutrisi yang begitu banyak dan tak akan terpenuhi dengan hanya memberikan suplemen tertentu saja, yaitu karena suplemen hasil industri tidak mengandung enzim yang berguna sebagai katalisator agar mineral atau nutrisi di dalamnya bisa terserap dengan baik ke dalam tubuh. Lagi-lagi, mereka memerlukan makanan mentah.

Jadi, kenapa tidak langsung makan makanan mentah ketimbang harus mengkonsumsi berton-ton suplemen?
READ MORE - Selengkapnya

CARA ALAMI BERSIHKAN BATU EMPEDU


Ini telah berhasil bagi banyak orang. Apabila kejadian anda demikian juga, ayolah beritahu pada orang lain. Dr. Chiu-Nan sendiri tak memungut biaya untuk informasinya ini, karena itu sebaiknya kita buat ini gratis juga. Ganjarannya adalah bila ada orang yang karena informasi yang anda berikan menjadi sehat.

Batu empedu tak banyak dirisaukan orang, tapi sebenarnya semua perlu tahu karena kita hampir pasti mengindapnya. Apalagi karena batu empedu bisa berakhir dengan penyakit kanker. “Kanker sendiri tidak pernah muncul sebagai penyakit pertama” kata Dr.Chiu-Nan.

“Umumnya ada penyakit lain yang mendahuluinya. Dalam penelitian di Tiongkok saya menemukan bacaan bahwa orang-orang yang terkena kanker biasanya ada banyak batu dalam tubuhnya.

Dalam kantung empedu hampir semua dari kita mengandung batu empedu. Perbedaannya hanya dalam ukuran dan jumlah saja.. Gejala adanya batu empedu biasanya adalah perasaan penuh di perut (‘nek, busung) sehabis makan. Rasanya kurang tuntas mencernakan makanan. Dalam kondisi parah ada tambahan rasa nyeri pada ginjal.”

Bila anda menduga ada batu pada empedu anda, cobalah cara yang dianjurkan oleh Dr. Chiu Nan untuk menghilangkannya secara alamiah. Pengobatan ini juga dapat dipakai bila ada keluhan gangguan hati, karena hati dan kandung empedu saling berkaitan.

Adapun cara pengobatannya adalah sebagai berikut :

1. Selama lima hari berturut-turut minumlah empat (4) gelas sari buah apel segar setiap hari, atau makanlah empat atau lima buah apel segar, tergantung selera anda. Apel berkhasiat melembutkan batu empedu. Selama masa ini anda boleh makan seperti biasa.

2. Pada hari ke-enam jangan makan malam. Jam 6 petang, aduklah satu sendok teh “Epsom salt” (magnesium sulfat, garam Inggris) dengan segelas air hangat. Jam 8 malam lakukan hal yang sama. Magnesium sulfat berkhasiat membuka pembuluh-pembuluh kandung empedu. Jam 10 malam campurkan setengah cangkir teh minyak zaitun (atau minyak wijen) dengan setengah cangkir sari jeruk segar. Aduklah secukupnya sebelum diminum. Minyaknya melumasi batu2 untuk melancarkan keluarnya batu empedu.

Keesokan hari Anda akan menemukan batu-batu berwarna kehijauan dalam limbah air besar anda. “Batu-batu ini biasanya mengambang,” menurut Dr. Chiu-Nan. “Cobalah hitung jumlahnya. Ada yang jumlahnya 40, 50 sampai 100 batu. Banyak sekali. Tanpa gejala apapun Anda mungkin memiliki ratusan batu yang berhasil dikeluarkan melalui metoda ini, walaupun mungkin tidak semuanya keluar.


Komentar Suman:

Tidak ada salahnya kita sekali-kali membersihkan kandung empedu kita, meskipun tidak ada keluhan penyakit kandung empedu. Lagipula, bahan-bahan yang dianjurkan tidak merusak kesehatan, apel, garam inggris, minyak zaitun dan jeruk. Dan berikut, adalah yang saya alami sendiri.

1. Pilih apel yang disukai, jenis boleh apa saja, cuma saya senang yang garing dan tidak terlalu manis. Jadi, waktu itu saya makan Apel Newzealand yang tidak terlalu besar dan lebih garing dibandingkan apel RRC yang besar dan manis.

2. Makan apel selama 5 hari berturut-turut dan setiap hari sebanyak 5 buah, boleh siang dan malam
sebaiknya kulit apel dibuang karena ada lapisan lilin dan terkontaminasi sama pestisida. Makan tetap seperti biasa, karena saya vegetarian, jadi saya tidak mengonsumsi daging selama memakan apel tsb. Ada baiknya juga selama makan apel tsb, kita berhenti dulu mengonsumsi daging dan produk hewani lainnya. Karena vegetarian juga baik untuk kesehatan.

3. Garam Inggris bisa beli di apotik seharga Rp 2.500 per bungkus kecil. Satu bungkus cukup. Hanya tertulis di artikel garam Inggris bahwa sebaiknya tidak dikonsumsi oleh yang menderita penyakit ginjal. Minum dua kali sesuai anjuran pada hari ke-6. Pada hari ke-6 ini, perut saya mulai terasa mulas dan sudah tidak selera makan dari pagi, jadi sekalian saya puasa dan hanya sempat makan sekeping roti pada siang harinya. Anjurannya sih hanya jangan makan malam. Dan minum garam Inggris pada jam 6 sore dengan mencampur 1 sendok teh diaduk 1 gelas air hangat. Diulang lagi jam 8 malam, 1 sendok teh garam Inggris diaduk dengan 1 gelas air hangat. Minum sekaligus. Rasanya tawar saja, tidak asin seperti garam biasa.

4. Minyak Zaitun kalau kita ke Supermarket namanya Olive Oil, pilih yang warna hijau, atau yang biasa tertulis ‘extra virgin’. Tuangkan setengah cangkir teh. Saya campur dengan jeruk peras setengah cangkir, fungsi jeruk agar kita tidak muntah saat minum Minyak Zaitun, Jadi aduk yang rata, dan rasanya seperti minum jus jeruk, hanya lancar saja karena mengandung minyak. Minum sekitar jam 10 malam.

5. Pada hari ke-6 dan ke-7 sebaiknya berada di dekat toilet karena perut akan langsung mulas dan perlu ke toilet beberapa kali. Tidak percaya, coba hitung ada berapa batu hijau yang seperti batu apung dengan ukuran kecil dan tidak beraturan terapung di toilet. Maaf, pada hari ke-7 ini, bisa mulas seharian, untuk pembersihan, dan kotoran yang keluar sungguh berbau amis. Saya pikir ini semacam detoksinasi, jadi tidak ada salahnya sekali-kali membersihkan empedu.

Ada pertanyaan dari teman, mana mungkin empedu itu muaranya lari ke usus dan melalui pembuangan kotoran. Karena saya bukan dokter ahli, saya konfirmasikan dengan teman saya yang dokter, dan menurut penjelasannya, bahwa di batu empedu terdapat kanal yang bermuara ke usus 12 jari yang disebut ductus choledocus. Dan sesuai dokter ini, bahwa batu di empedu bukanlah seperti batu ginjal, tapi lebih menyerupai kerak, dan tentunya akan terapung. Dokter ini pun setelah saya menjelaskan metode ‘apel pembersihan empedu’ tsb, memastikan diri akan mencobanya J Jadi, kalau metode yang dikenalkan oleh seorang dokter dan ada dokter lain yang mau mencobanya, tentunya kita yang awam tidak perlu kuatir untuk mencobanya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

MENGHILANGKAN BATU EMPEDU SECARA ALAMIAH dengan APEL 
oleh Dr Lai Chiu-Nan
READ MORE - Selengkapnya

Menjaga Kesehatan Kulit Dengan Jambu Biji


Tahukah Anda bahwa jambu biji memiliki peran penting dalam perawatan kulit karena banyak mengandung vitamin C, antioksidan dan karoten, yang semuanya bermanfaat bagi kulit. Oleh karenanya, jambu merah sering digunakan dalam pembuatan produk kosmetik untuk wajah dan tubuh. Berikut adalah tujuh manfaat kecantikan dari jambu biji untuk kesehatan kulit Anda :

1. Meningkatkan warna kulit
Jambu biji dapat membantu dalam mempercantik kulit, sehingga Anda bisa memiliki kulit yang lembut dan bercahaya. Untuk memperbaiki kulit, Anda dapat membuat scrub jambu biji di rumah. Campurkan jus jambu biji dengan kuning telur dan oleskan secara merata di wajah.

Bilas setelah 20 menit dengan air hangat. Untuk hasil terbaik, lakukan perawatan ini sekali atau dua kali dalam seminggu. Scrub ini dapat menghapus sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Scrub ini juga dapat menghilangkan kotoran di kulit, sehingga memberikan kulit tampak lebih segar dan kenyal.

2. Melindungi kulit dari sinar UV
Jambu biji mengandung dua kali jumlah likopen yang terkandung dalam tomat. Likopen adalah antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan polusi lingkungan. Satu jambu menyediakan sekitar 2,9 gram likopen.

3. Anti-penuaan
Jambu biji merupakan sumber makanan yang sangat kaya akan vitamin A, B, C dan potasium yang merupakan antioksidan yang baik dan juga berperan sebagai pendetoks tubuh. Mereka dapat melawan radikal bebas, sehingga menjaga kulit tetap bersinar dan bebas dari tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis-garis halus.

Selain itu, likopen juga dapat melindungi sel-sel kulit yang masih sehat dari racun yang menumpuk dalam tubuh, karena masalah metabolisme dan pencemaran lingkungan. Racun tersebut juga dapat menyebabkan penuaan dini dengan merusak DNA yang bertanggung jawab atas pertumbuhan dan perkembangan.

4. Toner
Karena jambu biji mengandung banyak vitamin, mineral dan nutrisi, buah ini dapat membantu menjaga kulit tetap kencang, segar dan bebas dari kerutan. Jambu biji juga efektif dalam meningkatkan tekstur kulit, mengencangkan kulit, dan menghidupkan kembali elastisitas kulit yang hilang. Kualitas astringent dari jambu biji dapat menjaga kulit bebas dari noda hitam, jerawat, keriput dan bekas jerawat. Mencuci wajah dengan rebusan jambu mentah dan daun jambu dapat mempercantik kulit Anda.

5. Mengobati jerawat dan bintik-bintik hitam
Jika Anda menderita jerawat dan bintik-bintik hitam di wajah, Anda dapat mengambil beberapa daun jambu biji dan menumbuknya untuk membuat pasta halus. Bersihkan wajah dan oleskan tumbukan daun itu pada jerawat dan bintik-bintik hitam di wajah. Diamkan sampai agak kering dan bilas dengan air dingin. Jika Anda rajin melakukan perawatan ini, Anda dapat menyembuhkan jerawat di wajah.

6. Melembapkan kulit
Tingkat kelembapan yang tepat sangat penting untuk kulit sehat. Air memainkan peran penting dalam menjaga kulit tetap lembap. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk minum 8-10 gelas air dalam sehari. Jambu biji adalah sumber air dengan 81 persen dari buahnya terdiri dari air.

7. Mengatasi komedo dan gatal di kulit
Anda dapat mencampur tumbukan daun jambu biji dengan sedikit air dan mengoleskannya sebagai scrub pada hidung untuk menghilangkan komedo. Daun jambu biji juga dapat menyingkirkan gatal-gatal di kulit karena mengandung senyawa yang dapat melawan alergi.
READ MORE - Selengkapnya

MANFAAT LAIN BUAH BIJI NANGKA UNTUK MENINGKATKAN GAIRAH


Rupanya tak banyak yang menyadari bahwa biji nangka tak hanya enak dimakan, melainkan juga bisa membawa banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Biji buah nangka dipenuhi oleh nutrisi dan protein.

Beberapa nutrisi yang ada di dalamnya antara lain adalah karbohidrat, serat, vitamin A, C, dan B, serta mineral seperti kalsium, zat seng, dan fosfor. Selain itu di dalamnya juga terdapat antioksidan yang bisa menangkal kanker. Biji nangka juga bisa membantu mencegah konstipasi.

Penasaran dengan manfaat kesehatan lain dari biji buah nangka?

1.Kesehatan kulit

Jika ingin memiliki kulit yang cantik, lembut, dan bebas kerutan serta bintik-bintik hitam, biji buah nangka bisa membantu Anda. Caranya adalah dengan merendam biji buah nangka di susu dingin selama beberapa waktu.

Kemudian haluskan biji nangka tersebut dan gunakan sebagai masker pada kulit yang memiliki kerutan. Lakukan hal ini untuk menghilangkan kerutan pada kulit. Cara ini juga bisa digunakan untuk membuat kulit semakin mulus dan bebas noda. Selain itu, mengonsumsi biji buah nangka secara teratur juga bisa membantu menghaluskan kulit. Biji buah nangka yang kaya serat membantu mencegah konstipasi dan menghilangkan racun yang yang ada dalam kulit. Cara ini akan membuat kulit semakin bersih, sehat, dan terlihat berkilau.

2. Kesehatan mental

Makan biji buah nangka mungkin tampak tak berkaitan dengan kesehatan mental. Padahal keduanya ternyata bisa saling berpengaruh. Selain baik untuk kesehatan kulit, mengonsumsi biji buah nangka juga baik untuk mencegah stres. Biji buah nangka mengandung banya protein dan nutrisi yang baik untuk mencegah stres. Tak hanya itu, makan biji buah nangka juga bisa menjadi salah satu cara menyehatkan kulit. Nutrisi yang ada dalam biji buah nangka meningkatkan kelembapan kulit dan menyehatkan lever.

3.Kesehatan rambut

Biji buah nangka memiliki kemampuan untuk membantu melancarkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik sangat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut. Dengan begitu, mengonsumsi biji buah nangka akan membantu menjaga kesehatan rambut. Tak hanya itu, biji buah nangka juga bisa membantu mengontrol tingkat gula darah karena biji buah nangka mengandung banyak mangan.

Biji buah nangka yang mengandung vitamin A jugam membantu mencegah rambut rontok dan menyehatkan mata. Vitamin A di dalamnya akan mencegah penyakit mata seperti kebutaan dan lainnya. Vitamin ini juga menjaga kesehatan rambut, mencegah rambut terlihat kering dan rontok atau patah.

4.Mencegah anemia

Biji buah nangka mengandung banyak zat besi yang bisa membantu mencegah Anda terkena anemia. Zat besi sangat diperlukan tubuh untuk produksi sel darah merah, sehingga mengonsumsi biji buah nangka akan membantu Anda untuk mengontrol jumlah sel darah merah dan mencegah Anda mengalami kekurangan darah atau anemia. Tak hanya itu, biji buah nangka juga melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga membantu menjaga kesehatan organ tubuh lainnya seperti jantung dan pembuluh darah, serta mencegah penyakit kulit.

5.Meningkatkan gairah seks

Tak banyak yang mengetahui bahwa biji buah nangka sebenarnya merupakan makanan aprodisiak yang bisa membantu meningkatkan gairah seksual. Cara mengonsumsinya adalah dengan membakar biji buah nangka seperti membakar kacang. Jika Anda mengalami masalah dengan gairah seks, tak ada salahnya mencoba mengonsumsi biji buah nangka.
READ MORE - Selengkapnya

JENIS-JENIS AIR DAN AIR YANG BAIK UNTUK TUBUH


Banyak orang berpikir bahwa untuk sehat kita perlu makan buah banyak dan banyak minum air. Tetapi, masih ingatkah kita pada pembahasan yang lampau bahwa minum air juga bisa terlalu banyak dan bahkan juga bisa membuat efek buruk bagi kesehatan hingga kematian?lihat 1,2,3)


Ukuran 8 gelas air per hari atau bahkan 2 liter per hari adalah untuk mereka yang banyak mengakumulasikan racun ke dalam tubuh. Sekalipun tidak dapat menangkal atau bahkan menghilangkan racun, tapi mereka berharap dapat melarutkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Walaupun demikian pula, tubuh, terutama ginjal, tetap akan bekerja keras untuk membuang air tersisa.

Bagaimana bagi mereka yang sudah melakukan pola makan hampir total segar atau bahkan yang sudah 100% segar? Apakah masih diperlukan 2 liter per hari? Apakah kita masih ingin memaksa tubuh kita bekerja keras juga?

Bagaimana dengan berbagai jenis air yang dijual di pasaran saat ini?

Air RO

Air RO (reverse osmosis) menyerupai air suling (air murni). Air ini tidak mengandung mineral sama sekali. Daya larutnya sangat tinggi sehingga juga akan melarutkan banyak sekali nutrisi yang ada. Bagi mereka yang menderita sakit ginjal akibat pengkristalan (kencing batu), barangkali air ini bisa merupakan semacam obat peluruh (sekalipun kecil). Tetapi, bagi mereka yang sehat, bagi mereka yang sudah melakukan pola makan hampir segar, air semacam ini justru lebih banyak merugikan daripada menguntungkan4).

Air PAM

Air PAM di sekeliling kita memang sering mengandung parasite, chlorine, fluoride dan dioxin sehingga acap kali tetap tidak layak kita minum sekalipun sudah kita rebus hingga mendidih. Dengan filter yang bagus kita dapat menghilangkan semua itu. Tapi, bagaimana kalau hilang seluruhnya?

Air Pegunungan

Air bersih dari sumber air bersih di pegunungan biasanya mengandung sejumlah mineral tetapi kadarnya masih sedikit asam. Tubuh akan mengubahnya menjadi sedikit basa sehingga cocok dengan kondisi tubuh. Tubuh perlu mengeluarkan usaha juga, tetapi bukankah dengan makanan yang kita makan tubuh juga selalu berusaha untuk membuatnya sedikit basa? Apakah air pegunungan menambah beban berat tubuh kita? Mungkin.., tapi cek dulu kadar keasamannya. Kalau hanya sedikit, mengapa mesti khawatir? Siapa tahu kandungan mineral di dalamnya justru akan membuat tubuh lebih bersifat basa…

Air Oksigen

Beberapa saat yang lalu, kami mengukur pH air oksigen kemasan yang berada di pasaran bebas, ternyata air ini bersifat sedikit asam. Air biasa yang juga di dalam kemasan justru menunjukkan ‘sedikit basa’.

Begitu kemasan dibuka, oksigen di dalam air itu akan menguap keluar untuk mencapai kesetimbangan. Jadi, apakah masih berguna minum air oksigen?

Selain itu, kalau toh benar bisa memampatkan oksigen begitu banyak, kita juga perlu berhati-hati. Terlalu banyak oksigen juga bisa menyebabkan kematian. Banyak peselam yang mudah kram karena terlalu banyak oksigen. Bayi dalam inkubator juga bisa menjadi buta karena terlalu banyak oksigen5).

Air Alkalin

Sejumlah orang mulai tertarik dengan air alkalin (yang sedikit basa), yaitu supaya pH (derajat keasambasaan) nya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Bahkan beberapa lagi justru tertarik yang lebih basa daripada pH tubuh (pH tubuh sekitar 7,4), yaitu 8,5. Baguskah hal ini untuk kita?

Bagi mereka yang terlalu banyak makan makanan yang bersifat membuat suasana tubuh asam seperti : daging, susu, telur, ikan, gorengan, gula dst, air ini juga sedikit membantu tubuh menetralisir. Bagi mereka yang sedang sakit, (yang mendapat serangan banyak penyakit), bagi mereka yang stres berat dan bagi mereka yang berolahraga berat, tentu tubuhnya banyak mengandung asam sehingga air ini mungkin juga sedikit membantu.

Konon sel kanker memang hanya tumbuh baik pada suasana yang asam.

Tetapi, bagi mereka yang sehat, yang juga hampir semua makanannya segar, yang cenderung membuat suasana tubuh sedikit basa, apakah mengkonsumsi air dengan pH 8,5 ke atas masih bagus?

Memang kasus terlalu alkalin jarang terjadi karena hampir semua orang mengkonsumsi makanan yang bersifat mengasamkan, termasuk makanan yang dimasak atau diproses panjang. Semua minuman yang enak termasuk kopi, teh, susu, soft drink, alkohol, susu, jus-jus kemasan dst juga bersifat mengasamkan. Sres juga mengasamkan tubuh. Demikan pula dengan polusi dst. Bahkan, sekalipun sudah banyak makan makanan segar, kondisi terlalu alkalin atau terlalu basa sulit ditemukan, yaitu karena lingkungan dan kondisi sosial (seperti stres, emosi) tetap mengasamkan kondisi tubuh.

Namun pula, keadaan terlalu alkalin juga bisa membuat kita pingsan atau tidak sadarkan diri dan juga memaksa tubuh terlalu bekerja keras membawanya ke keadaan sedikit basa.

Air alkalin yang terlalu basa atau terlalu alkalin (berpH di atas 9) akan terasa tidak enak dan sering membuat kita mual. Tanpa pengawasan mereka yang benar-benar ahli dan berpengalaman, sebaiknya tidak mengkonsumsi air alkalin yang terlalu basa atau terlalu alkalin.

Kalau lambung kita menjadi terlalu basa maka sistem pencernaan kita juga terganggu. Parasit pada usus halus akan tidak ada yang menghalangi lagi. Pencernaan protein juga terganggu.

Alkalin juga sering digunakan sebagai antibakteri. Kalau semua bakteri kita hilang maka kita juga kehilangan bakteri yang bermanfaat untuk tubuh6).

Lebih amannya, jika masih ingin mengkonsumsi air alkalin secara rutin, coba ukur pH urine dan pH saliva (air liur) beberapa kali sehari. Jika hasil pengecekan pH berkisar antara 7,35 hingga 7,45, berarti pH kita sudah sesuai dengan kondisi tubuh. Cara pengecekan ini tidaklah terlalu sulit, kita tinggal beli beberapa alat pengukuran pH di toko alat kesehatan. Kalau masih kurang dari ukuran tadi, bolehlah kita meneruskan minum air alkalin. Kalau pH nya sudah di atas 7,45 sebaiknya kita mulai menghentikannya.

(Untuk pengukuran saliva sebaiknya kita lakukan setelah sekurangnya 45 menit tidak makan maupun minum)

Air Heksagonal

Para penjual alat pembuat air heksagonal mengatakan bahwa bentuk molekul air yang heksagonal akan membuat penyerapan nutrisi lebih baik, menghilangkan sisa-sia metabolisme tubuh dan meningkatkan sistem peredaran tubuh. Bahkan, sering sekali mereka membuat beberapa iklan dengan membandingkan orang membuka (mengangkat tangannya ke samping) lebar-lebar dan menahannya. Konon, setelah minum air heksagonal mereka lebih mampu menahan kondisi terbuka itu lebih lama.

Kata mereka, alat itu bisa membuat bentuk air menjadi heksagonal. Padahal ikatan hydrogen akan terus terpecah dan terbentuk lagi pada hitungan 200 femtoseconds (10-15 detik)7). Benarkah mereka bisa membentuk air heksagonal hingga pada saat kita meminumnya?

Lalu, apa yang kita pilih?

Air PAM agaknya memang belum layak diminum langsung tanpa diolah lagi (difilter dan direbus), air pegunungan biasanya agak asam, air RO dan air suling mempunyai daya larut yang tinggi (akan melarutkan semua nutrisi juga), air heksagonal masih dipertanyakan manfaatnya para ilmuwan, air oskigen juga diragukan manfaatnya dan juga oksigen berlebihan juga berbahaya, air alkalin juga bisa membuat tubuh terlalu basa juga bukan?

Memang sulit menentukan pilihan. Yang lebih penting, kita harus lebih cerdas dan tidak mudah terpengaruh oleh iklan.

Banyak makan buah manis segar tak berlemak murah lokal musim gratis disertai dengan banyak sayur organik segar berwarna hijau tentu merupakan pilihan terbaik hingga saat ini. Tidak satupun ilmuwan yang menulis tentang keburukan pola makan banyak mengkonsumsi seperti ini, mereka hanya menulis dan melihat manfaatnya saja, sekalipun terlalu sering mereka gagal menjelaskan dengan baik mengapa bisa menjadi bermanfaat.

Kalau kita lalu menjadi lebih sehat, lebih segar, lebih bugar, tambah ceria, tambah keren dan selalu bahagia tentu juga bukan karena pola makan tersebut, tetapi semata karena kita memberikan kesempatan kepada tubuh dan alam untuk bergerak lebih harmonis.

Betul kan?
Refferensi

—————————1. Banyak Minum Air, 1
https://groups.google.com/forum/#!topic/segarbugarsepanjangmasa/zGwKPUgEiJo
2. Banyak Minum Air, 2
https://groups.google.com/forum/#!topic/segarbugarsepanjangmasa/JkHdO_nqH0Y
3. Banyak Minum Air, 3
https://groups.google.com/forum/#!topic/segarbugarsepanjangmasa/XPh1bAKxPIY
4. Apakah Air Suling atau “Air Tanpa Mineral” itu benar berbahaya?
https://groups.google.com/forum/#!topic/segarbugarsepanjangmasa/3_EzhULSPD8
5http://www.lenntech.com/periodic/water/oxygen/oxygen-and-water.htm#ixzz2hf7GE2vz
6. NV Vorobjeva, et al. “The bacterial effects of electrolyzed oxidizing water on bacterial strains involved in hospital infections”, Artificial Organs vol. 28, issue 6, 590-592, June 2004.
7. Smith, Jared D.; Christopher D. Cappa, Kevin R. Wilson, Ronald C. Cohen, Phillip L. Geissler, Richard J. Saykally, “Unified description of temperature-dependent hydrogen-bond rearrangements in liquid water”, Proc. Natl. Acad. Sci. USA 102 (40): 14171–14174, 2005.
http://www.lbl.gov/Science-Articles/Archive/sabl/2005/October/Hydrogen-bonds-in-liquid-water.pdf
READ MORE - Selengkapnya

MANFAAT BUAH DUWET UNTUK PENDERITA DIABETES


Mungkin saja ada sebagian orang yang tidak kenal dengan nama buah yang satu ini.

Buah langka ini mempunyai nama lain di banyak daerah seperti jamblang, jambu keling, dhuwak, coppeng dan banyak lagi.

Duwet memiliki bentuk buah yang terlihat seperti anggur, dengan ciri-ciri warna ungu kehitaman.

Buah di bagian batang akan berkelompok dan sangat mengasyikkan untuk dipetik.

Karena kelangkaannya, buah duwet mungkin saja hanya ditemukan dalam jumlah yang lebih sedikit karena banyak pohon yang mulai di tebang dan tak digunakan.

Di beberapa pasar tradisional buah duwet bisa ditemukan pada bulan September hingga Oktober

Rasanya sendiri memliliki kekhasan dengan kombinasi rasa yang sangat manis dan rasa lengket yang sedikit sepat dan asam.

Buah ini memiliki kulit yang sangat mengkilap dengan warna daging buah putih agak keunguan.

Dikutip dari trendkita.com, zat pektin yang ada dalam daging buah duwet biasanya akan meninggalkan warna ungu pada lidah. Jadi, buah duwet sangat enak untuk dikonsumsi dengan bermacam kandungan nutrisi yang bisa diketahui pada daging buah.

Inilah sebagian penjelasan tentang manfaat buah langka yang satu ini:

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Apabila Anda memiliki masalah pencernaan seperti sakit perut dengan gejala kembung dan sulit untuk buang angin dan sembelit jadi Anda bisa memakai buah duwet.

Jus dari buah duwet yang sudah dipisahkan dengan bijinya mempunyai kandungan serat yang cukup, kandungan senyawa gula dalam buah duwet bisa mengatasi permasalahan sakit perut.

Apabila Anda tak pernah buat jus buah duwet jadi konsumsi buah duwet segar juga ampuh untuk menyingkirkan kembung.

2. Sumber Energi Tubuh

Buah duwet sangat menyegarkan dengan rasa manis dan asam. Bahkan buah duwet selalu meninggalkan rasa asam dan sepat untuk lidah.

Karbohidrat, protein dan lemak di dalam buah duwet bisa jadi sumber energi yang baik. Selain itu, buah duwet bisa membantu pemecahan zat pati menjadi zat gula

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsium, Magnesium, Fosfor dan Zat besi yang ada di dalam buah duwet dapat melindungi sistem kepadatan tulang dan mencegah gigi berlubang.

Buah duwet pas untuk lanjut usia dan wanita hamil yang mempunyai kemungkinan diserang radang sendi atau osteoporosis dan kerapuhan tulang.

4. Menurunkan Kadar Gula pada Diabetes

Kandungan glukosida phytomelin, alfa phytosterol, dan astringent di dalam buah dapat mengontrol kandungan gula dalam darah serta mencegah kolesterol berlebihan dalam tubuh.

Astringent dalam buah duwet juga berfungsi untuk mempercepat penutupan luka untuk penderita diabetes.

5. Melindungi Kesehatan Jantung dan Mata

Dalam melindungi kesehatan jantung, buah duwet memiliki kandungan kalium dan sodium yang bertindak untuk mengatur otot jantung, membantu mengatur detak jantung dan menghindari bermacam jenis kemungkinan penyakit karena serangan jantung.

Selain hal itu, kandungan Vitamin A yang ada di dalam buah duwet diakui untuk melindungi kesehatan mata, memudahkan risiko rabun pada mata dan kebutaan karena katarak.

Itulah beberapa manfaat dari buah duwet yang semakin jarang kita temui saat ini. Walaupun buah duwet ini berlimpah akan manfaatnya, biasanya orang malas untuk mengonsumsi buah ini karena rasanya yang sedikit sepat dan asam
READ MORE - Selengkapnya

GEJALA SAKIT BATU EMPEDU


Gejala utama yang biasanya dialami adalah sakit perut yang datang secara tiba-tiba atau disebut dengan kolik bilier.

Rasa sakit ini dapat terjadi pada beberapa bagian perut. Di antaranya adalah bagian tengah perut atau di atas, kanan perut. Rasa sakit ini juga bisa menyebar ke sisi tubuh atau tulang belikat. Gejala sakit perut ini juga bervariasi, misalnya:
  • Dapat muncul kapan saja.
  • Dapat berlangsung selama beberapa menit sampai berjam-jam.
  • Tidak akan berkurang meski sudah ke toilet, kentut, atau muntah.
  • Frekuensi kemunculannya jarang tapi bisa dipicu oleh makanan dengan kadar lemak yang tinggi.

Jika batu empedu menyebabkan penyumbatan pada salah satu saluran pencernaan, gejala-gejala berikut dapat muncul:
  • Sakit perut yang terus-menerus atau selalu kembali.
  • Demam tinggi.
  • Sakit kuning
  • Detak jantung yang cepat.
  • Gatal-gatal pada kulit.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Mual dan muntah.

Penting bagi Anda untuk mewaspadai kolik bilier walau gejalanya terasa sepele dan tidak konsisten. Segera periksakan diri Anda ke dokter jika Anda mengalami sakit perut hebat yang berlangsung lebih dari delapan jam, sakit kuning atau demam.
READ MORE - Selengkapnya

Penyebab Terbentuknya Batu Empedu


Penyebab Terbentuknya Batu Empedu

Batu empedu diduga terbentuk akibat pengerasan kolesterol yang tertimbun dalam cairan empedu. Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara kolestrol dan senyawa kimia dalam cairan tersebut.

Batu empedu umumnya tidak menyebabkan sakit, jadi tidak membutuhkan penanganan khusus. Tetapi jika batu ini menyumbat saluran kantong empedu, penderita akan mengalami gejala sakit pada bagian kanan perut yang datang secara tiba-tiba atau istilah medisnya kolik bilier.

Berikut adalah faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena batu empedu:
  • Faktor usia. Risiko penyakit batu empedu akan bertambah seiring usia. Penyakit ini umumnya dialami orang yang berusia di atas 40 tahun.
  • Jenis kelamin. Risiko wanita untuk terkena penyakit batu empedu dua kali lebih tinggi dibandingkan risiko pria.
  • Dampak melahirkan. Wanita yang pernah melahirkan memiliki risiko lebih tinggi. Penyebabnya mungkin karena meningkatnya kadar kolesterol akibat perubahan hormon selama masa kehamilan.
  • Pengaruh berat badan. Risiko Anda akan meningkat jika mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.
Langkah Pengobatan Untuk Mengatasi Batu Empedu

Keberadaan batu empedu biasanya tidak mengganggu kesehatan. Tetapi jika menyebabkan gejala yang mengganggu atau jika terjadi komplikasi, penyakit ini harus ditangani.

Penanganan untuk batu empedu umumnya dengan operasi pengangkatan kantong empedu. Walau fungsi organ ini penting, tubuh kita tetap bisa bertahan tanpa memilikinya. Tanpa kantong empedu, hati akan tetap mengeluarkan cairan empedu yang membantu dalam pencernaan lemak.

Jenis operasi yang umum direkomendasikan adalah operasi ‘lubang kunci’ atau istilah medisnya kolesistektomi laparoskopik. Jenis operasi ini dianjurkan karena metodenya yang sederhana dengan tingkat risiko komplikasi yang rendah.
Komplikasi Akibat Batu Empedu

Walau sangat jarang terjadi, batu empedu dapat menyebabkan komplikasi pada tubuh. Salah satunya adalah inflamasi kantong empedu (kolelitiasis) dengan gejala:
  • Rasa sakit perut yang konstan.
  • Demam tinggi.
  • Sakit kuning.

Pankreatitis akut juga merupakan salah satu risiko yang berbahaya jika batu empedu masuk dan menghambat saluran pankreas. Peradangan pankreas ini akan menyebabkansakit perut yang akan terus bertambah parah.
READ MORE - Selengkapnya

TIPS UNTUK MENGATASI ASAM URAT


1. Menerapkan Pola Makan yg Sehat

Tips mengatasi asam urat yg pertama adalah menjalankan pola makan yg sehatcaranya mengonsumsi karbohidrat kompleks (buah, sayut, beras merah, protein tanpa lemak (tahu), & lemak ensensial yg sehat.

2. Kenali Makanan yg Mengandung Rendah Purin

Penderita penyakit asam urat harus mengonsumsi makanan yg kandungan purinnya rendah misalnya pisang, selada, peterseli, kol merah, kubis, paprika mesh, & buah asam termasuk sumber makanan yg baik utk pengidap penyakit asam urat. Sementara itu, sayuran seperti bayam, asparagus, jamur, kacang polong, & kembang kol mengandung purin dlm kadar yg sedang shg tdk terlalu risau mempengaruhi kadar asam urat dlm darah.

3. Konsumsilah Makanan yg Mengandung Zat Penurun Asam Urat

Mengonsumsi makanan yg mengandung zat penurun asam urat dilakukan utk mengurangi peradangan. Sumber makanan yg memiliki zat penurun kadar asam urat antara lain, buah beri (bluberi & stroberi), tahu, & minyak zaitun. Selain itu, bawang putih pun dipercaya sebagai herbal ajaib karena dpt membantu menangani berbagai penyakit, termasuk mengurangi bahaya asam urat.

Mengonsumsi bawang putih sebanyak 3-5 siung dlm sehari bisa membantu mengatasi asam urat & meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Sementara itu, peterseli pun memiliki sifat diuretik (peluruh kencih) shg bisa membantu mengurangi asam urat dlm tubuh. Utk mengonsumsi sayuran ini, dpt dilakukan secara segar maupun direbus terlebih dahulu.

4. Minum Teh & Kopi

Salah satu tips yg harus dilakukan para penderita asam urat utk mengurangi risiko asam urat adalah mengonsumsi teh & kopi. Menurut sebuah penelitian yg dilakukan Boston University & Harvard Medical School, meminum 2-4 cangkir teh dpt mengurangi asam urat pada perempuan sekitar 22%. Sementara itu, meminum kopi sekitar 4 cangkir sehari dpt menurunkan risiko asam urat sebesar 50%. Penelitian itu dilaporkan dlm American Journal of Clinical Nutrion edisi Agustus 2010.

5. Memanfaatkan Herbal Alami

Salah satu cara utk mengobati atau mencegah bahaya asam urat adalah dgn cara mengonsumsi ramuan herbal alami. Sambiloto (Andrographis paniculata nees) memiliki sifat diuretik & antiinflamasi atau antiperadangan shg mampu mengatasi radang sendi pada penyakit asam urat. Selain sambiloto, temulawak pun mengandung zat antiinflamasi.

Herbal lainnya yg mampu mengurangi bahaya asam urat adalah lada hitam. Lada hitam (Pipernigrum) pun memiliki sifat antiinflamasi. Daun tempuyung pun berkhasiat utk menekan risiko bahaya asam urat. Daun tempuyung ini mengandung senyawa flavonoid yg bersifat antioksidan. Antioksi& ini berfungsi utk menghambat atau mengurangi pembentukan asam urat.

6. Banyak Minum Air Putih

Menurut anjuran, konsumsilah air putih minimal 8 gelas sehari. Selain itu, asupan jus buah segar, seperti jus tomat, jus jeruk, & lain sebagainya akan membantuk metabolisme tubuh.

7. Berolahraga Secara Teratur

Pola makan yg sehat harus diikuti denga gaya hidup yg sehat pula. Lakukanlah orahraga 4-5 kali seminggu. Lama olahraga sekitar 30-45 menit setiap latihan.

8. Hindari Makanan yg Mengandung Purin Tinggi

Sumber makanan yg kandungan purinnya tinggi antara lain teri jengki, sarden, ikan hering, jeroan (ginjal, hati, babat), kacang goreng, & lain sebagainya.

9. Mengurangi Berat Badan

Menurunkan berat badan tentunya dgn cara diet & berolahraga yg teratur.
READ MORE - Selengkapnya

Mengenal Anatomi dan fisiologi kandung empedu

Kandung empedu merupakan kantong otot kecil yang berfungsi untuk menyimpan cairan empedu (cairan pencernaan berwarna kuning kehijauan yang dihasilkan oleh hati). Kandung empedu memiliki bentuk seperti buah pir dengan panjang 7-10 cm dan merupakan membran berotot. Terletak didalam fossa dari permukaan visceral hati. Kandung empedu terbagi kedalam sebuah fundus, badan dan leher.

Bagian-bagian dari kandung empedu, terdiri atas:
  • Fundus vesikafelea, merupakan bagian kandung empedu yang paling akhir setelah korpus vesikafelea.
  • Korpus vesikafelea, bagian dari kandung empedu yang didalamnya berisi getah empedu. Getah empedu adalah suatu cairan yang disekeresi oleh sel hati sebanyak 500-1000 cc setiap harinya, sekresinya berjalan terus menerus, jumlah produksi cairan empedu dapat meningkat pada saat mencerna lemak.
  • Leher kandung empedu. Merupakan saluran pertama tempat masuknya getah empedu ke badan kandung empedu lalu berkumpul dan dipekatkan dalam kandung empedu.
  • Duktus sistikus. Panjangnya kurang lebih 3 ¾ cm. berjalan dari leher kandung empedu dan bersambung dengan duktus hepatikus membentuk saluran empedu ke duodenum.
  • Duktus hepatikus, saluran yang keluar dari leher.
  • Duktus koledokus saluran yang membawa empedu ke duodenum.
Kandung empedu tidak memiliki submukosa. Pembungkus pada kandung empedu terdiri dari tiga lapis, yakni permukaan luar dari kandung empedu adalah Visceral peritoneum, pada bagian tengah, otot dari dindingnya terdiri dari serat otot halus (sel), dan disebelah dalam merupakan membran mukosa yang tersambung dengan lapisan saluran empedu. Membran mukosanya terdiri atas sel-sel epitel sederhana yang berbentuk sel tiang (silinder), disusun menyerupai epitel pada permukaan lambung yang mengeluarkan sekret musin dan cepat mengabsorpsi air dan elektrolit, tetapi tidak mensekresikan garam-garam empedu dan pigmen, karena itu, cairan empedu menjadi pekat. Kontraksi dari otot tersebut dipengaruhi oleh sistem hormonal yang menyebabkan isi dari kandung empedu (cairan empedu) masuk ke pembuluh cystic.



Letak Kandung Empedu



Fungsi kandung empedu
Kandung empedu memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan cairan empedu dan memekatkan cairan empedu yang ada didalamnya dengan cara mengabsorpsi air dan elektrolit. Cairan empedu ini adalah cairan elektrolit yang dihasilkan oleh sel hati.

Pada individu normal, cairan empedu mengalir ke kandung empedu pada saat katup Oddi tertutup. Dalam kandung empedu, cairan empedu dipekatkan dengan mengabsorpsi air. Derajat pemekatannya diperlihatkan oleh peningkatan konsentrasi zat-zat padat. Cairan empedu yang dihasilkan oleh hati mengandung 97% air, sedangkan kadar rata-rata air yang terkandung dalam cairan empedu yang telah tersimpan didalam kandung empedu adalah 89%. Bila saluran empedu dan duktus sistikus dijepit, maka tekanan dalam saluran empedu akan naik sampai kira-kira 30 mm cairan empedu dalam 30 menit dan sekresi empedu berhenti. Akan tetapi bila saluran empedu dijepit dan duktus sistikus dibiarkan terbuka, air akan diabsorspi dalam kandung empedu dan tekanan intrafilier naik hanya kira-kira 100 mm cairan empedu selama beberapa jam.

Cairan yang disekresikan oleh sel-sel hepatosit dalam organ hati adalah cairan yang berwarna kekuningan atau kecoklatan atau kuning kehijauan yang disekresikan oleh sel-sel hati. Setiap hari sel-sel hati mensekresikan 800-1000 ml cairan empedu dengan pH sekitar 7,6-8,6. Cairan empedu sebagian besar terdiri atas air, garam-garam empedu, kolesterol, dan sebuah fosfolipid (lesitin), pigmen-pigmen empedu dan beberapa ion-ion, serta zat-zat lain yang ada dalam larutan elektrolit alkali yang mirip dengan getah pankreas.

Fungsi empedu adalah untuk membuang limbah tubuh tertentu (terutama pigmen hasil pemecahan sel darah merah dan kelebihan kolesterol) serta membantu pencernaan dan penyerapan lemak. Garam empedu menyebabkan meningkatnya kelarutan kolesterol, lemak dan vitamin yang larut dalam lemak, sehingga membantu penyerapannya dari usus. Hemoglobin yang berasal dari penghancuran sel darah merah diubah menjadi bilirubin (pigmen utama dalam empedu) dan dibuang ke dalam empedu.
Berbagai protein yang memegang peranan penting dalam fungsi empedu juga disekresi dalam empedu.

Proses pembentukkan empedu
Empedu sebagian besar adalah hasil dari excretory dan sebagian adalah sekresi dari pencernaan. Garam-garam empedu termasuk ke dalam kelompok garam natrium dan kalium dari asam empedu yang berkonjugasi dengan glisin atau taurin suatu derifat atau turunan dari sistin, mempunyai peranan sebagai pengemulsi, penghancuran dari molekul-molekul besar lemak menjadi suspensi dari lemak dengan diameter ± 1m dan absorpsi dari lemak, tergantung dari sistem pencernaannya. Terutama setelah garam-garam empedu bergabung dengan lemak dan membentuk Micelles (agergat dari asam lemak, kolesterol dan monogliserida), kompleks yang larut dalam air sehingga lemak dapat lebih mudah terserap dalam sistem pencernaan (efek hidrotrofik). Ukuran lemak yang sangat kecil sehingga mempunyai luas permukaan yang lebar sehingga kerja enzim lipase dari pankreas yang penting dalam pencernaan lemak dapat berjalan dengan baik. Kolesterol larut dalam empedu karena adanya garam-garam empedu dan lesitin.


Bagian-bagian Kandung Empedu

Zat-zat yang dibentuk dalam empedu antara lain adalah:
Bilirubin, yang juga dikenal sebagai pigmen empedu, merupakan hasil dari metabolisme hem. Hem, yang merupakan bagian nonprotein dari hemoglobin, akan mengalami perubahan lagi menjadi biliverdin, lalu bilirubin. Keseluruhan proses perubahan ini berlangsung di hati. Sekitar 70-80% bilirubin diperoleh dari pemecahan hem yang berasal dari hemoglobin ini, dan 20-25% berasal dari protein hem lain seperti mioglobin, sitokrom (yang mengandung hem) dan katalase. Sebagian kecil diperoleh dari penghancuran sel eritroid muda (akibat eritropoesis yang tidak efektif).

Dalam metabolismenya, struktur bilirubin yang dihasilkan dari perubahan-perubahan hemoglobin itu bersifat tidak larut dalam air, tetapi sangat larut dalam lemak. Karena sifat tidak larut dalam air ini, maka di dalam plasma darah, bilirubin harus diangkut dengan bantuan suatu pembawa (karier), dan karier fisiologis tersebut adalah albumin serum. Bilirubin dalam bentuk ikatan bilirubin-albumin akan beredar di dalam sirkulasi darah, untuk kemudian masuk ke dalam sel hati. Pada permukaan sinusoid hati, bilirubin tidak terkonjugasi akan melepaskan diri dari ikatannya dengan albumin, dan masuk melalui membran sel hati dengan cara difusi (facilitated diffusion).

Di dalam sel hati (hepatosit), bilirubin diikat oleh 2 protein intraseluler utama dalam sitoplasma, protein sitosolik Y (misalnya, ligandin atau glutathione S-transferase B) dan protein sitosolik z (dikenal juga sebagai fatty acid–binding protein [FABP]).

Agar bilirubin dapat diekskresikan ke dalam empedu (untuk kemudian dikeluarkan ke usus), terlebih dulu ia harus dibuat dapat larut dalam air. Untuk mencapai maksud tersebut, maka di dalam sel parenkim hati, sebagian besar bilirubin akan dikonjugasikan dengan asam glukuronat.

Dua asam empedu utama (primer) yang dibentuk dalam hati adalah asam kolat dan asam kenodeoksikolat. Dalam usus besar, bakteri mengubah asam kenodoeksikolat dan asam deoksikolat menjadi asam litokolat. Karena asam deoksikolat dan asam litokolat di bentuk oleh kerja bakteri, asam deoksikolat dan asam litokolat dinamakan asam empedu sekunder. Konjugasi asam-asam terjadi dalam empedu dan konjugatnya, misalnya asam glikokolat dan asam taurokolat membentuk garam natrium dan garam kalium dalam empedu hati yang bersifat alkali.
READ MORE - Selengkapnya

Berat Badan Turun Drastis (Loss Body Weight)


Penurunan berat badan adalah salah satu tanda yang harus diwaspadai, untuk dicari tahu penyebabnya. Penurunan berat badan yang konsisten lebih dari 1kg/minggu dengan disertai penurunan massa otot adalah sesuatu hal yang patologis (penyakit). Banyak sekali hal yang mendasari hal ini diantaranya penyakit metabolik seperti hipertiroid, diabetes melitus (kencing manis), keganasan (lymphoma maligna), infeksi kronik (TBC), gangguan saluran cerna bawah (diare kronik), HIV/AIDS, malnutrisi (kurang gizi).

Pendekatan yang dilakukan pada kasus ini adalah analisa asupan gizi paling tidak selama 10 hari terakhir, pemeriksaan fungsi organ paru, jantung, ginjal, hati, darah rutin (hemoglobin, lekosit dan trombosit), kadar albumin dan elektrolit, fungsi tiroid. 

Pengobatan yang diambil berdasarkan proses yang mendasarinya dan lintas sektor. Sebagai contoh pada kasus malnutrisi pada seorang yang keterbelakangan mental harus kerja sama dengan lingkungannya (pengasuh).

READ MORE - Selengkapnya

Asites (penumpukan cairan dalam rongga perut)

http://mypotik.blogspot.com/2015/12/asites-penumpukan-cairan-dalam-rongga.html


http://mypotik.blogspot.com/2015/12/asites-penumpukan-cairan-dalam-rongga.html

http://mypotik.blogspot.com/2015/12/asites-penumpukan-cairan-dalam-rongga.html

Cairan itu terjadi karena berbagai penyakit kronik yang mendasarinya. Penyakit kronik yang paling sering adalah penurunan fungsi liver yang kronik (sirosis hati). Penyakit lain yang dapat menimbulkan asites ini adalah penyakit yang menyebabkan kadar protein albumin turun dari dalam darah, gagal jantung, kuman tuberkulosa dalam rongga perut,kanker yang menyebar ke dalam rongga perut. 

Keluahan yang dirasakan pada penderita dengan asites ini sangat bergantung pada jumlah ciran asitesnya, bila masih sedikit tidak ada keluhan, tetapi bila sudah dalam jumlah banyak mulai timbul keluhan yakni rasa perut berat, sesak dan tegang permukaan perut.

Pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi adanya asites ini cukup sederhana yakni dengan pemeriksaan fisik tangan seorang dokter biasanya sudah ketahuan, bila asitesnya sangat sedikit dengan bantuan alat USG baru terdeteksi.

Pengobatan asites ini adalah dengan cara dikeluarkan cairan tersebut sekaligus dilakukan analisa cairan asites untuk mendeteksi sel, kultur kuman dan analisa kimia (kadar protein-nya). Cara mengeluarkan cairan asites adalah dengan pungsi (dialirkan cairan dari dalam perut dengan bantuan jarum suntik). Pengobatan definitif adalah dengan mengobati penyakit yang mendasari terjadinya asites.
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails