Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

BENARKAH CEWEK BERBODY 'CURVY' LEBIH MENARIK?

http://KOMPAS.COM
Memiliki tubuh indah bak gitar Spanyol adalah anugerah bagi kaum Hawa. Namun, mereka yang bertubuh indah harus hati-hati mencari pasangan. Menurut penelitian, pria yang mencari kencan sesaat cenderung mengabaikan wajah cantik dan lebih melihat pada kemolekan tubuh.

Riset para ahli di Universitas Texas, Austin, Amerika Serikat, menyatakan, lelaki yang mencari hubungan sesaat cenderung mengabaikan bentuk wajah perempuan. Mereka hanya murni melihat pada bentuk tubuh.

Meski bentuk tubuh dan penampilan wajah dikenal sebagai indikator kesuburan, kemolekan akan membuat pria menilai langsung potensi kecocokan untuk berpasangan.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Evolution and Human Behaviour ini melihat reaksi 375 pria dan wanita yang diminta mengajak kencan lawan jenisnya, tetapi dengan wajah atau tubuh yang telah dikaburkan. Relawan pria diminta memilih antara wanita berwajah cantik atau bertubuh molek atau curvy.

Hasilnya menunjukkan, pria lebih memilih wanita bertubuh molek untuk berkencan, sementara mereka memilih wanita cantik untuk hubungan jangka panjang.

"Pria lebih sering menghindari wanita yang bertubuh curvy untuk berhubungan jangka panjang. Pria memprioritaskan wanita berwajah cantik untuk hubungan jangka panjang dan mementingkan bentuk tubuh saat memilih hubungan sesaat."

"Baik bentuk tubuh maupun wajah dapat memberikan petunjuk bagi nilai reproduktif dan tingkat kesuburan wanita. Tetapi penelitian menunjukkan, pria mencari wanita bertubuh bagus ketika mencari pasangan untuk jangka pendek," tulis para ahli dalam jurnal tersebut.

Para peneliti mengatakan, berbagai riset sebelumnya, seputar daya tarik fisik, selalu meneliti pada hal-hal yang membuat wajah dan bentuk tubuh menarik, seperti faktor simetris, tekstur kulit, dan rasio pinggang-panggul. Namun, hanya sedikit dari riset itu menekankan pada petunjuk reproduktif yang relevan yang disampaikan lewat wajah dan tubuh sebagai satu kesatuan.

Didasarkan teori yang menyatakan fertilitas lebih mudah dinilai dari tubuh wanita dibanding wajahnya, riset di Texas ini menguji hipotesis tersebut bahwa pria yang berniat melakukan hubungan jangka pendek cenderung memprioritaskan bentuk tubuh wanita dibandingkan tampilan wajahnya.

Sementara itu, wanita justru berbeda dengan pria. Pada kondisi kencan apa pun, selera wanita tidak terpengaruh. Kaum Hawa secara konsisten cenderung lebih mempertimbangkan wajah dibandingkan bentuk tubuh pria.

Para peneliti percaya, wajah seorang wanita menyediakan informasi yang relatif lebih kaya akan nilai reproduktif mereka. Sebaliknya, tubuh wanita lebih kuat mengisyaratkan nilai kesuburannya.

Namun, dua dimensi puncak ini berada pada usia yang berbeda, yang berarti tidak mungkin seorang wanita yang secara bersamaan berada pada puncak nilai reproduktif dan kesuburan. Dalam populasi manusia, puncak dari nilai reproduktif sekitar 17 tahun, sedangkan puncak kesuburan sekitar 24 tahun.


SUMBER
READ MORE - Selengkapnya

HAL-HAL YANG HARUS KAMU HINDARI KETIKA BERCINTA


Sudah capek-capek menyiapkan segala sesuatu untuk menciptakan suasana romantis bersama pasangan, eh, begitu mood untuk bermesraan sudah naik, tiba-tiba istri langsung "melempem" bahkan ngambek tak mau meneruskan kegiatan bercinta. Para pria memang hendaknya mengetahui hal-hal apa saja yang bisa membuat gairah wanita mendadak padam, bahkan di saat Anda sudah siap "tempur".

Menyebut nama si mantan
Setiap wanita berharap hanya ia yang ada dalam hati Anda, meski ia tahu sebelum bersamanya mungkin Anda pernah menjalin hubungan dengan beberapa wanita. Keseleo lidah sampai menyebut nama wanita lain atau mantan Anda sudah tentu akan mengaburkan harapannya. Walau Anda tak sengaja melakukannya, ia pasti akan langsung menuduh Anda memikirkan wanita lain ketika bersamanya.

Kemarahannya mungkin bisa berlangsung lama. Untuk menebus kesalahan tersebut, yakinkan bahwa hanya ia yang ada di hati Anda. Lakukan kegiatan menyenangkan bersamanya, seperti mereka ulang kencan pertama Anda bersamanya atau membantunya melakukan pekerjaan rumah yang biasanya Anda hindari.

Bersikap terlalu agresif
Anda memang orang yang dicintainya, tapi istri Anda juga memiliki hasrat dan keinginan sendiri. Memaksakan kehendak dan bersikap terlalu agresif bisa membuatnya menolak berintim-intim dengan Anda karena Anda tidak memahami cara menyalakan gairahnya.

Sebelum masuk ke permainan utama, pastikan si dia sedang dalam mood yang baik untuk bercinta. Rayuan dan pijatan yang membuatnya rileks akan menambah gairahnya. Eksplorasi seluruh titik-titik sensitif di tubuhnya dan lakukan bergantian. Tanyakan kepadanya di titik mana ia ingin disentuh untuk mencapai kepuasan bersama. Ingatlah bahwa komunikasi juga bagian dari hubungan seksual yang berhasil.

Memaksa
Pria yang suka memaksa sama sekali tidak menarik di mata wanita. Bila Anda ingin melakukan sesuatu hal, misalnya seks oral, mengapa Anda tidak melakukannya terlebih dahulu. Buatlah ia tidak berdaya dengan permainan lidah Anda. Dijamin ia juga akan tertantang untuk melakukan hal yang sama untuk Anda.

Kurang bersih
Tak perlu tubuh berotot atau parfum superwangi untuk menjadi magnet bagi wanita. Pria yang bersih dan segar jauh lebih menarik untuk didekati. Aroma tubuh yang harum dan segar tentu bisa bikin mood bercinta lebih melejit.

Suka meraba
Pria yang paham titik-titik sensitif di tubuh wanita menjadi idaman para kaum hawa. Namun, ketahuilah bahwa suka meraba sama sekali tidak seksi dan justru membuat wanita merasa direndahkan. Menyentuh di bagian yang tidak tepat dan dengan cara kasar juga akan membuat wanita justru kesakitan dan kehilangan gairah.

Perlakukan wanita yang Anda cintai dengan sepantasnya, dengan kelembutan, cinta, dan kasih sayang. Perhatikan bahasa tubuhnya. Bila ia tidak menyukai sentuhan Anda, biasanya ia akan mengarahkan tangan Anda ke tempat lain. Bila Anda memperlakukan tubuhnya dengan pantas dan lembut, mungkin ia akan membalasnya lebih dari yang Anda beri.

Terlalu vulgar
Bagi sebagian besar pria, rasanya agak sulit mengunci mulut di tengah kesenangan mencapai klimaks. Akan tetapi, sering tanpa disadari Anda mengeluarkan kata-kata kotor dan kasar. Ungkapan vulgar ini selain tidak seksi juga bisa membuat wanita yang mendengarnya kesal karena merasa seperti tengah memainkan adegan film porno. Bila Anda tergolong pria yang sulit mengontrol kata-kata di tengah sesi bercinta, kendalikan mulut Anda dengan melakukan ciuman dan ciuman.


READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT-PENYAKIT YANG DAPAT DITIMBULKAN STRES


Stres pada dasarnya merupakan proses normal tubuh dalam mengatasi ancaman emosional maupun tantangan. Respon terhadap stres berfungsi melindungi organ tubuh dan bisa meningkatkan ketahanan fisik. Namun stres yang berkepanjangan bisa berakibat fatal.

Stres yang berlangsung terus menerus, semisal tekanan kerja, rasa kesal karena macet atau pertengkaran dengan orang lain, menjadi stresor kronik, mekanisme fight or flight (respon lawan atau lari) yang harusnya bersifat sementara menjadi terus menerus ada. Ketegangan berkepanjangan ini bisa menghasilkan kondisi-kondisi yang menganggu kesehatan.

Kesuburan terganggu
Hal ini tentu menjadi kabar buruk bagi pasangan yang sedang menanti buah hati. Penelitian menunjukkan hormon stres akan mengganggu produksi testosteron sehingga jumlah sel sperma yang dihasilkan berkurang. Padahal, agar terjadi pembuahan kualitas dan jumlah sel sperma harus terjaga.

Kabar baiknya adalah penurunan jumlah sperma ini bisa dikoreksi bila Anda segera mengatasi stres yang dialaminya. Bila Anda sedang dalam program untuk hamil, lakukan kegiatan olahraga dan rileksasi untuk mengurangi kadar stres.

Gangguan kulit
Kondisi kulit dan stres bagaikan dua sahabat karib. Stres bisa memicu gangguan keseimbangan lemak di bagian epidermis kulit sehingga mudah terjadi infeksi bakteri. Beberapa penelitian menunjukkan kaitan antara penyakit kulit, seperti eksim dan psoriasis dengan stres.

Obesitas
Sebagian besar orang dewasa yang menderita obesitas adalah orang-orang yang stres. Menyantap makanan sering menjadi pelarian dari emosi yang dirasakan, akibatnya berat badan terus melambung. Stres juga bisa membuat perut lebih cepat terasa lapar, bahkan tak lama setelah menghabiskan satu piring makanan.

Memicu asma
Meski serangan asma terjadi secara mendadak, namun sebenarnya lebih sering terjadi dalam situasi penuh ketegangan. Ketegangan dan serangan panik juga bisa menyebabkan sesak napas dan memperburuk serangan asma.

B
Mekanisme fight or flight respon saat tubuh merasakan adanya ancaman sebenarnya salah satu sistem pertahanan terbaik bagi tubuh karena membuat kita lebih siaga, gesit dan menaikkan kecepatan reaksi. Sayangnya tubuh kita tidak mampu mengenali perbedaan ancaman fisik dan mental.

Penelitian menunjukkan stres akan mengurangi keampuhan sistem kekebalan kita. Apa sebabnya? Stres membuat ketidakseimbangan pada sistem imun karena sel-sel penjaga keamanan dalam darah kita menjadi lesu sehingga virus yang menyerang akan mengalahkan kita tanpa perlawanan.

Hipertensi dan penyakit jantung
Kaitan antara stres kronik dengan penyakit jantung bisa dilihat pada hasil studi mengenai pasangan yang menikah. Para lajang secara statistik lebih cepat meninggal daripada orang yang menikah karena mereka tidak memiliki dukungan emosi.

Keadaan tertekan atau stres juga dapat memicu peningkatan hormon adrenalin dan kortisol, membuat orang memiliki kebiasaan makan kurang baik, merokok, dan berhenti berolahraga. Jika tidak ditanggulangi berpotensi menjadi faktor risiko hipertensi.

Migren dan sakit kepala
Saat stres pembuluh darah di area kepala akan melebar sebagai akibat ketidakseimbangan zat-zat kimia. Ketidakseimbangan ini akan memicu rasa sakit dan timbulah migren.
READ MORE - Selengkapnya

UNTUK MEMBUAT WANITA MENGANDUNG PRIA HANYA BUTUH 1 SEL SPERMA


Sel sperma yang normal dan sehat merupakan faktor penentu terjadinya kehamilan. Dalam setiap ejakulasi terkandung 100 juta sperma. Dari jumlah itu, hanya dibutuhkan satu sel sperma untuk membuahi sel telur.

Menurut badan kesehatan dunia (WHO), pria yang hanya memiliki sperma kurang dari 20 juta sperma per milimeter air mani (semen), akan sulit melakukan pembuahan. Mengapa dibutuhkan jutaan sperma jika yang bisa membuahi hanya satu sel saja? Hal ini karena perjalanan dari vagina menuju ke tuba falopi untuk bertemu sel telur sangatlah sulit.

Bahkan, sel telur yang mampu bertahan dan mencapai tuba falopi, mereka masih harus berjuang lagi untuk membuahi sel telur karena sel telur dilapisi dengan lapisan tebal yang membuat proses pembuahan menjadi lebih sulit. Para ahli yakin, tahapan yang sulit itu merupakan seleksi alam sehingga hanya sel sperma yang sehat saja yang mampu membuahi. Dengan demikian kelak akan dilahirkan bayi-bayi yang sehat.
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT DIABETES GESTASIONAL DAPAT DIPREDIKSI


Diabetes gestasional merupakan diabetes yang muncul hanya pada masa kehamilan. Kondisi ini biasanya menghilang sesudah melahirkan, namun hampir setengahnya kemudian akan muncul kembali. Jika tidak dikendalikan dengan baik diabetes gestasional bisa berdampak buruk bagi janin dan ibu.

Diabetes gestasional seringkali terlambat dideteksi, yakni baru pada minggu ke-26 kehamilan. Padahal bila dideteksi sejak dini, risiko pada ibu dan janin bisa dikurangi. Penyakit ini bisa menimbulkan sejumlah komplikasi, termasuk pertumbuhan terhambat, cacat bawaan, kelainan jantung, bayi lahir besar, dan sebagainya.

Riset teranyar menunjukkan diabetes gestasional bisa dideteksi sejak awal dengan mengukur kadar trigliserida dan mengetahui riwayat pertambahan lingkar pinggang ibu hamil.

Dalam penelitian terhadap 144 ibu hamil, diketahui wanita yang lingkar pinggangnya lebih dari 85 sentimeter dan kadar trigliseridanya tinggi selama tri semester pertama kehamilan cenderung memiliki kadar gula darah yang tinggi ketika dilakukan uji sampel darah di tri semester kedua. Ketika dimulainya studi ini seluruh ibu hamil memiliki kadar gula darah yang normal.

Kadar gula darah yang tinggi dalam darah merupakan indikator diabetes gestasional. Sementara trigliserida yang tinggi dan lingkar pinggang lebar merupakan penanda obesitas, yang menjadi faktor risiko diabetes gestasional.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan bayi dari risiko yang ditimbulkan akibat diabetes? Ibu hamil diwajibkan untuk mengontrol kadar gula darahnya dengan cara mengatur pola makan, berolahraga dan mengonsumsi obat-obatan. Pemeriksaan kandungan juga wajib dilakukan secara rutin.
READ MORE - Selengkapnya

GAIRAH SEKS MENURUN AKIBAT TERAPI KANKER


Lebih dari 70 persen wanita yang mendapatkan perawatan kanker payudara mengeluhkan masalah seksual, seperti menurunnya gairah seksual, sulit mencapai kepuasan, dan berkurangnya frekuensi hubungan seks dengan pasangan.

Hal itu terungkap dalam penelitian yang melibatkan 1.684 wanita di Australia. "Hasil studi kami menemukan, 70 persennya memiliki gangguan seksual, terutama dua tahun setelah didiagnosis dan menjalani tindakan penanganan," kata Mary Panjari, peneliti dari Monash University Medical School, Australia.

Responden dalam penelitian Panjari adalah perempuan berusia kurang dari 70 tahun yang memiliki pasangan seksual. Mayoritas mengatakan, hubungan seks mereka lebih memuaskan sebelum mereka didiagnosis terkena kanker payudara. Namun, 80 persen yang mengeluh gangguan seksual ini sudah mengalami gejala menopause seperti semburan panas (hot flash) dan berkeringat di malam hari.

Obat-obatan yang dipakai dalam terapi pengobatan diyakini juga berpengaruh pada menurunnya gairah seksual. Jenis obat tertentu yang bekerja dengan mengurangi jumlah estrogen untuk mencegah pertumbuhan tumor ternyata berpengaruh pada menurunnya cairan vagina. Akibatnya, banyak wanita yang merasa nyeri bila berhubungan.

Di lain pihak, luka parut bekas operasi pengangkatan tumor di bagian payudara juga membuat pasien mengingat kembali penyakitnya.

Untuk mengatasi nyeri di bagian vagina ketika berhubungan seksual, dokter menyarankan untuk menggunakan pelumas atau cairan lubrikasi. Berdiskusi dengan pasangan untuk berbagi perasaan mengenai keluhan yang dirasakan juga bisa mengurangi beban dan meningkatkan rasa percaya diri.
READ MORE - Selengkapnya

BERAPA LAMAKAH SPERMA DAPAT BERTAHAN HIDUP?


Sel sperma dihasilkan oleh buah zakar atau testis. Bila kualitas sperma baik, maka peluangnya untuk membuahi sel telur dan menghasilkan kehamilan akan semakin besar. Ketika seorang pria mengalami ejakulasi dan mengeluarkan sperma, berapa lama sperma ini bisa bertahan hidup?

Jawabannya tergantung pada banyak faktor, namun yang terpenting adalah di mana sperma itu berada. Pada permukaan yang kering seperti di baju atau sprei, sel sperma akan langsung mati begitu cairan mani (semen) kering.

Sedangkan di air, seperti di kolam hangat atau bath tub, usia hidup si sperma bisa lebih lama lagi karena mereka bisa bertahan di lingkungan yang hangat atau basah. Akan tetapi kemungkinan sel sperma ini berenang dan masuk ke saluran reproduksi wanita sangatlah kecil.

Sementara itu di dalam tubuh wanita, sperma bisa hidup hingga lima hari tergantung pada kondisi tertentu, seperti keasaman vagina. Karena itu meski hubungan seks tanpa kontrasepsi dilakukan bukan dalam masa subur, kemungkinan hamil tetap ada selama sel sperma masih hidup.


READ MORE - Selengkapnya

RUPANYA SELAMA HIDUP PRIA HANYA MERASAKAN ORGASME HANYA 3 JAM?


Percaya atau tidak, seorang pria dalam hidupnya merasakan puncak kenikmatan dalam berhubungan intim tidak selama yang dikira. Menurut suatu perhitungan kasar, seorang pria seumur hidup diperkirakan hanya dapat merasakan orgasme selama kurang dari tiga jam saja. Kok bisa?

Angka ini muncul dari hasil perhitungan seorang ginekolog asal Singapura. Dalam sebuah pemberitaan yang dimuat surat kabar China, dr Fang Zhuang Wei menyatakan, orgasme yang dialami pria zaman sekarang begitu singkat. Mereka kerap terjebak dalam gaya hidup modern. Kesibukan yang menyita waktu membuat pria hanya punya sedikit kesempatan untuk aktif secara seksual semasa hidupnya.

Fang yang bekerja di Singapore Gleneagles Hospital menyebutkan, pria dan wanita pada era modern hanya aktif secara seksual sesaat sebelum mereka menikah dan di awal-awal pernikahan.

Berdasarkan perhitungan Fang, jika seorang pria rata-rata mengalami orgasme sekitar 2,5 detik selama 40 tahun (dari usia 18 hingga 58 tahun) dan melakukan hubungan intim dua kali seminggu dengan sang istri, maka pria ini akan menikmati orgasme selama dua jam, 53 menit, dan 20 detik sepanjang hidupnya.

Sementara itu, perhitungan lain yang dilakukan para dokter di China menunjukkan, jika seorang pria hidup sampai usia 78 tahun dan mengalami orgasme rata-rata selama 2,02 detik setiap kali melakukan hubungan seks, maka mereka dapat menikmati orgasme total 16 jam selama hidupnya.

Orgasme merupakan titik puncak kenikmatan dalam berhubungan seksual yang berkaitan dengan sisi psikologis dan syaraf manusia. Orgasme menghasilkan sensasi kenikmatan yang tinggi dan diikuti relaksasi yang cepat. Momentum yang juga disebut dengan klimaks ini biasanya hanya berlangsung beberapa detik. Namun, hal itu dapat berbeda untuk setiap individu.
READ MORE - Selengkapnya

BAGAIMANA ALERGI TERHADAP AIR


Tak ada yang lebih menyegarkan selain mandi di bawah siraman air atau berendam setelah aktivitas seharian yang melelahkan. Sayangnya, keistimewaan itu tidak bisa dilakukan oleh Lisa Melland (27) karena ia memiliki kondisi yang sangat langka, yakni alergi terhadap air.

Bila kulit Melland bersentuhan dengan air, akan timbul reaksi gatal-gatal, kulit kemerahan, bahkan terkadang sampai berdarah karena Melland tak sadar terus menggaruknya. Bila alerginya kumat, ia hanya bisa menahan sakit di kulit. Jenis alergi yang langka ini hanya diderita oleh 40 orang di seluruh dunia.

Menurut Melland, sejak kecil sebenarnya kondisinya normal saja. Namun, sejak tujuh tahun lalu, ia mulai menderita alergi air (aquagenic urticaria). "Sungguh mengherankan karena mendadak kulit saya kemerahan, bukan cuma di bagian tangan, tetapi juga di seluruh bagian tubuh setelah saya mandi," kata wanita asal Derbyshire, Inggris, ini.

Tadinya ia mengira penyebabnya adalah bahan kimia dalam sabun, tetapi setelah ia mengganti dengan sabun lainnya, masalahnya tak juga hilang. "Hal yang sama terus berulang ketika saya kontak dengan air," ujarnya.

Sejak saat itu, Melland sangat berhati-hati terhadap air. Ia tak pernah keluar rumah tanpa payung karena hujan sering kali tak bisa diprediksi di kotanya. Hobinya berenang kini juga hanya tinggal kenangan karena ketika kulitnya terkena air, mata pun langsung timbul bintik-bintik kemerahan di wajahnya.

Setelah kontak dengan air, kulitnya bisa kembali normal dalam beberapa jam meski tidak pulih seutuhnya. Meski demikian, Melland memberanikan diri mandi setiap sore. "Mandi dilakukan secara kilat dan setelah itu saya harus segera memakai krim hipoalergenik dan menunggu sampai kulit kembali normal," kata wanita yang bekerja di sebuah toko daging ini.

Nina Goad dari British Association of Dermatologist mengatakan, alergi air bisa disebabkan karena tingginya kadar histamin dalam darah. Meski demikian, para ahli belum mengetahui dengan pasti apa penyebab kondisi langka itu.

Saat ini Melland harus mengonsumsi berbagai jenis obat-obatan, mulai dari obat antihistamin, vitamin, serta mencoba pengobatan tradisional China dan homeopati. Untuk mengurangi reaksi alerginya, ia juga hanya mandi dengan menggunakan air yang sudah disaring, air yang sudah dimasak, bahkan air laut. Akan tetapi, hingga saat ini kondisinya belum bisa disembuhkan
READ MORE - Selengkapnya

AFTERPLAY YANG MEMBUAT KETAGIHAN


Banyak orang lupa melakukan "afterplay" sehabis bercinta. Padahal, afterplay ini tak kalah penting dibanding "foreplay" ataupun seks itu sendiri.

Malah, afterplay yang tepat bisa bikin seks makin asyik dan hubungan lebih harmonis. Penulis buku Secrets of Better Sex, Joel D. Block Ph.D menekankan pentingnya saat setelah berhubungan seks. Sebab afterplay bisa menimbulkan kenangan indah yang menimbulkan rasa ketagihan.

"Afterplay yang umum dilakukan adalah berpelukan, berciuman, dan berbagi perasaan intim. Bisa juga ngobrol mengenai masalah seks ataupun bukan seks yang terjadi di antara mereka," kata Joel.

Meski hanya beberapa menit, momen tersebut bisa menambah ikatan hubungan di antara pasangan. Mereka akan merasa lebih peka, terikat secara fisik dan emosional, serta lebih perhatian terhadap pasangannya.

Nikmatnya afterplay membuat orang yang sudah mengalaminya ketagihan. Malah banyak orang yang menanti momen afterplay dibanding seks itu sendiri. Sayangnya, masih banyak pasangan yang mengabaikan momen penting setelah bercinta ini.

Kebanyakan orang langsung tidur, merokok, membasuh diri, atau malah makan sambil nonton televisi sehabis bercinta.

“Padahal hanya butuh waktu beberapa menit saja untuk mempererat hubungan Anda. Jangan sia-siakan kesempatan tersebut. Kalau memang tak ada yang penting untuk dibicarakan, tetaplah diam sambil memeluk pasangan. Atau bisikkan kata-kata sayang dan nakal pada pasangan. Lihat saja hasilnya kemudian pada kehidupan seksual Anda,” imbuh Joel.
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT LANGKA YANG MEMBUAT TUBUH PENDERITANYA MELELEH


Akibat mengidap suatu penyakit langka selama bertahun-tahun, seorang wanita asal China mengalami perubahan bentuk tubuh yang menakutkan. Sosoknya aneh bagaikan alien karena seluruh kulit yang menutupi bagian atas badannya seperti "meleleh".

Usut punya usut, perempuan bernama Tan (43) ini divonis mengidap penyakit bernama neurofibromatosis. Kelainan ini dialami Tan ketika dirinya masih berusia 20 tahun.

Awalnya, ia tidak menyadari apabila tubuhnya mengidap kelainan yang bersifat turun-temurun ini. Seiring berjalan waktu, kelainan ini membuat tubuh Tan berubah menjadi sosok mengerikan dan para ahli medis pun belum dapat berbuat banyak untuk mengatasi penyakit yang sangat jarang ini.

Menurut para spesialis, jaringan tubuh Tan seperti kehilangan elastisitas, fleksibilitas, dan melorot. Para dokter memperkirakan pertumbuhan berat tubuh perempuan hanya mencapai 20 kg. Mereka meyakini Tan terlalu lambat untuk datang berobat sehingga tidak ada jawaban pasti apakah perempuan ini bisa kembali normal.

Dalam dunia medis, neurofibromatosis (atau sering disingkat NF) adalah sejenis penyakit genetik yang bersifat menurun. Kelainan ini membuat jaringan saraf berkembang manjadi tumor (neurofibroma) yang membahayakan atau menyebabkan kerusakan serius dengan cara menekan sel-sel saraf dan jaringan tubuh lain.

Neurofibromatosis ditemukan ilmuwan ahli penyakit asal Jerman, Friedrich Daniel von Recklinghausen, pada tahun 1882 sehingga penyakit ini juga sering disebut penyakit Von Recklinghausen.

Neurofibromatosis bersifat autosomal dominan. Artinya, kelainan ini sama-sama memengaruhi laki-laki dan perempuan serta dominan (hanya satu salinan gen yang terkena diperlukan untuk mendapatkan kelainan ini). Oleh karena itu, jika hanya satu orangtua memiliki neurofibromatosis, anak-anaknya memiliki kesempatan 50 persen mengalami kondisi yang sama.
READ MORE - Selengkapnya

METODE BARU TENTANG PEMBEKUAN SPERMA


Para ilmuwan dari Cile mengumumkan keberhasilan melakukan teknik terbaru membekukan sperma secara cepat yang disebut dengan metode vitrifikasi. Hal ini membuka peluang bagi pria dengan jumlah sperma sedikit atau pengidap HIV positif untuk memiliki keturunan.

Karena dibekukan secara cepat, kemampuan sperma untuk berenang menuju sel telur menjadi lebih efisien dibandingkan dengan teknik pembekuan sperma konvensional. Dengan teknik pembekuan sperma yang saat ini banyak dipakai, kemampuan aktivitas sperma hanya bisa dipertahankan 30-40 persen. Dengan metode vitrifikasi, aktivitasnya meningkat menjadi 80 persen.

Sebenarnya vitrifikasi bukanlah hal baru dalam dunia kedokteran. Metode ini sudah dipakai untuk membekukan sel telur dan embrio sehingga bisa dipakai kemudian dalam teknik bayi tabung. Ketika dicairkan, ternyata kebanyakan sel telur dan embrio lebih bertahan dengan vitrifikasi dibandingkan teknik pembekuan lambat.

Ternyata ketika metode ini dipakai untuk membekukan sperma, angka keberhasilannya cukup tinggi. "Hasil riset menunjukkan, aktivitas sperma bisa dijaga lewat vitrifikasi sehingga kemungkinan pria yang memiliki jumlah sperma sedikit untuk punya anak lebih besar," kata Profesor Raul Sanches dari La Frontera University, Cile.

Walaupun metode ini berpeluang dipakai untuk pria pengidap HIV positif untuk memiliki anak yang sehat tanpa khawatir akan tertular virus, tetapi para ilmuwan masih akan melakukan penelitian lebih dalam untuk memastikan apakah residu virus HIV tidak akan tertinggal dalam sperma.



KOMPAS.COM
READ MORE - Selengkapnya

FAKTA MENARIK YANG HARUS DIKETAHUI TENTANG TELOR


Sebagai bahan makanan, telur memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan tubuh. Rasanya enak, mudah dicerna, dan cocok dikonsumsi semua golongan umur, mulai dari bayi hingga para lansia. Kelebihan lain dari telur adalah bisa diolah menjadi berbagai jenis lauk pauk yang lezat.

Untuk mengenal lebih dekat sumber gizi yang murah ini, simak 12 fakta menarik tentang telur yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Telur mempunyai nilai kegunaan protein (net protein utilization) 100 persen. Bandingkan dengan daging ayam (80 persen) dan susu (75 persen).

2. Kulit telur terbuat dari kalsium karbonat yang juga merupakan bahan dasar utama beberapa jenis antacids. Sekitar 9-12 persen berat telur terdiri dari kulitnya. Kulit telur juga memiliki pori-pori sehingga oksigen bisa masuk dan karbon dioksida serta hawa lembab keluar.

3. Putih telur terbuat dari protein yang disebut albumen dan juga mengandung niasin (vitamin B3), riboflavin (vitamin B2), klorin, magnesium, potasium, sodium dan sulfur. Putih telur ini mengandung 57 persen dari protein telur.

4. Warna kuning dari telur ditentukan oleh makanan ayam betina. Makin banyak padi-padian yang memiliki pigmen kuning dan oranye yang dimakan si ayam betina, makin kentallah warna kuning telurnya.

5. Warna telur juga bervariasi sesuai usia dan faktor lainnya. Menurut Egg Safety Center, Amerika, warna putih telur yang agak keruh justru menandakan bahwa telur itu segar. Warna putih yang jernih menandakan telur itu berasal dari ayam yang sudah tua. Hindari mengonsumsi telur yang warna putih agak merah muda atau berubah warna lain.

6. Terkadang ada sedikit darah dalam telur. Darah ini berasal dari pembuluh darah di kuning telur yang pecah. Namun, telur ini tetap aman dikonsumsi.

7. Ketika ditetaskan, suhu telur sekitar 40,5 derajat celsius. Semakin dingin, cairan di dalamnya akan mengendap dan terbentuk sel udara di antara dua lapisan telur.

8. Seekor ayam betina mampu bertelur 250-270 telur setiap tahunnya.

9. Sebagian besar rakyat Amerika lebih menyukai telur ayam yang berwarna putih. Di Indonesia, telur ayam kebanyakan berwarna coklat.

10. Dibandingkan dengan telur ayam, telur itik memiliki bau yang lebih amis dan kulitnya memiliki pori yang lebih besar sehingga lebih cocok dijadikan telur asin.


READ MORE - Selengkapnya

MIMPI BURUK BISA JADI PERTANDA AWAL PENYAKIT PARKINSON


Anggapan bahwa mimpi hanyalah bunga tidur ternyata tidak selalu berlaku bagi para ilmuwan, khususnya bila mimpi itu menakutkan. Menurut para ilmuwan, mimpi buruk pada malam hari bisa menjadi salah satu pertanda awal penyakit parkinson.

Para peneliti dari Neurology Department of the Hospital Clinic di Barcelona Spanyol menyatakan, mereka yang mengalami mimpi buruk dan berteriak atau menangis saat tidur akan mengalami kondisi lebih buruk dalam lima tahun mendatang.

Para ahli telah menemukan, mereka yang menderita suatu kondisi yang disebut sebagai REM sleep disturbance—meliputi gerakan tiba-tiba menendang saat mimpi buruk—kemungkinan akan mengarah pada parkinson atau demensia.

REM atau rapid eye movement adalah fase dalam tidur ketika seseorang biasanya bermimpi. Normalnya, pada saat tidur, tubuh seseorang seakan-akan lumpuh karena pada tahap ini otak mematikan fungsi otot-otot sehingga memungkinkan tubuh beristirahat dengan baik.

Namun, hal ini tidak terjadi pada mereka yang mengalami gangguan REM. Mereka sering kali bergerak saat bermimpi.

Tim yang dipimpin dr Alex Iranzo menemukan, seperlima dari 60 orang yang mengalami mimpi buruk disertai REM sleep disturbance mengarah pada penyakit Parkinson dan penyakit degeneratif lainnya, seperti lewy body dementia.

Temuan yang diterbitkan dalam jurnal Neurology Lancet ini mengindikasikan, gangguan tidur dapat menjadi salah satu pertanda awal penyakit otak.

Penemuan ini diharapkan dapat membantu para dokter mendiagnosis kondisi pasien jauh lebih awal sehingga memungkinkan pasien untuk mendapat perawatan yang lebih baik.

Dalam risetnya, Alex beserta timnya memantau 43 pasien berusia di atas 60 tahun yang semuanya telah didiagnosis menderita REM sleep disturbance. Peneliti menemukan, 30 persen pasien mengidap gangguan saraf ini sejak dua setengah tahun setelah didiagnosis mengalami gangguan tidur.

Mereka yang menderita penyakit ini tidak memiliki cukup zat kimia yang disebut dopamin karena beberapa sel saraf di otak mereka telah mati. Tanpa dopamin, gerakan mereka menjadi lambat. Mereka juga menjadi bingung dan kehilangan memori.

Penelitian terbaru di Spanyol ini mendukung riset sebelumnya, di Amerika, yang diterbitkan awal tahun ini. Penelitian itu menunjukkan bahwa menendang atau memukul saat tidur bisa menjadi bagian dari tanda-tanda pertama Parkinson



READ MORE - Selengkapnya

KABAR BAIK, SEKARANG ADA OVARIUM BUATAN PERTAMA DI DUNIA


Ini adalah kabar baik bagi para wanita yang belum kunjung hamil atau memberikan keturunan. Para ahli di Amerika telah membuat terobosan besar dalam dunia kedokteran dengan menciptakan ovarium buatan yang pertama di dunia.

Penemuan ini diklaim akan menjadi harapan baru bagi ribuan wanita yang mengalami gangguan kesuburan akibat menjalani proses kemoterapi atau pun tindakan medis lainya yang mengganggu fertilitas.

Adalah para ahli dari Universitas Brown Rhode Island, AS, yang berhasil menciptakan ovarium artifisial ini. Organ buatan ini merupakan sebuah metode di laboratorium untuk mematangkan sel telur. Penemuan mereka dipublikasikan dalam Journal of Assisted Reproduction and Genetics.

Dalam risetnya, para ahli berhasil mematangkan sel telur melalui sebuah metode khusus di laboratorium. Sel-sel yang dikembangkan adalah sumbangan dari pasien wanita usia produktif (25-46 tahun).

Para ahli menemukan, sel-sel itu ternyata mampu berkembang secara alami seperti halnya dalam ovarium asli. Organ artifisial ini dapat berfungsi membuat sel telur benar-benar matang dan siap dilepas ke rahim untuk dibuahi.

Para ilmuwan juga mengatakan, ovarium buatan ini dapat memainkan peran melestarikan kesuburan wanita menghadapi pengobatan kanker di masa depan.
Sel telur wanita dapat diselamatkan dan dibekukan sebelum menjalani kemoterapi atau radiasi. Sel telur kemudian dapat dimatangkan di luar tubuh pasien dengan menggunakan ovarium buatan.

"Sebuah ovarium terdiri dari tiga jenis sel utama, dan ini adalah yang pertama kalinya manusia berhasil menciptakan struktur jaringan 3-D dengan sel triple line. Ini benar-benar sangat baru dan merupakan keberhasilan pertama dalam menggunakan prinsip-prinsip teknik jaringan 3-D untuk dalam pematangan oosit in vitro," kata Sandra Carson, Profesor Kebidanan dan Ginekologi dari Sekolah Tinggi Medis Warren Alpert.
READ MORE - Selengkapnya

WASPADA, ZAT KLORIN PADA KOLAM RENANG BISA TIMBULKAN KANKER


Kolam renang dalam ruangan tertutup (indoor) menjadi pilihan banyak orang karena terhindar dari sinar matahari. Namun ada baiknya Anda waspada karena menurut sebuah penelitian, berenang di dalam kolam renang indoor yang diberi klorin bisa menyebabkan kanker.

Klorin memang sering digunakan sebagai zat pembasmi kuman di kolam renang. Dalam penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Centre of Research in Environmental Epidemiology and Research Institute Hospital del Mar, Spanyol, diketahui bahwa kolam renang indoor yang diberi klorin bisa menyebabkan mutasi DNA secara permanen (mutagenicity).

Penelitian tersebut dilakukan terhadap 49 orang perenang. "Bukti terjadinya efek genotoxic (mutasi menjadi karsinogen) terlihat pada para perenang setelah mereka berenang selama 40 menit di kolam renang indoor dan mengandung klorin," kata para ilmuwan dalam pernyataannya.

Para ilmuwan mengaitkan risiko kanker ini dengan efek klorin terhadap sistem pernapasan para perenang. Beberapa waktu lalu juga dipublikasikan penelitian mengenai efek klorin terhadap penyakit asma pada anak.

Menurut para ahli, kalau klorin bersenyawa dengan zat organik, seperti air seni atau keringat, maka akan menghasilkan senyawa sejenis nitrogen triklorin yang dapat mengakibatkan iritasi hebat. Senyawa organik tersebut, lanjutnya, dapat bereaksi menjadi gas di kolam tertutup dan membawa dampak terhadap sel-sel tubuh yang melindungi paru-paru.

Meski efek samping klorin ini cukup berbahaya, namun Anda tidak perlu menghindari olahraga berenang mengingat cukup banyak manfaat kesehatan dari kegiatan berenang.

"Kami tidak menyarankan orang untuk berhenti berenang namun kami menghimbau pengelola kolam renang untuk mengurangi penggunaan klorin," kata Manolis Kogevinas, peneliti.


READ MORE - Selengkapnya

BAHAYA ANTIBIOTIK PADA PERUT ANDA

Peran antibiotik yang ampuh membunuh kuman tak selalu bermanfaat bagi manusia. Karena nyatanya, mengonsumsi antibiotik juga dapat mengganggu keseimbangan mikroba baik yang hidup di dalam usus sehingga menyebabkan kondisi kesehatan menjadi tak terduga.

Berdasarkan penelitian Les Dethlefsen dan David Relman dari Universitas Stanford California, AS, terhadap pasien yang diberi ciprofloxacin terungkap bahwa antibiotik yang dikonsumsi menekan semua populasi bakteri menguntungkan. Setidaknya setiap pasien memerlukan waktu berbulan-bulan untuk pulih.

Penelitian yang diterbitkan jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences ini mendukung kebijaksanaan yang mengatakan bahwa antibiotik dapat merusak bakteri baik yang hidup di tubuh. Penelitian ini juga mendukung pentingnya pengembangan produk probiotik, termasuk yoghurt yang mengandung bakteri hidup.

Dalam riset selama sekitar 10 bulan, para ahli melibatkan tiga perempuan relawan dengan memberikan tablet antibiotik. Pemberian obat dilakukan dalam dua fase dengan setiap fase berlangsung selama lima hari. Kemudian, para peneliti melakukan tes DNA pada sampel tinja dari para relawan untuk menentukan jenis mikroba yang hidup dalam usus.

"Hasilnya, efek ciprofloxacin pada mikrobiota usus sungguh pesat. Selama sepekan setelah pemberian antibiotik, mereka kembali pada kondisi awal, tapi tidak sepenuhnya lengkap," kata Dethlefsen.

Hasil studi lain juga mendukung gagasan bahwa manusia dan hewan memiliki hubungan simbiosis dengan kuman. Mikroba dalam usus membantu mencerna makanan dan kuman baik dapat membuat jarak sehingga kuman buruk menjauh. "Distal usus manusia adalah salah satu ekosistem paling kompleks di planet ini," ungkap Dethlefsen.

Mematikan mikroba dapat memicu obesitas dan kemungkinan alergi. Riset lain juga menemukan bahwa Lactobacillus reuteri yang ditemukan dalam ASI dapat melindungi tubuh dari infeksi rotavirus.

Beberapa studi terbaru juga menemukan bakteri tertentu menyebabkan radang yang dapat memengaruhi nafsu makan serta kondisi peradangan usus, seperti penyakit Crohn dan kolitis.

Menurut Dethlefsen, membunuh populasi bakteri dalam tubuh secara teratur dapat membantu mendorong penyebaran bakteri super yang resisten terhadap obat-obatan.

"Salah satu potensi percabangan yang dapat mengubah manusia adalah menambah gen yang kebal terhadap antibiotik. Setiap penggunaan antibiotik sama halnya seperti melempar dadu karena berpotensi memunculkan strain jahat yang mengganti bakteri baik," tandasnya.
READ MORE - Selengkapnya

MENGUKUR KADAR STRES DENGAN RAMBUT


Kaitan antara stres dengan penyakit jantung makin diperkuat dengan bukti-bukti ilmiah walau sesungguhnya tidak mudah mengetahui seberat apa stres yang dialami seseorang. Seorang ilmuwan dari Kanada berhasil menciptakan metode pengukuran stres dengan mudah, yakni lewat rambut.

Ketika seseorang menderita stres, tubuh meresponnya dengan mengeluarkan hormon kortisol. Nah, kortisol ini akan beredar di seluruh pembuluh darah, termasuk yang menuju ke area rambut. Saat rambut bertumbuh, jejak kortisol ini terjebak dalam batang rambut.

Setiap bulannya rambut tumbuh sekitar satu sentimeter, jadi jika kita mengambil sampel rambut enam sentimeter, kita bisa menentukan tingkat stres selama enam bulan terakhir ini dengan mengukur kortisolnya.

"Rambut bisa bercerita apa yang terjadi pada seseorang dalam 10 bulan terakhir. Bahkan kita bisa meliat perubahannya setiap bulan," kata Gideon Koren, profesor dari University of Western Ontario, Kanada. Penelitian lain menyebutkan kortisol bisa bertahan dalam rambut hingga enam bulan, bahkan kortisol juga ditemukan pada beberapa mumi di Peru yang sudah berusia 1.500 tahun.

Sebelumnya Koren pernah mengukur kadar racun obat dalam sampel rambut para bayi yang ibunya menggunakan kokain dan heroin saat hamil. Para peneliti lain juga menggunakan metode serupa untuk mendeteksi steroid dalam tubuh para binaragawan. Karena itulah Koren meyakini rambut juga bisa menjadi indikator hormon, seperti kortisol.

Ketika dilakukan penelitian mengenai kortisol dan penyakit jantung, Koren menemukan kadar kortisol para responden yang mengalami serangan jantung jauh lebih tinggi dibanding yang tidak memiliki penyakit. "Memang kortisol bukan satu-satunya faktor, tapi ini merupakan hal yang penting untuk mengetahui risiko serangan jantung," katanya.


READ MORE - Selengkapnya

MAKNA DAN ARTI MIMPI PADA WANITA YANG SEDANG HAMIL


Mimpi bisa jadi bukan semata-mata "bunga tidur", tetapi juga refleksi kondisi emosional seseorang. Seorang ibu hamil biasanya mengalami mood swing yang naik turun. Karena itu, jangan heran jika ibu hamil sering mengalami mimpi yang aneh, bahkan terkesan sangat nyata.

Selain faktor gejolak emosi, mimpi ibu hamil juga dipengaruhi peningkatan hormon progresteron dan makin banyaknya fase tidur rapid eye movement (REM). Para pakar psikologi mengatakan, mimpi ibu hamil merupakan simbol dari rasa kegembiraan, ketakutan, dan kecemasan. Isi mimpi ibu hamil ternyata juga memiliki pola tertentu pada tiap semester.

Ibu hamil yang sudah memasuki semester ketiga biasanya sering bermimpi menggendong bayinya, melihat dengan jelas wajah calon bayinya, atau mendengar bayinya berbicara. Menurut Patricia Garfield, penulis buku Women's Bodies, Women's Dreams, ada beberapa jenis mimpi yang sering dialami calon ibu di akhir masa kehamilannya.


Jenis kelamin bayi
Walaupun dengan ultrasonografi (USG) jenis kelamin bayi sudah bisa diketahui sejak usia kandungan 4 bulan, ibu hamil sering mengalami mimpi tentang jenis kelamin calon bayinya. Ada calon ibu yang melihatnya secara samar-samar, tetapi ada juga ibu hamil yang yakin bayinya adalah perempuan karena mimpinya dipenuhi dengan tarian yang gembira. Berdasarkan sebuah penelitian, ternyata 50 persen ibu hamil yang tidak melakukan USG mampu menebak dengan tepat jenis kelamin calon bayinya.

Melihat wajah bayi
Sejak dinyatakan hamil, para calon ibu biasanya sudah langsung membayangkan seperti apa nanti rupa bayinya. Apakah bentuk matanya mirip dengan sang ayah ataukah kulitnya putih bersih seperti sang nenek. Penelitian menunjukkan, lebih dari 15 persen mimpi ibu hamil adalah tentang wajah bayinya karena di semester kehamilan ini biasanya para ibu hamil tak sabar ingin memeluk calon bayinya.

Nama bayi
Selain mempersiapkan perlengkapan bayi, para calon orangtua juga sering disibukkan dengan memilih nama yang tepat untuk anak mereka. Kebingungan memilih nama yang paling pas sering kali terbawa dalam mimpi.

Di beberapa suku masih, ada kepercayaan bahwa nama yang muncul dalam mimpi memiliki makna yang sangat kuat dan harus dipilih untuk nama anak. Namun, Anda tak perlu cemas. Mintalah saran dari orangtua mengenai nama yang tepat untuk anak atau bacalah buku yang menerangkan arti nama-nama itu.

READ MORE - Selengkapnya

TERNYATA INILAH PENYEBAB NYERI PADA LEHER


Penyebab paling umum nyeri leher adalah kelainan pada jaringan lunak yang terkait cedera atau pemakaian dan aus yang berkepanjangan. Pada kasus yang jarang, infeksi atau tumor dapat menyebabkan sakit leher. Pada beberapa orang, masalah leher dapat menjadi sumber rasa sakit di punggung atas, bahu, atau lengan.

Atlet dan orang-orang dengan gaya hidup aktif kemungkinan memiliki masalah leher cukup tinggi. Adanya trauma akibat jatuh dan tergelincir dalam kecelakaan sepeda atau mobil yang tidak sepenuhnya disembuhkan dapat memperburuk nyeri leher.

Hanya sedikit obat penghilang rasa sakit dapat mengurangi nyeri leher. Namun, jika dibiarkan tidak diobati untuk waktu yang lama, rasa sakit itu bisa menjadi akut. Bila gangguan sakit leher tidak hilang setelah enam minggu, Anda perlu segera berkonsultasi dengan dokter.

Apa yang terjadi bila tidak diobati?

Sebagai permulaan, Dr Lee menyarankan mengobati nyeri leher akut guna mencegahnya menjadi kronis. Sakit leher kronis dapat menyebabkan penurunan kondisi, otot kaku, kontraktur (leher bengkok), dan kekakuan. Akan ada penurunan gerakan leher, bahkan mungkin membengkokkan tubuh.

Gejala berkaitan dengan nyeri leher:

Tonjolan diskus serviks—Diskus yang terselip di daerah leher dapat menyebabkan nyeri leher berkepanjangan dengan kekakuan yang konstan di sekitar leher dan otot bahu. Nyeri ini bisa menyebar ke bahu dan/atau lengan. Bergantung pada derajat tonjolan, ruas tulang belakang dapat dipersempit ke berbagai tingkat—memberikan rasa kebas dan kelemahan pada tangan.

Sakit kepala cervicogenic—sakit kepala tertentu yang berhubungan dengan nyeri leher. Mereka muncul secara spontan, kadang begitu kuat hingga membangunkan pasien dari tidur. Rasa sakit kerap terasa tajam dengan masing-masing durasi berlangsung dari beberapa menit sampai beberapa jam. Hal ini dapat disertai dengan rasa kebas di bahu ataupun tangan.

Gejala nyeri miofasial—Sering kali, pasien ini memiliki banyak titik picu lemah di atas bahu mereka, leher dan punggung atas, di antara skapula mereka dan menyebabkan lengan lemah. Jenis rasa sakit ini dapat dihilangkan dengan pijatan atau akupresur untuk periode waktu yang singkat. Nyeri ini mungkin dipicu oleh stres.

Fibromyalgia—Nyeri otot yang secara umum melibatkan leher, pinggang bawah, bahu, bokong, dan anggota gerak. Ada sering keterlibatan kelelahan yang parah, nyeri perut, atau tekanan psikologis. Pasien mungkin mengalami kekakuan sendi di tangan, kaki, dan leher pada pagi hari

Rheumatoid arthritis—Gangguan sistemik yang melibatkan kondisi inflamasi poly arthritis, melibatkan tangan dan kaki atau nyeri leher.

Efek stres—Jika seseorang bergegas untuk memenuhi tenggat waktu, tanpa sadar, otot-otot leher menegang dan leher memendek sehingga menyebabkan sendi leher tertekan. Studi telah menunjukkan bahwa stres mengurangi pernapasan seseorang, mengurangi oksigenasi untuk sejumlah otot tertentu.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi



READ MORE - Selengkapnya

TERATAI PUTIH UNTUK OBAT DIARE


Peneliti Institut Pertanian Bogor menemukan fakta baru tentang biji teratai putih, yang dinilai memiliki kandungan gizi tinggi. Biji teratai putih mempunyai kandungan pati, lemak dan protein tinggi. Bahkan dilihat dari proteinnya, mempunyai kadar yang lebih tinggi dari tepung serealia.

Peneliti Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB, Prof Dr Ir Ahmad Sulaeman MS mengatakan di Bogor, Kamis, fakta tersebut ditemukan setelah ia dan tim peneliti FEMA IPB melakukan penelitian tentang potensi teratai putih. Prof Ahmad meneliti tentang karakteristik fisik, kimia, dan fungsional biji teratai putih dan tepungnya serta pemanfaatannya sebagai bahan pangan potensial, yang berlokasi di Pulau Kalimantan.

Dalam penelitian tersebut, Prof Ahmad dibantu tim peneliti FEMA IPB yaitu Dr Ir Sri Anna Marliyati, Prof Dr Ir Ali Khomsan, dan D Ir Lilik Kustiyah. Ia mengemukakan, tepung biji teratai juga mengandung asam amino dan asam esensial yang lengkap. Ini membuka peluang dijadikan sebagai bahan pangan alternatif pendamping serealia yang selama ini merupakan bahan pangan utama, disamping umbi-umbian.

Teratai atau disebut "water lily" merupakan tanaman air yang cukup popular dan tumbuh liar di danau atau rawa-rawa. Tanaman berbunga sepanjang tahun ini termasuk tanaman kelompok "Nymphaceae." Bunganya muncul di permukaan air, mekar sekitar pukul 18.00-19.00, dan menutup keesokan harinya sebelum tengah hari.

Bunga akan menghasilkan buah yang bundar berdiameter sekitar 4-12 centimeter. Biji bunga berwarna coklat kehitaman, tersimpan dalam daging buah dan memiliki kulit ari keras.
Secara fisik, biji teratai putih mempunyai bentuk bulat kecil berwarna hijau kehitaman menyerupai kacang hijau sebelum disosoh. Berwarna coklat setelah disosoh.

Permukaan biji yang disosoh rata dan halus, bertekstur sandy atau berpasir dengan berat per seratus biji sekitar 0,14 gram. Hasil penelitian tersebut menunjukkan, biji teratai atau biasa disebut ghol mempunyai potensi produksi yang cukup baik, walaupun belum dibudidayakan. "Pemanfaatan masyarakat setempat belum banyak dilakukan kecuali sebagai campuran nasi," ungkap Prof Ahmad.

Menurut Prof Ahmad Sulaeman, biji teratai dapat juga diolah menjadi tepung. Dengan karakteristik diantaranya densitas kamba 0,29 gram per mililiter, derajat putih 48, keasaman (pH) 6,23, kekentalan 3,7 centiPoise (cP), dan kapasitas pengembangan adonan sebesar 37 persen, tepung ghol berpotensi digunakan untuk substitusi terigu. "Di samping itu ternyata rendemen sosoh ghol dan rendemen tepung ghol cukup tinggi yaitu masing-masing 78 persen dan 88 persen," jelas Prof Ahmad.

Dari sisi sifat fisik produk yang dihasilkan tepung ghol juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan substitusi tepung terigu dalam pembuatan cake dan roti sampai tingkat tertentu.

"Semakin tinggi tingkat substitusi ternyata meningkatkan kandungan zat gizi produk yaitu kadar air, protein dan lemak," ujar Prof Ahmad. Keunggulan lain biji Teratai Putih yaitu bermanfaat sebagai obat diare alternatif pengganti antibiotik.


READ MORE - Selengkapnya

APA SIH? PERBEDAAN STRUKTUR OTAK WANITA DENGAN PRIA


Ada pendapat yang mengatakan pria dan wanita diciptakan serupa namun tak sama. Pendapat itu kemudian berkembang menjadi mitos yang selanjutnya menyimbolkan pria sebagai mars dan wanita sebagai venus. Meski mitos itu begitu populer hingga menjadi salah satu bacaan terlaris tidak menghentikan pertanyaan para peneliti tentang kebenaran mitos. Hasilnya, sebuah studi mengungkap tidak ada perbedaan antara pria dan wnaita bahkan dalam hal intelektualitas.

Salah seorang peneliti, Professor Gina Rippon mengungkap pendapat yang mengatakan otak manusia sangat dipengaruhi gender sudah ketinggalan zaman dan salah. Rippon bahkan menantang kepada siapa saja yang mampu membuktikan adanya perbedaan intelektualitas di antara pria dan wanita.

"Selama ini masyakarat keliru dalam memahami hubungan antara gender, struktur otak dan prilaku," kata dia seperti dikutip dari dailymail, Selasa (14/9). Neurohype, demikian salah satu bagian otak yang diduga penliti merupakan faktor penentu yang membedakan antara struktur otak pria dan wanita sekaligus menjelaskan prilaku dan status sosial.

Sementara itu, peneliti asal Aston University, Birmingham menilai dengan kecanggihan teknologi seharusnya peneliti bisa membedakan antara aktivitas otak pria dan wanita. Dengan begitu, kata dia, pertanyaan apakah ada perbedaan antara otak pria dan wanita itu bisa terjawab.

Menurut dia, selama ini pemikiran tentang perbedaan pria dan wanita sangat dipengaruhi stereotipe yang berkembang di masyarakat. "Selain sejarah, penjelasan secara biologis bisa digunakan untuk menerangkan dan membuat perbedaan sosial. Zaman ratu Victoria misalnya, peneliti menduga adanya perbedaan antara pria dan wanita terkait struktru otak," paparnya.

Disisi lain, tambahnya, pada tahun 1950 telah berkembang ide yang mengatakan wanita memiliki kemampuan berpikir yang lebih hebat dari pria lantaran produksi hormon tubuh yang lebih besar ketimbang pria. "Kini, ide yang mengatakan pria dan wanita memiliki struktur yang berbeda tidak memiliki bukti yang konktrit," katanya
READ MORE - Selengkapnya

WAH, TERNYATA ADA BAHTERI YANG TAHAN TERHADAP SEMUA ANTIBIOTIK


Sebuah mimpi buruk penyakit menular sedang berlangsung. Bakteri yang tahan terhadap hampir semua antibiotik dan mempunyai susunan gen baru mulai bermunculan di seluruh dunia. Di Amerika Serikat, bakteri jenis ini diketahui mulai merebak di tiga negara bagian.

Kasus-kasus di AS dan dua lainnya di Kanada semua melibatkan orang yang baru saja menerima perawatan medis di India, di mana masalahnya dicurigai bermula. Sebuah jurnal kedokteran Inggris mengungkapkan bulan lalu risiko dalam sebuah artikel yang menggambarkan puluhan kasus di Inggris pada orang yang telah pergi ke India untuk prosedur medis.

Berapa mengalami kematian untuk sebab yang tidak diketahui. Sejauh ini, gen "asing" telah banyak ditemukan pada bakteri yang menyebabkan infeksi usus atau saluran kencing.

Para ilmuwan telah lama takut akan kejadian ini, dimana gen yang sangat mudah beradaptasi ke berbagai jenis kuman umum dan mmenyebabkan resistensi obat yang luas, menciptakan sebuah bahaya baru yang disebut "superbug."

"Ini perhatian yang besar, karena resistensi obat telah meningkat dan antibiotik baru sangat lambat diciptakan," kata Dr M Lindsay Grayson, direktur penyakit menular di University of Melbourne di Australia. "Itu hanya soal waktu sampai gen menyebar lebih luas dari orang ke orang."

Grayson menyatakan hal ini dalam sebuah konferensi American Society for Microbiology di Boston yang berlangsung sejak kemarin. Sampai saat ini, gen pada bakteri yang tak bisa dimatikan oleh antibiotik apapun diberi kode nama NDM-1 merujuk pada New Delhi, kota dimana gen ini pertama kali ditemukan. .

Kasus-kasus yang terjadi AS tahun ini ditemukan di California, Massachusetts, dan Illinois, kata Brandi Limbago, seorang kepala laboratorium di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Departemen Kesehatan AS. Tiga jenis bakteri yang terlibat, dan tiga mekanisme yang berbeda hingga saat ini belum bisa dijelaskan.

Hampir semua kasus yang ditemukan, kata Limbago, berhubungan dengan orang-orang yang pernah bepergian ke India. "Wanita California membutuhkan perawatan rumah sakit setelah dalam kecelakaan mobil di India. Pria Illinois memiliki masalah kesehatan dan perlu kateter urin, dan diduga terjangkit infeksi saat bepergian di India. Kasus di Massachusetts melibatkan seorang wanita dari India yang menjalani operasi dan kemoterapi untuk kanker di sana dan kemudian melanjutkan perjalanan ke AS," ujarnya.

Hasil tes laboratorium atas kuman ketiganya enunjukkan mereka tidak mati oleh jenis obat yang biasanya digunakan untuk mengobati infeksi yang resistan terhadap obat, termasuk antibiotika terbaru yang biasanya cukup bisa diandalkan.

Dokter telah mencoba mengobati beberapa kasus dengan kombinasi antibiotik, berharap bahwa akan lebih efektif daripada pengobatan secara individual. "Beberapa orang terpaksa menggunakan polymyxins - antibiotik yang digunakan pada 1950-an dan 60-an yang tidak populer karena mereka dapat merusak ginjal," tambahnya.

Kedua kasus Kanada diobati dengan kombinasi antibiotik, kata Dr Johann Pitout dari University of Calgary di Alberta, Kanada. Satu kasus di Alberta, yang lain di British Columbia. Kedua pasien darurat medis itu juga mendapatkan sakitnya saat bepergian ke India. Mereka mengalami infeksi saluran kemih yang ditemukan memiliki ketahanan gen setelah mereka pulang ke Kanada, kata Pitout.

CDC menyarankan setiap rumah sakit yang menemukan kasus tersebut untuk menempatkan pasien di isolasi medis, pemeriksaan kontak dekat pasien untuk infeksi bila memungkinkan. "Setiap kasus yang ditemukan menjadi alarm bagi kita," kata Limbago.

Untuk tahap antisipasi, ia menyarankan agar para dokter tak asal memberi antibiotika pada pasien. "Tak semua jenis keluhan sakit perlu antibiotika," ujarnya. Ia juga menyarankan untuk menghindari infeksi dengan mencuci tangan sesering mungkin. "Bakteri gampang berpindah dari tangan ke mulut, itu sebabnya kebersihan sangat penting," tambahnya.


READ MORE - Selengkapnya

RESEP AGAR ANDA AWET MUDA


Kehidupan modern yang identik dengan sifat individualisme mengancam kehidupan sosial masyarakat. Ancaman itu tidak melulu berkaitan dengan naluri sosial manusia melainkan pula memberikan pengaruh terhadap kesehatan. Sebuah studi di Inggris mengungkap keberadaan sahabat atau teman membantu seseorang untuk hidup lebih lama. Pasalnya, seseorang yang tidak memiliki teman atau sahabat diprediksikan memiliki umur yang lebih pendek.

Riset bersama antara Brigham Young University, Utah dan University of North Carolina menyebutkan seseorang yang memiliki banyak teman dan sahabat memiliki rata-rata umur lebih panjang sekitar 3.7 persen atau sekitar 50 persen dari individu yang tidak memiliki teman. Tak hanya itu, studi juga mnegungkap keberadaan teman memberikan efek pada berhentinya seseorang dari kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman keras, obesitas dan minimnya aktivitas fisik.

"Keberadaan sahabat atau teman membantu individu untuk hidup lebih mudah," ungkap Bert Uchino, pemimpin riset seperti yang dikutip dari healthday, Selasa (14/9). Menurut Bert, kehadiran teman atau sahabat memungkinkan individu tidak kesulitan mencari pinjaman uang, mendorong seseorang hidup lebih sehat dan menjadikan hidup seseorang lebih berwarna. Bert juga menyebut kehadiran teman juga memberikan efek psikologis yang sangat berarti bagi individu. "Dengan menjaga hubungan baik dengan kerat dan merasakan kasih sayang, masyarakat hidup lebih nyaman dan aman," tambahnya.

Sebelumnya, kedua kampus tersebut tengah meneliti hubungan antara kematian dan kesendirian pada setiap pria dan wanita dengan jenjang usia. Dari hasil riset tersebut terungkap masyarakat yang memiliki kehidupan sosial yang baik juga memiliki standar hidup yang lebih baik. Dalam sebuah sesi, Bert dan koleganya melakukan analisa terhadap tekanan darah dan memberikan tugas kepada para partisipa untuk mengisi sebuah buku harian.

Dari catatan yang diperoleh, Bert menyimpulkan, pribadi dengan tekanan darah normal tidak pernah merasa kurang dukungan moral dari sahabat dan keluarganya. "Sebagai manusia, kita punya sistem regulasi yang berbeda, seperti tekanan darah, metabolimse, hormon pemicu stres," kata Bert.

Secara terpisah, Teresa Ellen Seeman, Peneliti dari UCLA School of Public Health mengatakan terdapat data yang menunjukan adanya dugaan bahwa sistem kehidupan yang berlangsung dalam tubuh manusia sangat terpengaruh dengan interaksi sosial seseorang. "Individu yang mendapatkan dukungan sosial dari lingkungan sekitar memiliki tekanan darah yang sangat normal, demikian pula dengan level kolesterol, kadar glukosa, dan produksi hormon pemicu stres yang terbatas," ungkapnya.

Secara terpisah, Dr Antonio Gomez, peneliti dari the University of California mengatakan ada satu hal yang tidak terjawab daru riset yang dijalani Bert dan kolega. Hal itu adalah dampak laman jejaring sosial terhadap kematian. "Apakah benar jejaring sosial menghadirkan manfaat yang lebih baik ketimbang interaksi sosial secara tatap muka. Apakah benar, interaksi sosial dunia maya tidak menghindarkan seseorang dari depresi?" imbuhnya.
READ MORE - Selengkapnya

MITOS PADA DUNIA KESEHATAN, DAPATKAH KITA PERCAYAI?


Dalam seratus tahun belakangan perkembangan teknologi medis kian canggih. Meski demikian, secanggih apapun teknologi yang berkembang tidak menghilangkan sejumlah mitos yang diyakini masyarakat. Bahkan mitos yang ada justru lebih dipercaya ketimbang nasihat dokter. Berikut sejumlah mitos tentang kesehatan yang berkembang di masyarakat seperti dikutip dari yahoohealth,


1. Jangan pernah memotong bagian kerak roti

Sebagian masyarakat tentu percaya kerak roti atau bagian atas roti mengandung banyak vitamin. Faktanya, sebuah studi di Jerman tahun 2002 mengungkap keberadaan tidak mengandung vitamin lebih banyak. Sebaliknya, peneliti justru menyarankan agar mengkonsumsi roti tanpa kerak. Pasalnya, roti tanpa kerak dan terutama terbuat dari gandum mengandung delapan kali lebih banyak antioksidan. Karena itu, peneliti menyarankan agar konsumen memperhatikan bahan pembuatan roti. Hal itu disebabkan kebanyakan roti yang berlabel gandum biasanya dibuat dengan campuran tepung yang diperkaya dan tepung gandung utuh yang minim serat.

2. Jika rambut anda basah maka anda bakal masuk angin

Faktanya, pakar kesehatan Jims Sears mengatakan dari riset yang dilakukan di Inggris dimana setengah kelompok dibiarkan dalam ruangan hangat sedangkan sisanya berada di lorong dengan kondisi basah kuyup dan berkaus kaki basah. Setelah beberapa jam, kelompok yang berada di lorong tidak mengalami pilek atau flu. "Kedinginan belum tentu mempengaruhi sistem kekebalan secara langsung," ungkapnya.

3. Jika mata anda juling, akan tetap juling

Faktanya, "Tidak ada virus atau bakteri yang menyebabkan mata juling," ungkap pakar mata, University of Cincinnati, Walker Motley. Menurut dia, jika anak-anak melakukan gerakan mata juling bukan karena meniru karakter kartun maka dimungkinkan anak tersebut tengah mengalami gangguan penggleihatan mata.

4. Anda perlu makan ketika kedinginan dan meminum banyak air ketika demam

Hal yang seharusnya adalah menjaga cairan tubuh merupakan hal terpenting yang harus dilakukan. Ketika seseorang kehilangan banyak cairan maka semakin mudah terkena penyakit. Meski demikian, seseorang tidak perlu mengkonsumsi minuman elektrolit bila tidak mengalami dehidrasi atau diare.

5.Menelan permen karet akan tertinggal dalam perut selama tujuh tahun

Faktanya, permen karet yang tertelan akan keluar dari perut ketika seseorang buang air besar. Dokter senior Children's Hospital of Philadelphia, David Pollack mengatakan cairan dalam tubuh akan membawa permen karet menuju usus sebelum akhirnya dibuang. " Meskipun permen karet tidak akan terurai dalam sistem pencernaan, namun tidak akan menyebabkan sakit perut," ungkapnya.

6. Konsumsi apel sehari menghindarkan seseorang bertemu dokter

Faktanya, mengkonsumsi blueberry jauh lebih efektif membuat tubuh senantiasa bugar. Hal itu disebabkan blueberry mengandung banyak gizi, antioksidan, dan kaya serat. Karena itu, blueberry banyak digunakan sebagai bahan pembuat sereal atau yogurt. Selain itu, Blueberry yang dikombinasikan dengan sayuran dapat mencegah seseorang terkena penyakit Jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes.

7.Anda kehilangan 75 persen panas tubuh melalui kepala

Mitos macam itu berkembang karena keharusan kepala bayi yang baru lahir ditutupi ketika cuaca dingin. Hal itu dibenarkan, karena ukuran bayi memiliki prosentase lebih besar daripada bagian tubuh lainnya. Akantetapi ketika dewasa, keluarnya panas melalui kepala hanya 10 persen. Sisanya panas tubuh keluar melalui kaki, lengan dan tangan. Oleh karena itu, bagi orang dewasa disarankan untuk mengenakan sarung tangan ketimbang penutup kepala ketika cuaca dingin tiba.

8. Untuk menghilangkan cegukan, harus ada seseorang yang mengagetkan

Faktanya, Pollack mengatakan cara menangani cegukan yang benar adalah kunyahlah satu sendok teh gula pasir. Dari riset yang dipublikasikan The New England Journal of Medicine disebutkan 19 dari 20 partisipan yang mencoa cara ini sembuh dari cegukan.

9. Konsumsi ikan membuat anda lebih cerdas

Faktanya, konsumsi ikan terutama ikan salmon pada usia pertumbuhan sangat direkomendasikan. Pasalnya, ikan salmon mengandung omega-3 yang penting dalam perkembangan otak, kognitif dan ketajaman penglihatam. Sebuah studi yang dipublikasikan Clinical Pediatrics tahun 2008 mengungkap pemenuhan DHA melalui konsumsi omega-3 sangat penting dalam membantu anak-anak meningkatkan pemahaman dan penambahan kosa kata. Selain ikan, omega-3 juga bisa diperoleh pada alpukat, kenari dan minyak kanola.

10. Anda dilarang berenang selesai makan

Faktanya, setelah makan justru dibolehkan mengingat otot mendapatkan pasokan nutrisi. Sebaliknya Sears mengatakan berenang dalam keadaan perut kosong menyebabkan seseorang mudah kram dan menghambat kinerja otot anda.

11. Setiap anak membutuhkan multivitamin tambahan

Faktanya, anak-anak perlu mendapatkan ASI esklusif selama setahun. Selain itu, anak-anak juga mendapatkan banyak vitamin ketika mereka berinteraksi dengan sinar matahari dan udara. "Anak-anak anda akhirnya mendapatkan apa yang mereka butuhkan dengan hanya menghirup udara dan sinar matahari," kata COhen.

12. Meminum susu hangat menyebabkan anda mudah tertidur

Faktanya, susu hanya mengandung sejumlah kecil tryptopan, asam amino yang menyebabkan seseorang mengantung. Psikolog Klinis, Michael Breus dari Arizona menuturkan seseorang baru tertidur ketika mengkonsumsi susu satu galon. "Hal yang dapat membantu anak-anak tertidur adalah mengipas-ngipasi anak. Sedangkan susu hanyalah satu bagian dari proses membuat anak tertidur," kata dia.
READ MORE - Selengkapnya

TERNYATA STRES BISA BIKIN RAMBUT KAMU RONTOK

Bagi wanita, posisi rambut bak mahkota raja yang harus dijaga. Sedikit saja, rambut terlihat kusam atau rontok bisa membahayakan penampilan wanita ketika berhadapan dengan lingkungan sosialnya.

Sayangnya tantangan wanita untuk menjaga penampilan kian berat, selain kondisi lingkungan, tekanan psikologis kian bertambah. Pasalnya, di tengah hiruk-pikuk hireaki masyarakat modern, wanita selalu dituntut untuk tampil prima. Berangkat dari tuntutan itulah, wanita acapkali terserang stres yang berujung pada rontoknya rambut.

"Wanita modern secara signifikan terancam resiko stres melalui tekanan yang bertubi-tubi," ungkap salah seorang pakar rambut, Bessam Farjo seperti dikutip dari dailymail, Selasa (14/9). Dia menjelaskan, wanita modern dewasa ini memang menghadapi tekanan yang jauh lebih besar ketimbang generasi sebelumnya. Seperti misal, tuntuan profesi merangkap sebagai wanita karier, ibu rumah tangga dan seorang istri.

Menurut Farjo, berangkat dari tekanan itu tubuh wanita bereaksi dengan memproduksi radikal bebas yang menyebabkan banyak kerusakan seperti rambut rusak atau rontok. "Selain stres, rontoknya rambut juga dipengaruhi diet yang buruk, minimnya zat besi dalam tubuh, perubahan produksi hormon paska melahirkan dan pengaruh lainnya," papar Farjo.

Selain dari tekanan psikologis dan lingkungan, rambut rontok pada wanita juga dipengaruhi gen yang diturunkan. Jika gen yang diturunkan dari ibu merupakan jenis rambut yang tipis sudah tentu resiko rontok semakin besar.

Psikolog Linda Papadopuolos mengatakan dalam kebudayaan manapun rambut merupakan identitas dan daya tarik perempuan. "Kita hidup di zaman yang mengutamakan tampilan sebagai faktor yang mempengaruh terhadap harga diri seseorang," ujarnya. Papadopuolos menyebutkan secara natural wanita akan mengalami kerontokan rambut normal antara 50-100 helai rambut dalam sehari.

Secara terpisah pakar rambut, Philip K Kingsley, mengatakan ada cara mudah untuk mengetahui apakah rambut seseorang tergolong sehat atau tidak. Caranya perhatikan jumlah rambut yang rontok selama sebulan. Kingsley mengakui meski penata rias atau rambut banyak beredar namun hanya sedikit saja yang begitu memahami rambut.

Karena itu, kata dia, setiap individu harus mengenal karakter rambutnya sendiri sebelum melakukan perawatan. "Sederhananya, rambut dibuat dari protein maka penting bagi anda untuk meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung banyak protein seperti telur, ikan, dan daging," ujarnya.
READ MORE - Selengkapnya

DENGAN BERBELANJA BISA TURUNKAN STRES?


Diluar sisi negatifnya berupa pemanjaan terhadap naluri konsumtif seseorang, berbelanja memiliki efek positif terhadap psikologis manusia. Sebuah studi mengungkap berbelanja secara signifikan memberikan ketenangan dan kenyamanan kepada seseorang.

Efek tersebut disimpulkan peneliti sama dengan pasangan suami istri yang melakukan hubungan seks. Karena itu, peneliti menyarankan kepada individu untuk berbelanja ketika ingin menghilangkan stres. Namun, perlu dicatat, penelitian ini dilakukan dengan responden yang berasal dari kelompok masyarakat dengan tingkat ekonomi yang mapan.

Sebelumnnya, Tim riset University of Westminster mengadakan sejumlah riset untuk memperoleh cara meredakan aktivitas otak saat menghadapi tekanan emosional. Oleh peneliti, partisipan yang turut serta dalam riset diberikan alternatif pilihan cara meredakan stres berupa menonton film porno atau berbelanja.

Setelah dianalisis, partisipan justru sebagian besar memilih untuk berbelanja ketimbang menonton film porno. Hasil analisis itu merupakan kesimpulan tim riset ketika memonitor pergerakan mata dan respons emosional tubuh 50 partisipan setiap harinya.

Selain memberikan pilihan cara, tim riset juga melakukan sejumlah percobaan kepada partisipan yang memilih berbelanja sebagai cara menghilangkan stres. Oleh peneliti, partisipan diberikan semacam kartu diskon atau voucher produk bermerk. Di sisi lain, peneliti juga tidak memberikan kartu diskon atau voucher kepada partisipan.

Dengan mengenakan alat penanda respons emosional tubuh manusia, iMotion, peneliti memberikan penilaian respons partisipan melalui skala 1 hingga 10. Dari catatan peneliti diketahui partisipan yang menonton film porno sebagai cara meredakan stres mendapati skor 5 dan 7. Sedangkan partisipan yang memilih berbelanja mendapatkan skor 5 hingga 8.

Colin Harper, salah seorang peneliti dari Institute of Promotional Marketing mengatakan terlalu dini untuk mengetahui hubungan antara emosional yang tinggi dengan peningkatan penjualan. Menurut dia, pakar marketing percaya rata-rata konsumen segera memutuskan membeli sesuatu dalam dua detik ketika melihat sesuatu yang menonjol pada sebuah produk.

Persoalannya, kata dia, konsumen lebih banyak membeli ketika masa promosi sudah lewat. "Hal itu merupakan pertanyaan besar," ujarnya. Secara terpisah Jon Ward, pengamat perilaku konsumen menilai sulit untuk menahan konsumen untuk lebih lama melihat paket yang ditawarkan.



READ MORE - Selengkapnya

PETIK 3 PELAJARAN DARI SKANDAL SEKS SELEBRITI


Tak jarang selebriti dari mancanegara maupun lokal mengalami skandal seks. Agar kejadian itu tak menimpa kita, berikut beberapa hal yang bisa dipelajari dari pengalaman mereka.

Dikutip dari Fox News, seorang seksolog sekaligus konsultan hubungan Jenny Block, memaparkan beberapa pelajaran yang bisa diambil dari kasus skandal seks para selebriti.

1. Berselingkuh
Anda pasti sering mengikuti pemberitaan mengenai penyanyi Krisdayanti hingga atlet golf Tiger Woods. Mereka menjadi bulan-bulanan media massa juga masyarakat karena kasus perselingkuhannya.

Pelajaran yang bisa diambil adalah, jangan berselingkuh! Sebelum Anda terjatuh ke lubang yang lebih dalam, sebaiknya hindari 'bermain api'. Sekali saja Anda terbukti mengkhianati pasangan, maka nama baik Anda akan tercoreng selamanya.

2. 'Bertopeng'
Masih ingat kasus Maria Eva dan Yahya Zaini 2006 lalu? Yahya Zaini, sewaktu video seksnya dengan Maria Eva beredar tengah menjadi Ketua Bidang Kerohanian dalam DPR. Seharusnya, ia menjadi panutan rakyat. Namun 'topeng' yang dipakainya tersibak juga akibat skandal yang ia alami.

Yang harus Anda lakukan adalah, jalani benar apa yang selama ini Anda ucapkan. Jika memang terpilih sebagai Ketua Bidang Kerohanian, maka yang pertama dilakukan adalah menjalani apa yang diajarkan agama. Jangan bertindak munafik, karena cepat atau lambat, 'kebusukan' yang disembunyikan akhirnya terkuak juga.

3. Video Seks
Skandal video seks yang dialami selebriti Cut Tari, Luna Maya dan Ariel pasti masih segar di ingatan. Apalagi kasus itu sempat menjadi sorotan nasional juga international. Skandal itu berawal dari menyebarnya video mesum yang 'dibintangi' seseorang mirip Ariel, Luna Maya juga Cut Tari. Karena video itu, ketiganya kehilangan banyak kontrak kerja. Ariel bahkan hingga kini masih mendekam di penjara.

Membuat video seks dengan suami memang bukan hal yang dilarang. Namun jika Anda menaruhnya sembarangan, alhasil video itu akan menjadi senjata ampuh untuk membunuh nama baik Anda juga pasangan. Jenny menyarankan, Jika Anda ingin tetap membuat video dengan suami, setelah Anda berdua melihatnya, langsung hancurkan video itu. Jangan ambil risiko!



READ MORE - Selengkapnya

YANG HARUS DILAKUKAN JIKA MATA LELAH SAAT BEKERJA


Memandang layar komputer terlalu lama dapat menyebabkan mata lelah. Tidak hanya itu, terlalu lama di depan layar komputer dapat menyebabkan masalah sakit kepala dan pengelihatan kabur.

Gejala-gejala tersebut yang disebabkan oleh komputer disebut Computer Vision Syndrome. Ada beberapa cara untuk mencegah Computer Vision Syndrome.

1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menjaga layar laptop atau komputer pada jarak yang nyaman. Atur sudut layar sehingga Anda tidak perlu menekuk leher Anda. Pastikan layar komputer tidak ada debu, sehingga tidak menghalangi pemandangan saat bekerja.

2. Pastikan tidak memiliki kelebihan atau kekurangan cahaya. Jika cahaya ruangan terasa kurang, tambahkan lampu meja untuk menerangkan meja kerja sehingga memudahkan pandangan saat melihat layar komputer.

3. Luangkan waktu untuk mengistirahatkan mata Anda. Lakukan istirahat mata selama 10 menit setiap satu jam sekali atau 20 menit istirahat setiap dua jam. Biarkan mata santai dengan memejamkan mata atau melihat keluar jendela. Saat pengistirahatan mata, hindari membaca buku. Untuk lebih rileks, Anda dapat memijat mata selama satu atau dua menit.

4. Selalu berkedip untuk membuat mata tetap basah dan tidak selalu meliht ke layar komputer. Anda bisa melihat ke arah luar jendela, melihat langit atau apapun setidaknya jarak pandang 20 meter jauhnya. Ubah posisi Anda untuk meregangkan otot-otot dan menghindari kelelahan pada tubuh
READ MORE - Selengkapnya

HAL-HAL YANG PENTING DIPERHATIKAN SEBELUM MEMBAWA ANAK KE KANTOR


Di penghujung bulan Ramadan seperti saat ini, para pembantu sudah mulai bergegas pulang kampung dan si kecil tidak lagi ada yang mengurus di rumah saat Anda sedang bekerja. Tidak ada salahnya membawa anak Anda ke kantor, namun perlu diketahui beberapa etika berikut ini agar tidak mengganggu produktivitas Anda selama bekerja.

1. Minta izin terlebih dahulu kepada atasan sebelum membawa anak ke kantor.

2. Beritahu anak Anda apa yang boleh ia lakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan selama berada di kantor. Gunakan kesempatan ini untuk mengajarkan anak tentang profesi Anda.

3. Berikan anak tugas sederhana yang pantas dikerjakan oleh anak seusianya. Anda bisa menjadwalkan kegiatan yang menarik untuk dilakukan, seperti tur keliling kantor dan mengenalkannya pada teman-teman Anda, agar ia merasa diterima dan tidak asing.

4. Siapkan aktivitas alternatif bila ia bosan, seperti Anda membawa buku gambar, krayon atau permainan kesukaannya untuk mencegah dari rasa bosan.

5. Bawa bekal makanan kegemarannya, termasuk buah dan makanan ringan. Ini bisa menutup mulutnya untuk merengek sepanjang Anda bekerja.

6. Usahakan mempersingkat waktu bekerja dan pulang lebih cepat dari biasanya. Anda juga bisa makan siang di luar kantor sehingga anak tidak jenuh berada lama di kantor.

Apapun alasannya, kantor adalah tempat bekerja. Semua orang membutuhkan fokus. Membawa bayi atau balita yang bisa menangis kapanpun adalah salah satu tindakan kurang sopan yang dapat terjadi oleh wanita manapun. Anda ingin memamerkan bayi atau balita Anda yang lucu? Bawalah saat menit-menit menjelang pulang kantor.


READ MORE - Selengkapnya

PUSING AKIBAT MENGHIRUP AROMA BAU CAT


Jakarta, Salah satu risiko yang dihadapi saat mengecat rumah atau rumah baru selesai dicat adalah pusing dan sesak napas karena menghirup bau thinner yang menyengat. Apa akibatnya bagi si penghuni rumah?

Sebenarnya untuk menguranginya bisa dengan menjaga ventilasi ruangan dengan menyalakan kipas angin. Tapi ini pun kadang tidak mempan. Paling bagus jika ruangan yang baru dicat jangan langsung ditempati dulu.

Pada umumnya cat terdiri dari sejumlah komponen seperti pelarut, pelekat, pewarna dan bahan tambahan lainnya. Bau menyengat pada cat tembok lebih banyak bersumber dari pelarut, yang biasanya berbasis minyak (oil-based).

Dikutip dari Essortment, Rabu (4/8/2010), cat tembok yang menggunakan pelarut berbasis minyak mengandung banyak volatile organic compound (VOC) yang mudah menguap.

Jika terhirup, dampaknya bagi kesehatan bisa bervariasi sesuai dengan daya tahan tubuh masing-masing individu.

Sesaat setelah terhirup, dampak yang paling sering dirasakan adalah pusing, sesak napas serta mata perih. Sementara jika terhirup terus menerus, dalam jangka panjang dampaknya bisa lebih parah yakni kanker dan kerusakan syaraf pada otak.

Dampak buruk juga bisa dialami oleh ibu hamil. Beberapa jenis pelarut seperti glycol ether memiliki kandungan VOC cukup tinggi dan dikabarkan bisa menyebabkan keguguran jika terhirup dalam jumlah banyak.

Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya tidak ditempatkan pada ruangan yang baru dicat kurang dari 2x24 jam. Kalaupun terpaksa, dianjurkan untuk menggunakan masker penutup wajah.

Masker wajah tidak hanya efektif untuk mengurangi jumlah uap yang terhirup. Debu yang berasal dari sisa pengampelasan juga bisa ditangkal dengan masker, agar tidak masuk ke saluran napas dan menyebabkan sesak napas.

Sedangkan untuk mengurangi uap VOC, cara paling mudah adalah memastikan ventilasi atau peredaran udara selalu terjaga dengan baik. Kipas angin yang dinyalakan ke arah luar bisa membantu mengeluarkan uap dari dalam ruangan, sekaligus mempercepat pengeringan cat.

Beberapa tips yang bisa diterapkan saat mengecat rumah antara lain sebagai berikut:

1.Segera keluar ruangan untuk mencari udara segar jika mengalami sesak napas, pusing atau mata perih
2.Jika mata perih karena uap cat, segera cuci dengan air bersih
3.Periksakan ke dokter jika mata terpercik oleh cat atau pelarut
4.Gunakan pelindung mata jika perlu
5.Lindungi kulit sensitif dengan menggunakan sarung tangan karet
6.Lakukan pengampelasan saat tembok dalam kondisi basah untuk mengurangi debu.


detik
READ MORE - Selengkapnya

KENALI 8 GEJALA PERTANDA ADANYA KANKER


Newcastle, Karena sulit dideteksi, seringkali kanker teridentifikasi ketika sudah berkembang menjadi lebih parah. Namun kini peneliti berhasil mengidentifikasi 8 gejala yang menandakan adanya kanker.

Para ahli dari Keele University mengidentifikasi 8 gejala tersebut setelah melakukan penelusuran terhadap 25 penelitian di Inggris, AS, Belanda, Belgia, Australia, Denmark dan Jerman. Hasil penelusuran tersebut dipublikasikan dalam British Journal of General Practice (BJGP).

Dikutip dari Telegraph, Jumat (27/8/2010), Dr Mark Shapley yang memimpin penelitian tersebut mengatakan 8 gejala itu memiliki tingkat akurasi yang berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang berpengaruh, namun yang paling utama adalah usia dan jenis kelamin.

Anemia defisiensi besi misalnya, pada perempuan berusia 21 tahun belum tentu menandakan adanya kanker. Namun bagi pria berusia 60 tahun ke atas, besar kemungkinannya gejala ini menyertai kanker usus.

Kecuali telah diketahui ada penyebab lain, 8 gejala berikut ini merupakan penanda adanya kanker yang terungkap dalam penelitian tersebut.


1.Perdarahan di anus (menandakan kanker usus besar pada orang tua)
2.Anemia defisiensi besi (menandakan kanker usus)
3.Benjolan di payudara (menandakan kemungkinan kanker payudara)
4.Pemeriksaan anus yang menunjukkan adanya kanker (menandakan kemungkinan kanker prostat)
5.Adanya darah di air seni (menandakan kanker di saluran kencing)
6.Batuk mengeluarkan darah (menandakan kemungkinan kanker paru-paru)
7.Perdarahan post-menopause (menandakan kemungkinan kanker kandungan)
8.Kesulitan menelan (menandakan kanker esofagus)



Dr Mark berharap temuan ini bisa membantu dokter maupun pasien untuk dapat mengidentifikasi kanker sedini mungkin. Semakin cepat kanker terdeteksi, semakin besar harapan untuk dapat mengatasinya sebelum berkembang menjadi lebih parah



READ MORE - Selengkapnya

Mengurangi Kecemasan Pasien Kanker Dengan Jamur Ajaib


Los Angeles, Pasien kanker stadium lanjut umumnya memiliki tingkat kecemasan dan ketakutan yang tinggi. Kini ada jamur ajaib yang bisa mengurangi rasa cemas dan takut pasien kanker.

Hallucinogen psilocybin atau dikenal dengan nama jamur ajaib ini mampu mengurangi kecemasan yang timbul pada pasien kanker stadium lanjut. Hasil ini dilaporkan dalam Archives of General Psychiatry.

Pasien penderita kanker stadium lanjut umumnya memiliki tingkat kecemasan dan ketakutan yang tinggi terhadap kematian. Hal ini dikarenakan penderita kanker stadium lanjut memiliki tingkat harapan hidup yang kecil.

Pasien kanker yang diberikan dosis sedang psilocybin diketahui tampak tidak terlalu cemas dibandingkan dengan pasien yang tidak diberikan psilocybin. Hasil ini didasarkan pada pengukuran kadar depresi pasien selama enam bulan.

Studi awal ini dirancang untuk membuktikan bahwa obat-obatan halusinogenik dapat dipelajari dengan aman sebagai salah satu cara untuk meringankan penderitaan pasien kanker stadium lanjut.

"Studi percontohan obat ini terbukti dapat dipelajari dengan aman pada pasien kanker. Dua lembaga penelitian lain seperti Johns Hopkins University di Baltimore dan New York University akan melakukan penelitian serupa dengan dosis yang sedikit lebih tinggi," ujar Dr Charles Grob dari Harbor-University of California Los Angeles Medical Center, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (7/9/2010).



READ MORE - Selengkapnya

STOP DENGKURAN DENGAN RANGSANGAN LISTRIK


Bukan hanya berisik, kebiasaan mendengkur juga menandakan adanya gangguan tidur pemicu stroke dan serangan jantung. Kini ada cara yang efektif untuk meredakannya, yakni dengan stimulasi elektrik (rangsangan listrik).

Sebuah perusahaan di Amerika memproduksi alat tersebut untuk menggantikan metode lama, continuous positive airway pressure (CPAP). Meski efektif, CPAP yang berwujud masker yang mengalirkan oksigen selama tidur itu dilaporkan tidak nyaman bagi 40 persen penggunanya.

Berbeda dengan CPAP, metode stimulasi elektrik menggunakan alat berupa neurotransmitter berukuran kecil yang ditanam melalui pembedahan di sekitar leher. Ketika diaktifkan alat itu akan menstimulasi saraf hypoglossal yang terletak di pangkal tulang rahang.

Saraf tersebut bertanggung jawab pada gerakan otot genioglossus di sekitar lidah, yang berhubungan langsung dengan saluran napas selama tidur. Jika melemah, saluran tersebut akan menyempit dan menyebabkan dengkuran atau bahkan berhenti napas sama sekali selama beberapa detik (obstructive sleep apnea).

Apabila tidak tertangani, kondisi tersebut dapat memicu komplikasi yang lebih serius, mulai dari tekanan darah tinggi, serangan jantung hingga stroke. Bahkan karena mengurangi kualitas tidur secara signifikan, penderitanya juga bisa mengalami depresi karena kelelahan.

Sedangkan untuk efektifitasnya, metode stimulasi elektrik dilaporkan mampu mengurangi dengkuran hingga 56 persen dalam sebuah penelitian di Australia. Hasil ini dicapai dalam 3 bulan sejak pemasangan, dengan durasi pemakaian rata-rata 6,5 jam sepanjang malam.

Dikutip dari Dailymail, Selasa (7/9/2010), cara mengaktifkan dan mematikan alat ini tidak sulit meski ditanam di dalam tubuh. Sebab neurotransmitter yang ditanam di leher itu terhubung dengan sensor yang terletak di sekitar tulang iga, yang bisa dikendalikan dengan remote control dari luar.
READ MORE - Selengkapnya

Beda Hipnoterapi dan Hipnosis Panggung

Hipnosis yang dikenal oleh kebanyakan orang adalah praktik hipnosis panggung, seperti yang dilakukan oleh Romy Rafael dan Uya Kuya. Sebetulnya praktik hipnoterapi dengan hipnosis panggung (untuk pertujukan atau hiburan) merupakan dua hal yang berbeda, meskipun lama-sama menggunakan hipnosis sebagai dasarnya.

Menurut Adi W. Gunawan, guru hipnoterapi yang menyebut diri the re-educator & mind navigator itu, hipnotis panggung sangat mudah dipelajari dan dipraktikan.

"Untuk menjadi seseorang yang jago melakukan stage hypnosis, Anda cukup mengikuti lokakarya sehari. Setelah mengerti dasar-dasarnya, Anda bisa langsung mempraktikkannya," ungkap penulis buku-buku hipnotis antara lain berjudul Hypnotherapy, the Art of Subconscious Restructuring ini.

Menurut Adi, saking gampangnya, bahkan beberapa pembaca bukunya yang berjudul Hypnosis: The art of Subconscious Communication mengirim e-mail dan SMS kepadanya menceritakan kemampuan mereka mempraktikkan hipnosis, hanya dari membaca buku saja. Ada yang bisa membuat temannya kehilangan angka 5 dan lupa nama dirinya, ada juga yang membuat jalinan kedua tangannya tak bisa dilepaskan, dan lain-lain.

Mengapa hipnosis panggung bisa sedemikian mudah dipraktikkan, menurut Adi, karena kebetulan subjeknya memang mudah trance. Seorang praktisi hipnosis diajarkan bagaimana memilih subjek yang mudah trance, cara mengetahui kedalaman kondisi trance, maupun efek hipnosis pada subyek.

"Inti dari stage hypnosis adalah kejelian memilih subjek hipnosis dan kreatif dalam menentukan skenario," papar Adi.

Karena itu, hipnosis panggung perlu persiapan lebih dulu. Mengapa? "Tentu tidak lucu kalau subjek yang dipilih ternyata sulit masuk ke dalam kondisi trance. Bisa Anda bayangkan apa yang terjadi kalau praktisi hipnosis menjentikkan jarinya dan berkata "Tidur!" tetapi subjek itu cuma cengar cengir," katanya.

Sementara itu, dalam hipnoterapi, para terapis tidak dapat memilih subjek yang mudah masuk ke dalam kondisi trance. Terapis harus menerima kliennya dalam kondisi apapun, baik yang sangat mudah, cukup mudah, atau bahkan sulit masuk kondisi trance. Itulah sebabnya seorang hipnoterapis harus memahami banyak teknik serta kreatif.

Menurut Adi Gunawan, hipnosis baru dapat disebut sebagai hipnoterapi jika menggunakan teknik-teknik tertentu untuk membantu klien menemukan sumber masalahnya dan meningkatkan potensi diri mereka, sesuai dengan masalah yang mereka hadapi.

"Terapi yang diterapkan harus berpusat pada diri klien atau client centered dan bukan therapist centered," ujar Adi, yang menimba ilmu Mind Mirror dari Anna Wise di Berkeley, Amerika Serikat ini.

Adi juga menjelaskan bahwa dalam terapi, para terapis tidak perlu membawa klien sampai pada kondisi trance yang sangat dalam (somnabulisme). Dengan kondisi light trance atau trance ringan saja terapi sudah bisa dilaksanakan.

"Kondisi deep trance hanya diperlukan kalau terapis menggunakan teknik tertentu, misalnya age regression, past life regression, past life regression, atau parts therapy," kata Adi
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails