Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

MENGENAL DAN MENYAMARKAN VITILIGO PADA ANAK

Vitiligo adalah bercak-bercak bewarna putih yang bisa muncul di sekujur tubuh. Tetapi lokasi yang paling sering kehilangan sel-sel melanosit adalah bagian tubuh yang paling sering terpapar langsung sinar matahari. Seperti: tangan, wajah, dan dada bagian atas.

Bercak-bercak putih mula-mula muncul terutama pada bagian tubuh berlubang seperti: mata, cuping hidung, mulut, puting, pusar, dan organ kemaluan. Lipatan tubuh seperti ketiak, paha, selangkangan juga merupakan lokasi yang rentan serangan vitiligo.

Bukan Penyakit
Meskipun bercak putih tampak seperti penyakit, tapi vitiligo bukan penyakit. Vitiligo adalah gangguan kelainan kulit. Maka vitiligo tidak mengganggu struktur kulit. Hampir seluruh fungsi kulit masih bekerja dengan baik. Fungsi pengeluaran keringat masih berjalan, fungsi melindungi tubuh dari kuman masih baik, organ di dalamnya juga masih bisa dilindungi, pengaturan suhu tubuh masih baik, kulit juga masih bisa menyerap bahan dari luar seperti obat. Bahkan kalau pada bagian bercak putih terdapat luka, proses penyembuhannya pun sama dengan kulit normal.

Memang dengan rusaknya sel melanosit yang memproduksi pigmen, risiko terkena radiasi sinar ultraviolet lebih besar dibanding kulit normal. Sebab, warna putih tidak hanya memantulkan tapi juga menyerap sinar. Alhasil, bagian tubuh lain juga lebih mudah terbakar sinar ultra violet sehingga bercak putih pun menyebar.

Dengan kondisi tersebut, penderita vitiligo tidak boleh terlalu lama terpajan di bawah sinar matahari. Berlama-lama di bawah paparan sinar matahari bagi penderita vitiligo akan memicu kanker kulit. Kendati demikian, Sri Linuwih menegaskan, kanker kulit pada penderita vitiligo sangat jarang ditemui. Kanker kulit lebih sering ditemui pada penderita albino alias vitiligo seluruh tubuh.

Tidak seperti penyakit kulit lain, yang penyebab utamanya seperti jamur, virus, atau bakteri. Hingga saat ini, faktor utama yang penyebab terjadinya proses penghacuran sel-sel pigmen oleh sel imun tersebut belum diketahui secara pasti. Namun sejumlah dokter ahli kulit menduga, penyebabnya adalah gangguan imunitas tubuh atau autoimun.

Gangguan ini menyebabkan sel-sel imun tubuh menyerang dan menghancurkan sel melanosit sehingga produksi pigmen pembentuk warna pun terhenti. Vitiligo bisa menyerang anak-anak hingga dewasa. Tapi umumnya, diderita orang dewasa sekitar usia 30 tahun dan lebih sering menimpa wanita. Meskipun manifestasinya hanya berupa bercak putih dan tidak menimbulkan nyeri, bercak-bercak putih pada wajah mengakibatkan perbedaan penampilan dan memicu timbulnya perasaan rendah diri pada si penderita.

sering memang Vitiligo pernah dikaitkan dengan faktor keturunan. Termasuk penyakit keturunan seperti tiroid, diabetes, dan lain-lainnya. Tapi karena belum ada kajian ilmiah yang bisa membuktikan kaitan vitiligo dengan hal tersebut, maka gangguan kulit yang satu ini tidak bisa dikatakan penyakit yang disebabkan keturunan atau terkait dengan penyakit lain.

Prosesnya Lama
Bercak-bercak putih vitiligo bisa berhenti dengan sendirinya, tapi bisa juga menyebar ke bagian tubuh lainnya. Biasanya, seiring dengan bertambahnya usia seorang penderita vitiligo, maka bercak-bercak putihnya akan bertambah besar dan bertambah banyak. Kecepatan penyebaran bercak vitiligo sangat tergantung pada kondisi sel melanosit penderitanya.

Umumnya lama waktu yang dibutuhkan untuk penyebaran bercak putih ke bagian tubuh lain paling cepat berlangsung satu tahun. Ada juga penyebaran bercak yang berlangsung hanya dalam bilangan bulan, tapi itu sangat jarang sekali ditemui.

Kalau hilangnya sel melanosit menghebat, bercak-bercak putih tidak hanya terjadi pada kulit. Kulit kepala dan rambut dengan sel melanosit yang banyak di dalamnya pun juga bisa hilang, akibatnya warna rambut yang seharusnya hitam berubah pula menjadi putih.

Jadi, kalau kulit di sekitar alis terkena vitiligo, jika serangannya hebat, alis pun akan berubah menjadi putih. "Apabila serangan terjadi di kulit kepala, maka penderitanya terlihat ubanan lokal.

Tak Bisa Disembuhkan
Vitiligo dianggap sebagai gangguan kulit karena belum diketahui faktor penyebabnya secara pasti. Bercak-bercak putih bisa muncul dan berhenti begitu saja tanpa didahului adanya gejala klinis. Ganggguan kulit ini juga tidak bisa disembuhkan dan dikembalikan pada keadaan normal. Menghentikan percepatan penyebarannya pun tidak bisa dilakukan. Yang bisa dilakukan adalah menyamarkannya, melalui terapi atau dengan kamuflase kosmetik.

Karena bukan penyakit, vitiligo tidak berbahaya bagi penderitannya. Tapi karena mengganggu penampilan justru yang terganggu psikologisnya. Dengan berubahnya warna kulit, terutama pada bagian tubuh yang terbuka, si penderita merasa bercak putih kulitnya membuat penampilannya berbeda. Alhasil pada beberapa penderita vitiligo sering ditemukan merosotnya kepercayaan diri dan perubahan perilaku.

Menurut Sri Linuwih, Hal yang bisa dilakukan adalah dengan menyamarkan bercaknya agar tidak terlihat jelas. Juga yang paling penting adalah mengatasi efek psikologis penderita. Karena itu, penanganan vitiligo tidak hanya melibatkan dokter ahli kulit, tapi juga psikolog.

Beberapa Terapi Vitiligo

Tanning. Cara yang biasa dilakukan ahli penyakit kulit adalah dengan teknik tanning. Yaitu suatu teknik terapi dengan cara membaluri bercak putih vitiligo dengan minyak yang bisa merangsang pembentukan melanin kulit. Obat ini bekerja merangsang produksi melanin pada bagian kulit yang masih normal. Cara penggunaannya yaitu dengan membaluri obat ini pada bercak dan kulit disekitarnya. Setelah dibaluri obat, selama beberapa menit kulit di jemur di bawah sinar matahari selama beberapa menit.

Sinar ultra violet yang masuk diharapkan akan merangsang kulit normal dalam memproduksi melanin sehingga menambah kepekatan. Dengan rangsangan berulang, produksi melanin pada kulit normal akan melonjak dan tertansfer melalui rambut pada bercak putih. Sehingga bercak putih yang ada ikut mengalami kepekatan meskipun warnanya tidak akan pernah sama dengan kulit normal. Cara ini dilakukan bila bercak putih sudah merata di seluruh permukaan kulit.

Tandur Kulit. Cara kedua adalah dengan menanam kulit normal (tandur kulit) pada bagian bercak putih. Pada teknik ini, dokter akan mengangkat beberapa bagian kulit, biasanya dengan ukuran seluas koin. Kulit normal yang diangkat kemudian ditanam pada bercak putih. Cara ini dimaksudkan agar produksi melanin pada kulit normal menyebar dan menutupi bagian bercak putih sekitarnya. Namun, karena diduga kuat penyebabnya adalah kelainan imun dalam tubuh, maka tingkat keberhasilan tandur kulit masih rendah. Sebab sel melanosit pada kulit normal yang ditanam juga akan hancur dan mati, bercak putih pun akan muncul kembali. Jadi cara ini hanya bisa menutupi bercak putih sementara saja.

Salep. Alternatif lain adalah dengan pemakaian salep yang mengandung senyawa takrolimus. Menurut sebuah penelitian, takrolimus termasuk efektif dan dapat ditoleransi dengan baik mengatasi vitiligo terutama pada anak-anak, khususnya yang terjadi di wajah dan leher.

Pada sebuah studi yang dilakukan pada pasien anak-anak penderita vitiligo, salep takrolimus yang diberikan minimal 3 bulan ternyata berespon pada wajah, leher n dan badan. Vitiligo pada wajah dari jenis lokal yang diobati dengan salep ini menunjukkan kecepatan respons yang paling baik. Namun demikian, penggunan salep ini menimbulkan efek samping berupa gatal dan rasa terbakar pada kulit. Gatal dan rasa terbakar ini seringkali tidak bisa ditoleransi, sehingga anak akan menggaruk dan memicu timbulnya luka iritasi.

Pemanfaatan Kosmetik.
Meskipun tidak bisa sama persis dengan kulit normal, tapi vitiligo bisa disamarkan dengan penggunaan kosmetik. Cara ini sedikit bisa membantu menumbuhkan keperecayaan dirinya.


Bila Bercak Putih Timbul.
Beberapa langkah yang bisa dilakukan jika bercak putih mulai timbul:

Jangan terburu-buru mengambil kesimpulan, kalau bercak putih yang muncul adalah vitiligo. Pastikan bercak putih yang ada dengan berkonsultasi pada dokter kulit.

Kalau bercak putih tersebut sudah bisa dipastikan vitiligo, pilih terapi yang cocok

Tidak perlu menutupi atau menyembunyikan bercak putih.

Gunakan tabir surya yang punya kandungan Suns Protection Factor (SPF) 15-20. Tabir surya macam ini bisa didapat di apotik.

Bila terjadi pada anak, berikan penjelasan mengenai vitiligo dengan bahasa yang bisa dimengerti anak. Intinya, vitiligo bukan penyakit berbahaya dan bisa terjadi pada setiap orang.

Mencari dan menggali potensi yang dimiliki anak akan jauh lebih berguna. Kelebihan yang dimiliki akan membuat anak melupakan bercak putihnya. Dalam hal ini, bantunan psikolog memegang peranan sangat penting.

Faktor Risiko Vitiligo
Hingga saat ini faktor penyebab vitiligo secara pasti belum diketahui. Namun sejumlah dugaan menyebutkan vitiligo bisa terjadi setelah trauma fisik yang tidak biasa. Terutama cedera kepala dan cenderung timbul bersamaan dengan penyakit tertentu. Selain itu, beberapa faktor lain diduga menjadi penyebab penyakit kulit ini. Faktor tersebut antara lain:

  • Lebih dari 30% kasus vitiligo diduga disebabkan faktor keturunan.
  • Terpapar bahan kimia khususnya merkuri menghentikan produksi melanin
  • Gangguan emosi diduga juga mengakibatkan vitiligo menyebar lebih cepat
  • Gangguan imun tubuh yang menyebabkan rusaknya kelenjar melanin
  • Luka terbakar, dan tidak terawat kurang baik juga bisa mengakibatkan vitiligo
  • Gangguan jaringan kulit yang menyebabkan pembengkakan
  • Menderita penyakit tertentu seperti diabetes, kurang darah, hypo tyroid, gangguan pada kelenjar adrenalin, alopecia areata atau rontoknya rambut pada kulit.

Albino vs Vitiligo
Dari segi proses terjadinya, antara vitiligo dengan albino sebenarnya tidak ada perbedaan. Sebab bercak putih yang timbul dari kedua gangguan kulit tersebut disebabkan oleh terhentinya produksi pigmen pembentuk warna kulit oleh sel melanosit.

Albino

Bercak putih karena albino biasanya sudah mulai timbul ketika anak masih bayi dan letaknya menyebar dan merata hampir di seluruh tubuh. Faktor keturunan memegang peranan utama terjadinya albino.

  • Karena bercak putih menyebar di seluruh tubuh, penderita vitiligo lebih rentan terhadap radiasi sinar ultra violet.
  • Banyak penderita albino yang berlanjut terkena kanker kulit.
  • Karena bercaknya merata di seluruh permukaan kulit, terapi untuk merangsang melanosit dan pensamaran pun tidak mungkin dilakukan.
  • Penggunaan kosmetik pada penderita albino dilakukan dengan tujuan, agar bercak putih kemerahan tidak tampak jelas.

Vitiligo

Bercak putih bisa saja muncul saat masih bayi, tapi lokasinya hanya pada bagian tubuh tertentu dan tidak menyebar. Tapi hingga saat ini, jarang sekali kasus vitiligo yang ditemui pada bayi baru lahir. Penderitanya rata-rata berumur antara10-30 tahun.

Vitiligo bisa berhenti, bisa juga terus berkembang. Tegantung pada kondisi sel melanosit penderitanya.

Karena letaknya berpencar dan tidak merata seperti albino, vitiligo masih bisa disamarkan dengan terapi, dan kosmetik.

Vitiligo tidak dipengaruhi faktor keturunan. Meskipun ada dugaan dari 30% vitiligi disebabkan faktor keturunan.

READ MORE - Selengkapnya

UKURAN PENIS PRIA INDONESIA

Tak bisa disangkal ukuran penis mempengaruhi rasa percaya diri pria, walaupun tak semua rasa percaya diri diukur dari besar kecilnya Mr.P. Terlebih dengan adanya mitos yang beranggapan penis besar lebih baik itu dibanding penis berukuran mini.

Padahal besar kecil penis itu relatif dan berbeda-beda sesuai dengan usia, ras, faktor genetik, kondisi fisik, dan beberapa hal lainnya. Belum ada penelitian yang yang dengan untuk memperbesar penis dan akibatnya. Jadi sebenarnya usaha memperbesar penis itu lebih banyak bersifat sugesti saja.

Berdasarkan penelitian ukuran alat vital pria Indonesia berada antara 12-16 cm, dengan rata-rata sekitar 12 cm. Bandingkan dengan pria Amerika dengan rata-rata sekitar 15 cm dan pria Brasil dengan rata-rata 15,5 cm. Bahkan pria Afrika 17 cm.

Mengapa bisa berbeda? apakah yang menyebabkan ukuran ini berbeda. Perbedaan warna kulit terjadi karena adanya perbedaan letak geographies, dan perbedaan postur tubuh karena perbedaan makanan yang dikonsumsi.

Lantas apa yang menyebabkan perbedaan ukuran alat vital? Apakah ras memegang peranan penting? Ternyata tidak. Ada beberapa hal yang harus dirubah pada pria Indonesia, dan itu harus dimulai sejak masih dalam kandungan.

Cobalah kita amati apa yang membuat ukuran pria Indonesia berbeda, bisa jadi pola perilaku kebiasaan yang mempengaruhi ukuran Mr.P.

Konsumsi Zinc pada masa hamil
Kebutuhan akan zinx sangat mempengaruhi perkembangan organ reproduksi, kurangnya konsumsi zinc akan mempengaruhi perkembangannya secara optimal. Sayangnya kesadaran mengkonsumsi zinc sangat rendah sekali di kalangan ibu hamil. Selain itu konsumsi Zinc harus dikonsultasikan ke dokter selama ibu mengandung.

Makanan pokok
Nasi adalah makanan utama orang Indonesia, padahal semasa pertumbuhan perlu lebih banyak makan protein bukan karbohidrat. Makanya yang terjadi adalah badan anak-anak kita gemuk tapi tidak bertulang besar. Akibatnya, penis tidak berkembang optimal, apalagi nasi memngandung unsur salah satu enzim yang menghambat penyerapan Zinc dalam tubuh. Kurangnya asupan Zinc ditambah konsumsi nasi dalam jumlah banyak namun kebutuhan akan protein daging-dagingan terbilang minim. Hal ini akan menyebabkan perkembangan penis yang terhambat.

Kebiasaan Celana Dalam
Memakai celana dalam ketat sepanjang hari bukan sesuatu yang baik, cobalah hindari memakai celana terlalu ketat, menggantinya dengan celana pendek dan longgar akan lebih baik bagi pertumbuhan dan peredaran darah disekitar area vital. Cobalah biarkan penis Anda hanya tertutup celana pendek longgar, sehingga perkembangannya lebih optimal.

Faktor Sunat
Jangan sunat pada usia masih dalam pertumbuhan, biarkan kulit penis dan penis berkembang lebih dulu. Usia yang tepat saat sunat antara 13-14 tahun. Sunat pada usia dini membuat kulit penis tertarik yang menyebabkan perkembangannya tidak optimal. Kita bisa mencontoh kebiasaan unik bangsa Afrika yang sejak remaja sampai dewasa selalu memijat penis mereka, sehingga tidak heran bangsa Afrika dikenal sebagai bangsa ber-penis besar.

Jadi bukan ras yang membedakan ukuran penis, tetapi karena 4 faktor di atas. Jadi jangan pernah minder dengan ukuran Anda, kita bisa membiasakan hal ini mulai dari buah hati kita bukan.
READ MORE - Selengkapnya

MENGENAL PENYAKIT ALERGI TERHADAP TELUR

Deskripsi
Telur adalah salah satu penyebab paling umum alergi makanan, terutama pada anak-anak. Alergi telur biasanya terjadi beberapa menit sampai beberapa jam setelah makan telur atau makanan yang mengandung telur.

Gejala
Tiap orang yang menderita alergi telur memiliki gejala berbeda-beda. Gejala tersebut muncul selang beberapa menit sampai beberapa jam setelah makan telur atau makanan yang mengandung telur. Gejala alergi telur antara lain:
- Peradangan kulit atau gatal-gatal
- Alergi asma
- Peradangan hidung alergi (rhinitis)
- Gejala gastrointestinal, seperti kram, mual dan muntah

Perawatan
Satu-satunya cara untuk mencegah alergi telur adalah menghindari telur atau produk telur sama sekali. Hal ini bisa sulit, karena telur adalah bahan makanan umum.
READ MORE - Selengkapnya

TANDA-TANDA KEHAMILAN


Tidak yakin anda hamil mesti haid sudah terlambat seminggu? Meski sudah ada test pack untuk menguji kehamilan, kadang mempercayai perubahan pada tubuh sebagai pertanda kehamilan masihlah cara ampuh. Berikut ada 10 tanda-tanda untuk memastikan hamil-tidaknya Anda? yuk, kita cek:

  1. Puting/payudara lebih lembut
    Jika Anda hamil, Anda akan mengenali bahwa payudara dan putingnya menjadi lebih lembut sekitar tiga pekan setelah pembuahan (saat haid terlambat sekitar seminggu). Mungkin payudara terasa bengkak, serupa dengan saat menjelang haid.
  2. Muncul flek dan kram
    Saat anda hamil, biasanya ditandai dengan munculnya flek pink di celana dalam yang terjadi saat implantasi (manakala embrio menempel di dinding uterus. Hal ini terjadi sekitar 8-10 hari menyusul ovulasi, sedikit lebih awal dibanding datangnya waktu haid). Kadang kita salah mengartikannya sebagai haid, hanya waktunya lebih pendek ketimbang menstruasi normal. Kram juga umum terjadi di awal kehamilan. Sampai kehamilan trimester kedua, kram seperti ini akan muncul. Kontraksi di rahim terjadi secara teratur, meningkat dengan olahraga, orgasme dan bahkan perubahan posisi.

  3. Penggelapan areola
    Pada kehamilan awal, Anda mungkin mengenali daerah areola (daerah gelap yang mengelilingi puting payudara) mulai menjadi lebih gelap dan diameternya membesar. Diyakini bahwa bertambah gelapnya warna areola membantu bayi yang baru lahir menemukan puting untuk menyusu. Anda mungkin juga akan mengenali bahwa vena di payudara menjadi lebih kelihatan karena penegangan payudara.
  4. Lelah berlebihan
    Jika anda hamil, gejala yang paling umum dalam delapan hingga sepuluh minggu pertama adalah rasa lelah. Saat hamil, tubuh mengalami perubahan metabolisme yang signifikan. Seluruh tubuh Anda perlu melakukan penyesuaian terhadap proses baru bertumbuhnya janin. bagi sebagian besar wanita, kelelahan akan pergi saat usia kehamilan 12 minggu.
  5. Mual dan muntah
    Jika Anda hamil, pada awal kehamilan, beberapa hari setelah pembuahan, mungkin akan mengalami morning sickness. Sebenarnya morning sickness ini nama yang salah, karena pada kenyataannya mual dan muntah bisa terjadi kapan saja: pagi, siang, malam.

  6. Sering buang air kecil
    Saat haid terlambat satu hingga dua minggu, mungkin keinginan buang air kecil menjadi lebih sering ketimbang biasanya. Ini karena janin yang tumbuh di rahim menekan saluran urin. Makanya terasa kebelet pipis.
  7. Sembelit
    Buang air besar (BAB) menjadi sulit dan tidak lancar? Ini lazim terjadi pada awal kehamilan. Hormon tambahan yang diproduksi pada masa kehamilan menyebabkan usus halus lebih lentur dan menjadi kurang efisien.
  8. Naiknya temperatur basal tubuh
    Nah, bisa dipastikan anda hamil jika suhu basal tubuh meningkat, saat masa haid yang harusnya datang terlewat. dan tidak turun ke level sebelum terjadi ovulasi. Saat terjadinya pembuahan, ovum dibuahi di tuba falopii, dan membutuhkan sekitar seminggu untuk ke rahim, dimana ovum terbuahi akan menempel di sana.
  9. Haid tak datang.
    Ini pertanda awal kehamilan, apalagi jika haid terbiasa teratur. Dikombinasikan dengan tanda-tanda positif di atas, kemungkinan besar Anda memang hamil.
  10. Tes kehamilan.
    Jika Anda ingin memastikan kebenarannya, lakukan dengan test pack yang bisa dibeli bebas di apotek. Tes urin akurat untuk kehamilan usia 10-14 hari. Ingat, test kehamilan yang bisa dilakukan di rumah itu belum tentu 100% benar, bahkan setelah melalui cek darah sekalipun. Jika semua tes hasilnya negatif, sementara Anda merasa seperti hamil, lakukan tes lagi. Kali ini ke dokter kandungan.

READ MORE - Selengkapnya

KINI CACING DAPAT DIGUNAKAN SEBAGAI JAMU dan OBAT


Sebagian orang merasa jijik pada cacing tanah. Jangan salah, ternyata dibalik tubuhnya yang licin itu, cacing tanah menyimpan banyak khasiat. Kenyataannya, banyak orang yang mengonsumsinya untuk menyembuhkan beberapa penyakit, tanpa efek, sehingga aman dikonsumsi.


Menurut pengalaman orang-orang yang pernah mengalami demam atau suhu badan yang tinggi, dengan mengonsumsi ramuan ekstra cacing tanah gangguan mereka pun membaik.

TINGGI PROTEIN
Menurut penelitian yang pernah dilakukan bahwa cacing tanah adalah sumber protein sangat tinggi. Cacing tanah juga mengandung beberapa asam amino dengan kadar yang tinggi. Salah satunya, cacing Lumbricus Rubellus mengandung kadar protein sangat tinggi sekitar 76%. Kadar ini lebih tinggi dibandingkan daging mamalia (65%) atau ikan (50%).


Beberapa penelitian telah membuktikan adanya daya antibakteri dari protein hasil ekstrasi cacing tanah yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri gram negatif Escherichia coli, Shigella dysenterica, Staphylococcus aureus dan Salmonella thypi.

MANFAAT CACING
Khasiat cacing tanah berdampak pada organ-organ penting tubuh. Beberapa khasiat dari cacing tanah adalah:


  • Sembuhkan Typus

  • Menurunkan kadar kolesterol

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

  • Meningkatkan nafsu makan

  • Mengobati infeksi saluran pencernaan seperti typus, disentri, diare, serta gangguan perut lainnya seperti maag

  • Mengobati penyakit infeksi saluran pernapasan seperti: batuk, asma, influenza, bronchitis dan TBC

  • Mengurangi pegal-pegal akibat keletihan maupun akibat reumatik

  • Menurunkan kadar gula darah penderita diabetes

  • Mengobati wasir, exim, alergi, luka dan sakit gigi.
READ MORE - Selengkapnya

MUNCULNYA RASA SAKIT ADALAH DARI PIKIRAN

Taukah anda kalau ada seseorang yang sampai memerlukan obat penghilang rasa sakit hanya untuk sekedar duduk dikursi dokter gigi karena sudah ketakutan membayangkan rasa sakit yang akan dialaminya ketika giginya ditambal, dan bagaimana mungkin para pemain rugby dapat terus bertanding meski dengan tulang lengan yang patah.

Lorimer Moseley seorang pengajar di Sydney University telah bertahun-tahun mempelajari masalah seperti ini, dalam proyek penelitiannya yang terbaru, moseley dan rekannya menemukan kalau ukuran luka pada anggota badan yang sakit dapat mempengaruhi persepsi mengenai rasa sakit itu. Jadi dalam uji cobanya mereka melakukan uji coba pada 10 orang dengan keluhan yang sama yaitu luka memar dilengan, sebagian luka tersebut dibuat seakan-akan terlihat parah akibatnya pasien merasa sakit menjadi lebih kuat, sedang sebagian pasien yang lukanya direkayasa hingga tidak terlalu terlihat bengkak, pasien merasa tidak terlalu sakit lagi. hal ini menjelaskan bahwa otak menanggapi masukan dan bertindak sesuai dengannya.

Jadi, kalau kepala anda terbentur keras, jangan melihat kecermin dan terpana dengan pembengkakan yang terjadi, agar tidak terasa sakit pikirkan tidak ada pembengkakan sama sekali.

Sumber : Kompas

READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT ARRHENOBLASTOMA OVARIUM


Deskripsi
Arrhenoblastoma ovarium adalah tumor ovarium yang mengeluarkan testosteron.

Gejala
Tumor ini mengeluarkan hormon laki-laki yang menyebabkan perubahan jenis kelamin sekunder pada wanita, termasuk:
- suara dalam
- rambut pada wajah dan tubuh meningkat
- peningkatan ukuran dari klitoris
- kebotakan seperti laki-laki

Perawatan
Pembedahan adalah pengobatan utama penyakit ini. Jika kanker telah menyebar, kemoterapi atau terapi radiasi harus dipertimbangkan.

Sumber: healthcenter
READ MORE - Selengkapnya

MENGENAL PENYAKIT ALERGI TERHADAP NIKEL

Deskripsi
Alergi nikel adalah salah satu penyebab paling umum dari alergi kontak dermatitis--gatal ruam yang muncul saat kulit normal bersentuhan dengan zat berbahaya.

Umumnya alergi nikel berkaitan dengan anting-anting dan perhiasan untuk tindikan tubuh lainnya. Tapi nikel juga ditemukan di berbagai peralatan sehari-hari--dari koin untuk kalung gesper hingga bingkai kacamata. Alergi nikel dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia. Seseorang dapat mengalami alergi nikel setelah satu bersentuhan dengan nikel abaik secara berulang atau dalam jangka waktu lama.

Gejala
Reaksi alergi seperti kasus kesalahan identifikasi yang dilakukan sistem kekebalan tubuh. Biasanya, sistem kekebalan tubuh bereaksi untuk melindungi tubuh terhadap bakteri, virus atau zat-zat beracun. Pada penderita alergi, nikel diidentifikasi oleh sistem kekebalan tubuh sebagai zat yang membahayakan. Setelah tubuh bereaksi terhadap agen tertentu (alergen) - dalam hal ini, nikel - sistem kekebalan akan selalu peka terhadap hal itu. Ketika anda kontak dengan nikel, sistem kekebalan tubuh merespon dan menghasilkan respons peradangan.

Gejala
- Benjolan pada kulit
- Gatal, yang mungkin berat
- Kemerahan atau perubahan warna kulit
- Kering bercak kulit yang dapat menyerupai luka bakar
- Lepuh dan pengeringan cairan dalam kasus yang berat

Perawatan
Tidak ada obat untuk alergi nikel. Setelah tubuh begitu peka terhadap nikel, akan timbul ruam (kontak dermatitis) setiap kali anda kontak dengan logam. Sekali reaksi alergi terhadap nikel eksposur telah dimulai, kemungkinan besar akan berlanjut selama dua hingga empat minggu. Obat yang dapat membantu penderita mengatasi gejala antara lain: Krim kortikosteroid, Oral kortikosteroid, atau Antihistamin oral.

Sumber: mayoclinic.
READ MORE - Selengkapnya

TENTANG PENYAKIT PARINAUD SYNDROME


Deskripsi
Parinaud Syndrome merupakan masalah mata yang mirip dengan konjungtivitis ("mata merah"). Biasanya hanya mempengaruhi satu mata dan disertai dengan dekatnya pembengkakan kelenjar getah bening dan penyakit dengan demam. Paraniaud Syndrome disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur, atau parasit. Penyebab paling umum adalah tularemia (demam kelinci).

Tularemia dapat menginfeksi mata langsung baik dengan masuknya bakteri ke dalam mata (di jari atau benda lain), atau dengan tetesan-tetesan udara yang membawa bakteri, dan kemudian mendarat di mata. Penyakit infeksi lainnya dapat menyebar dengan cara yang sama, atau melalui aliran darah ke mata.

Gejala
- Mata merah
- Demam
- Rawan robek
- Pembengkakan kelenjar getah bening di dekat mata (sering di depan telinga)

Perawatan
Perawatan tergantung pada penyebab infeksi. Pemberian antibiotik dapat membantu meringankan gejala. Sedangkan pembedahan diperlukan untuk membersihkan diri jaringan yang terinfeksi.

Sumber: medlineplus dan UMM.
READ MORE - Selengkapnya

CARA MUDAH MENGHILANGKAN JERAWAT

Jerawat nangkring di muka kita? Jangan bete dulu. Pergi saja ke dapur Anda barangkali ada sesuatu yang bisa Anda raih untuk mengobati jerawat yang muncul tanpa diundang. Memang tidak ada resep yang cespleng seketika menghilangkan jerawat, tetapi kalau ada obat yang bisa dengan mudah kita raih, mengapa repot-repot membeli obat yang mahal?

Lihat misalnya, apakah di dapur kita ada jeruk nipis. Jeruk nipis sebagaimana disampaikan dalam artikel yanni-haryani.com, bisa menghilangkan jerawat dengan effektif asal kita rajin memakainya sebanyak 2-3 kali sehari. Caranya oleskan jeruk nipis yang sudah dipotong tipis-tipis kie wajah kita. Jeruk nipis bisa diandalkan untuk menghilangkan jerawat karena mengandung beberapa zat kimia yang bisa menghilangkan jerawat seperti linalin asetat, geranil asetat, sitral, asem sitrat dan limonene.

Selain jeruk nipis, Anda juga bisa menggunakan tomat. Tomat juga bisa untuk mengusir jerawat karena banyak mengandung vitamin A, B1 dan C serta mengandung zat besi dan belerang, protein juga kalsium. Tomat yang dipakai yang sudah matang diiris tipis dan dioleskan pada jerawat Anda.
Selain jeruk nipis dan tomat, Anda bisa menggunakan belimbing wuluh. Belimbing wuluh mengandung pectin, tannin, kalsium oksalat, flavonoid, asam ferulat dan asam galat. Bahan -bahan tersebut bisa menghilangkan jerawat. Caranya, belimbing wuluh ditumbuk lalu dicampur dengan garam. Kalau mau lebih ampuh tambahkan air jeruk nipis baru dioleskan pada seluruh jerawat Anda dan lakukan sehari 2-3 kali.

Ada lagi nih. Bisa gunakan mentimun. Mentimun punya khasiat untuk membasmi jerawat juga karena selain banyak mengandung air, vitamin A, B1 dan C, mentimun juga mengandung besi, belerang, kalsium, fosfor, protein, lemak dan saponin. Caranya: potong-potong dan gosokkan menyimun ke wajah yang berjerawat 3 kali sehari. Lebih bagus pilihlah mentimun yang masih muda.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan jerawat dengan obat jerawat tradosional. Anda juga bisa membantu penyembuhan jerawat dari dalam denagn meminum perasan air kunyit.
Obat jerawat tradisional ini gampang didapat dan kelebihannya lebih murah jadi sekali belanja ke pasar bisa ada dua manfaat yaitu untuk diolah jadi makanan dan bisa jadi obat jerawat anda.
Oke, selamat mencoba.
READ MORE - Selengkapnya

MENGENAL DAN MENGETAHUI APA ITU ANTIBIOTIK

Antibiotik dibuat sebagai obat derivat yang berasal dari makhluk hidup atau mikroorganisme, yang dapat mencegah pertumbuhan atau membunuh mikroorganisme lain.
“Antibiotik diperoleh dari hasil isolasi senyawa kimia tertentu yang berasal dari mikroorganisme seperti jamur, actinomycetes, bakteri. Hasil isolasi tersebut dikembangkan secara sintetik kimia dalam skala industri,” kata Budi. Akan tetapi, tidak semua makhluk hidup dapat dijadikan antibiotik, karena antibiotik harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  1. Harus efektif pada konsentrasi rendah.
  2. Harus dapat menghambat pertumbuhan atau membunuh satu atau lebih jenis mikroorganisme.
  3. Tidak boleh memiliki efek samping bersifat toksik yang signifikan.
  4. Harus efektif melawan patogen.
  5. Harus dapat disimpan dalam jangka waktu lama tanpa kehilangan aktivitasnya.
  6. Harus dapat dieliminasi dari tubuh secara sempurna setelah pemberian dihentikan.
  7. Harus bersifat sangat stabil agar dapat diisolasi dan diproses dalam dosis yang sesuai, sehingga segera dapat diserap tubuh.

Selain dapat merusak gigi dan tulang, pemberian antibiotika yang tidak rasional pada si kecil dapat menyebabkannya kebal pada bakteri ‘jahat’. Antibiotika sudah tak asing lagi di telinga. Bahkan, dengan ringannya kita mengkonsumsinya untuk mengobati penyakit, seperti flu atau radang tenggorokan.

Benarkah antibiotika itu seringan dugaan kita? Organisme yang dapat dibunuh antibiotika adalah jasad renik seperti bakteria, kuman, dan parasit. Tetapi virus tidak dapat dibunuh dengan antibiotika, karena bukan benda hidup.

“Virus membutuhkan sel hidup untuk berkembang biak, oleh karena itu virus tidak bisa dibunuh antibiotika,” ujar Dokter kesehatan anak, Dr Purnamawati Sujud Pujiarto, SpAK,MMPed.
Virus yang ada di lingkungan sekitar kita pada dasarnya tidak berkembang biak dan tidak berbahaya. Namun, ketika tersapu tangan kemudian memegang hidung atau mulut, virus akan terbawa masuk ke dalam tubuh lalu menggunakan perangkat hidup manusia untuk berkembang biak.

“Selama ini banyak anggapan bahwa penyakit yang disebabkan oleh virus, misal flu atau pilek diobati dengan mengkonsumsi antibiotika. Padahal tidak seperti itu,” ujar lulusan FKUI ini.
Oleh karena itu, orang tua harus memiliki pengetahuan dasar kesehatan anak, misalnya batuk-pilek ringan yang disebabkan virus tidak memerlukan antibiotika. Penyakit yang disebabkan oleh virus itu tidak ada obatnya. Jadi kapankah saat yang tepat memberikan antibiotika pada anak?

Pemberian Antibiotika
Sebenarnya, tubuh kita sudah memilki sistem kekebalan (imun) alami untuk menangkal penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Sel-sel darah putih bertugas membunuh bakteri yang merugikan, tetapi ada kalanya sistem imun menurun. Ketika tubuh diserang oleh kuman ‘jahat’ lalu sistem imun melemah kemudian timbul infeksi, di saat inilah tubuh membutuhkan antibiotika.

“Karena daya tahan menurun, bisa terjadi sekunder infeksi karena bakteri jadi lebih mudah masuk ke dalam tubuh,” kata farmakolog, Dr Yati Harwati Pujiarto, SPAK.
Penggunaan antibiotika harus disesuaikan dengan jenis bakteri atau kumannya. Karena antibiotika bersifat membunuh semua bakteri dalam tubuh, maka jika tak ada bakteri ‘jahat’ dalam tubuh sebaiknya tidak mengkonsumsinya. Seorang peneliti dari Harvard University, menemukan bahwa banyak sekali kuman dan bakteri yang hidup di alam semesta ini, tapi hanya kurang dari dua persen saja bakteri yang merugikan.

Untuk mengenali penyebab infeksi, sebaiknya dilakukan pemeriksaan yang akurat melalui beberapa tes, salah satunya tes kultur, dengan mengambil spesimen dari bakteri tersebut kemudian dibiakkan. Setelah pemeriksaan, akan diketahui jenis bakteri penyebab infeksi misalnya, kuman gram positif contoh methicillin Stphylococcus aureus, atau kuman gram negatif seperti E coli, Pseudomonas sp untuk memberikan antibiotik yang sesuai.

“Tidak ada antibiotik yang dapat membunuh semua kuman gram positif dan kuman gram negatif.
Ada beberapa antibiotik yang ‘kuat’ menghancurkan kuman gram positif namun agak ‘lemah’ pada kuman gram negatif,” ujar Yati. ‘

Supaya pemberian antibiotika tepat, lanjut Dr Yati, harus diketahui tempat infeksinya atau spektrum aktivitas bakteri. Jika sudah dideteksi asal penyebabnya, maka diperlukan antibiotik spektrum sempit (neuro spectrum), yaitu aktivitas anti bakteri berspektrum sempit, yang mengarah pada tempat penyebab infeksi. Jika infeksi terdapat di beberapa tempat atau sulit terdeteksi maka diberikan antibiotik spekrum luas (broad spectrum).

“Untuk pemberian dosis antibiotik pada anak umumnya disesuaikan dengan berat badan dengan rumus tertentu,” ujarnya.
Pemberian antibiotika spektrum luas tanpa indikasi yang tepat dapat mengganggu flora normal usus berupa bakteri gram positif, bakteri gram negatif, kuman anaerob, serta jamur yang digunakan pada proses pencernaan dan penyerapan makanan dalam tubuh.

Bakteri yang ada di dalam tubuh umumnya menguntungkan, misalnya bakteri pada usus yang membantu proses pencernaan dan pembentukan vitamin B dan K. Pada bayi yang kelebihan antibiotika, bisa mengalami kekurangan vitamin K yang berguna mencegah pendarahan.

Selain itu juga akan menyebabkan anak menderita penyakit diare karena sistem pencernaan terganggu dan iritasi di bagian usus akibat zat-zat kimia dari antibiotik. “Diare disebabkan karena terbunuhnya kuman yang diperlukan untuk pencernaan dan menjaga ketahanan usus, sehingga bakteri ‘jahat’ menguasai tempat tersebut dan merusak proses pencernaan,” jelas Purnamawati.

Akibat lain dari pemberian antibiotika yang tidak tepat adalah timbulnya kuman yang resisten. Setiap mahkluk ciptaan tuhan memiliki kemampuan untuk bertahan (survive) begitupun dengan bakteri atau kuman. Jika jasad renik ini diserang terus menerus maka akan menciptakan suatu sistem untuk bertahan dengan cara bermutasi (mengubah bentuk) sehingga sulit dibunuh antibiotika.

“Jadi semakin sering mengkonsumsi antibiotika, makin tinggi pula tingkat kesuburan kuman-kuman yang menjadi resisten,” ujarnya mengingatkan.

Menurut Purnamawati, Antibiotika sesuai tingkatannya dibagi menjadi lini pertama, membunuh jenis kuman tertentu (paling ringan), lini kedua dan lini ketiga, yaitu antibiotika tergolong berat.
“Sebaiknya penggunaan dimulai dengan pemberian antibiotika lini pertama, jika tidak responsive baru diberikan antibiotika lini kedua,” sarannya. Jika kuman sudah resisten maka anak membutuhkan antibiotika yang tergolong ‘berat’. “Perlu diwaspadai, antibiotika lini ketiga selain lebih mahal juga memiliki efek samping,misalnya alergi (gatal-gatal atau ruam) dan diare,” katanya.

Apa Itu Nosokomial?
Superbugs adalah kuman, virus atau bakteri yang memiliki tingkat kekebalan paling tinggi terhadap antibiotika atau resisten. Anda bisa menemukannya di rumah sakit, karena banyak menggunakan antibiotika maka sedikit banyak dapat mengubah profil kuman ‘biasa’ menjadi superbugs, yang dikenal sebagai penyebab penyakit nosokomial.

“Karena biasanya kuman-kuman di rumah sakit sudah mengenal banyak jenis antibiotik, sehingga menjadi kebal, “ujar Yati.
Nosokomial adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri-bakteri resisten di rumah sakit, dan umumnya diderita oleh pasien yang menginap di RS. Awalnya penderita nosokomial, hanya terinfeksi kuman ‘ringan’ namun setelah diperiksa ternyata penderita mengalami infeksi ‘berat’ yang hanya dapat diatasi antibiotika dosis tinggi.

Penularan kuman di rumah sakit (infeksi nosokomial) terjadi pada sesama pasien atau lewat petugas kesehatan. Namun jangan khawatir, umumnya setiap RS melakukan sistem pengendalian infeksi secara ketat. Perlu diingat antibiotik harus diminum habis sesuai aturan pakainya.

Karena jika kuman belum sempurna dibasmi maka akan resisten. “Kuman akan berkesempatan membentuk enzim khusus untuk melawan antibiotik atau mengubah sistem kerjanya agar tidak bisa dibunuh dengan antibiotika tertentu,” ujarnya.

Dr Yati berpesan, orang tua jangan terlalu berlebihan memberi obat, termasuk antibiotika, pada anak, karena akan menyebabkan keracunan atau terkena penyakit Iatrogenic. “Umumnya sistem sekresi pada anak belum sempurna, penumpukan obat atau antibiotika dapat dengan mudah mengganggu sistem metabolismenya,” terangnya.

Jangan gampang memberikan antibiotika pada anak
Dr Yati Harwati Istiarto, SpAK, MMPed memberikan langkah-langkah yang tepat:

  • Jika anak terkena demam atau flu, beri kompres pada anak untuk menurunkan suhu tubuhnya, konsumsi makanan empat sehat lima sempurna, minum obat antipanas yang biasa dikonsumsi dan perbanyak minum air putih.
  • Jika kondisi anak belum juga membaik selama tiga hari dan disetai kejang-kejang, hubungi dokter secepatnya. “Ada kemungkinan anak terkena infeksi di bagian tertentu, sehingga perlu penanganan lebih lanjut dan pemberian antibiotik,” ujarnya.
  • Jika anak terluka, cukup berikan salep atau obat antiseptik.
  • Jangan lupa membersihkan tangan sebelum makan agar bakteri yang melekat pada tangan tidak terbawa masuk melalui makanan.
  • Jika anak diharuskan mengkonsumsi antibiotika, biasanya dokter memberikan antibiotika kelas ringan yaitu golongan Betalactam seperti penicillin. “Umumnya diberikan jika infeksinya juga tergolong ringan, namun pemberian antibiotik juga disesuaikan dengan jenis bakterinya,” kata Yati.
  • Pada anak usia dibawah sepuluh tahun, hindari mengkonsumsi antibiotika jenis Tetracycllin karena dapat merusak gigi (gigi kuning) dan mengganggu pertumbuhan tulang.
  • Agar tak salah langkah memberikan antibiotika, saat ini informasi mengenai kesehatan bisa Anda dapatkan melalui buku, seminar atau internet yang terpercaya agar Anda lebih rasional dalam bertindak.

Apa Itu Antibiotika?
Antibiotika berasal dari kata anti dan bios dalam bahasa latin yang artinya kehidupan, jadi antibiotika adalah zat yang dapat membunuh atau melemahkan kehidupan jasad renik (jamur, kuman, bakteri, virus).

Menurut Dr Yati Harwati Istiantoro SpFK, Staf pengajar FKUI bagian Farmakologi, Antibiotik memiliki banyak klasifikasi antara lain berdasarkan bahan kimiawi yang dikandungnya seperti golongan penicillin, atau bisa dilihat dari mekanisme kerjanya, apakah antibiotik membunuh bakteri (cidal) atau menghambat perkembangan bakteri.

Sedangkan ditilik dari proses pembuatannya antibiotika dibagi menjadi 3 yaitu, dibuat secara alami, antibiotik berasal dari bagian dari kuman itu sendiri atau jamur jenis tertentu. Secara sintetis, mengambil zat-zat aktif dengan proses reaksi kimiawi. Sedangkan semi sintetis, mengambil bahan secara alami (jamur atau bakteri) lalu melalui proses fermentasi dan kimiawi.
Apa perbedaan antara obat biasa dengan antibiotik? Obat umumnya bekerja aktif pada sel-sel manusia sedangkan antibiotika bekerja membunuh bakteri dan sedapat mungkin tidak menyentuh sel-sel manusia.

“Antibiotik diserap kemudian diedarkan menuju tempat penyebab infeksi, hanya kuman yang dibunuh. Sehingga antibiotika tidak akan berguna jika tubuh tidak terinfeksi, justru malah membunuh bakteri baik dalam tubuh,” papar Yati.

Sumber: Majalah Inspiredkids

READ MORE - Selengkapnya

CARA MENGOBATI KANKER KOLOREKTAL DENGAN TERAPI

DENGAN pola makan yang baik, yaitu mengonsumsi makanan tinggi serat dan tinggi protein, mengurangi konsumsi daging merah dan lemak jenuh yang berasal dari hewani. Anda bisa memperkecil risiko terjangkit kanker kolorektal.

Melakukan olahraga secara rutin, dan menggunakan obat-obat chemoprevention seperti Aspirin dan golongan obat-obat anti-inflamasi non-steroid, juga merupakan langkah pencegahan kanker kolorektal.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, kanker kolorektal adalah kanker yang tumbuh pada usus besar (kolon) atau rektum. Kebanyakan kanker usus besar berawal dari pertumbuhan sel yang tidak ganas atau disebut adenoma, yang pada awalnya membentuk polip.

Polip dapat diangkat dengan mudah namun sering kali adenoma tidak menampakkan gejala apapun, sehingga tidak terdeteksi dalam waktu yang relatif lama dan pada kondisi tertentu berpotensi menjadi kanker yang dapat terjadi pada semua bagian dari usus besar.

Kanker kolorektal ini dapat menyebar keluar jaringan usus besar dan ke bagian tubuh lainnya. Dan di Indonesia sendiri, kini kanker kolorektal mengalami peningkatan yang cukup pesat.

Perdarahan pada usus besar, ditandai dengan ditemukannya darah pada feses saat buang air besar, dan perubahan kebiasaan buang air besar meliputi frekuensi dan konsistensi buang air besar (diare atau sembelit) tanpa sebab yang jelas -berlangsung lebih dari enam pekan- merupakan gejala Anda terjangkit kanker kolorektal.

Gejala kanker kolorektal lainnya juga bisa Anda deteksi sendiri. Bila Anda mengalami penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, sering merasa sakit di perut atau bagian belakang, dan perut masih terasa penuh meskipun sudah buang air besar, bisa jadi Anda positif terjangkit kanker kolorektal.

Bila sudah melakukan pemeriksaan ke dokter, dan hasilnya memang positif. Ada beberapa pilihan terapi untuk mengobati kanker kolorektal. Apa saja? Berikut ini DR dr Aru Wisaksono Sudono SpPD KHOM, ahli kanker terkemuka di Indonesia memaparkannya untuk Anda.

Pembedahan atau operasi

Tindakan ini paling umum dilakukan untuk jenis kanker yang terlokalisir dan dapat diobati.

Radioterapi atau radiasi

Tergantung pada letak atau posisi dan ukuran tumor, radioterapi hanya digunakan untuk tumor pada rektum, sehingga mempermudah pengambilannya saat operasi. Radioterapi juga bisa diberikan setelah pembedahan untuk membersihkan sel kanker yang mungkin masih tersisa.

Kemoterapi

Kemoterapi menghancurkan sel kanker dengan cara merusak kemampuan sel kanker untuk berkembang biak. Pada beberapa kasus kemoterapi diperlukan untuk memastikan kanker telah hilang dan tak akan muncul lagi. Salah satu pilihan kemoterapi yang banyak digunakan adalah Capecitabine (Xeloda), kemoterapi berbentuk tablet yang pertama di dunia.

Capecitabine adalah tablet yang bekerja menyerang sel kanker saja tanpa menimbulkan ketidaknyamanan dan bahaya seperti pada kemoterapi infus konvensional.

Kenapa harus dilakukan kemoterapi?

"Sel kanker tidak bisa mati pada waktunya, mendesak sel-sel sehat, lepas kendali dalam pertumbuhan. Operasi tidak bisa menjamin 1 sel yang ketinggalan, dan tidak terambil. Tidak pernah ada penelitian bersih 100 persen," ujar dr Aru yang menjabat sebagai Ketua Umum Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia dalam acara media workshop ”Kanker Kolorektal” yang diadakan oleh Yayasan Kanker Indonesia di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Terapi Fokus Sasaran (Targeted Therapy)

Salah satu jenis terapi fokus sasaran adalah antibodi monoklonal. Antibodi ada dalam tubuh kita sebagai bagian dari sistem pertahanan tubuh yang disebut sistem kekebalan (sistem imun) yang berfungsi melawan penyebab penyakit seperti bakteri.

Antibodi monoklonal dapat bekerja dengan merangsang sistem kekebalan tubuh alamiah untuk secara khusus menyerang sel kanker. Terapi ini dapat digunakan secara tunggal, atau kombinasi dengan kemoterapi. Salah satu terapi antibodi monoklonal adalah Bevacizumab (dipasarkan dengan nama Avastin) yang bekerja dengan ara menghambat pasokan darah ke tumor sehingga menghambat pertumbuhan tumor, memperkecil ukuran tumor, dan mematikannya
READ MORE - Selengkapnya

MENGOBATI CACAR AIR DAN BEKAS CACAR AIR

Hampir setiap orang pernah mengalami cacar air. Penyakit ini memang tidak pandang bulu, sebab dapat menyerang semua ras, segala umur, laki-laki atau perempuan, baik di daerah perkotaan maupun di pedesaan. Orang kulit putih, hitam dan coklat dapat terkena. Anak-anak, remaja, orang dewasa, semuanya dapat terkena cacar air.


Namun, pada umumnya penyakit ini lebih banyak menyerang anak-anak usia 2-8 tahun. Cacar air bawaan (kongenital) dapat terjadi pada bayi dalam kandungan ibu yang terserang cacar air. Infeksi cacar air pada bayi yang baru lahir dari seorang ibu yang sehat, jarang terjadi.


Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus herpes varicella-zoster dan merupakan penyakit menular. Penularannya dapat melalui kontak langsung dan kontak tidak langsung. Kontak langsung dapat terjadi melalui cairan pernafasan dan kontak langsung dengan kulit penderita. Ruam pada kulit yang mulai merekah dan pecah sangat menular.

Kontak tidak langsung terjadi melalui udara. Menghirup udara yang mengandung kuman virus herpes varicella-zoster dapat menyebabkan seseorang terserang cacar air.

Cacar air dapat membahayakan dan menimbulkan kematian pada penderita kanker dan orang yang mengalami defisiensi sistem imun (penurunan fungsi sistem imunitas/kekebalan tubuh). Turunnya fungsi sistem imunitas tubuh tersebut menyebabkan tubuh tidak mempunyai kekebalan dan sistem ketahanan untuk melawan serangan virus penyebab cacar, sehingga kondisi penderita melemah yang pada akhirnya dapat mengakibatkan sesuatu yang fatal.

Pada anak yang diberi beberapa jenis obat yang berefek pada menurunnya sistem imunitas tubuh, cacar dapat menyebabkan kematian, sebab tubuh tidak mempunyai sistem pertahanan untuk menghancurkan virus penyebab cacar. Penyakit ini juga membahayakan seorang ibu dan bayi yang dikandungnya.

Gejala-gejala cacar air adalah:
  • Munculnya ruam-ruam di kulit
    Cacar air ditandai dengan bintik-bintik merah berupa gelembung berisi gelembung cairan bening yang muncul setelah 24 jam terinfeksi virus herpes varicella-zoster. Bintik-bintik merah yang muncul di kulit penderita disebut dengan ruam. Ruam tersebut biasanya menimbulkan rasa gatal. Bekas ruam yang ditimbulkan itu pada umumnya akan hilang, tetapi ruam yang terkena infeksi dan merusak lapisan kulit biasanya membekas di kulit. Ruam yang terinfeksi akan bernanah. Lalu akan timbul lepuh kemerahan di punggung dan kepala, yang mudah pecah. Pecahnya ruam, menyebabkan cairan keluar dan terbentuklah keropeng. Ruam menyebar ke muka dan jarang ke tungkai dan lengan. Lepuh akan berlanjut 3-4 hari.
    Kadang-kadang dijumpai ulkus (luka) pada membran mukosa mulut, alat genital dan mata. Gatalnya ruam menyebabkan penderita menggaruknya yang menyebabkan infeksi, keropeng dan menimbulkan infeksi baru.

  • Demam, kepala terasa agak sakit dan tidak enak badan

  • Suhu badan meningkat

  • Nafsu makan menghilang

  • Dalam kondisi parah, ruam-ruam dapat muncul di wajah dan anggota gerak, tangan, lengan, kaki dan lain-lain.

Tips untuk mencegah cacar air, antara lain:

  • Menjaga kebersihan badan, pakaian dan lingkungan.
    Pakaian dan lingkungan kotor merupakan sumber dari penyakit. Badan yang kotor akan mudah terinfeksi oleh kuman penyakit.
  • Mengkonsumsi makanan bergizi
    Makanan bergizi membuat tubuh sehat dan berstamina kuat sehingga dapat menangkal serangan infeksi kuman penyakit
  • Menghindari sumber penularan penyakit cacar air
  • Imunisasi vaksin cacar air

Perawatan terhadap penderita cacar air:

  • Mengganti baju penderita setiap hari
  • Menaburkan bedak antigatal pada bagian tubuh yang terkena cacar air untuk mengurangi rasa gatal dan agar ruam menjadi lebih cepat kering.
  • Memisahkan penderita dengan orang yang sehat agar cacar air tidak menular pada yang lain.
  • Mandi dengan menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan obat antigatal setiap hari.
  • Memotong kuku agar tidak menggaruk ruam-ruam pada kulit, sehingga tidak timbul infeksi baru.
  • Memberikan kondisi nyaman pada penderita agar dapat beristirahat dengan nyaman dan mempercepat proses kesembuhan

Kombinasi beberapa tanaman berkhasiat obat dapat diramu menjadi obat tradisional yang dapat mengatasi cacar air. Berikut ini adalah ramuan obat tradisional yang dapat digunakan untuk mengatasi cacar air:


Pemakaian dalam :

Resep 1 :

30 gram temu lawak + 25 gram kencur + 15 gram asam jawa + 15 gram jahe, dicuci dan dipotong-potong, lalu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum 2-3 kali sehari.

Resep 2 :

2 buah mengkudu matang dicuci dan dijus, atau diparut dan diambil airnya, lalu diminum. Lakukan 2-3 kali sehari.

Pemakaian luar :

Resep 1 :

Kunyit + daging buah asam (asam kawak) masing-masing secukupnya ditumbuk halus, tambahkan minyak kelapa secukupnya, dipanaskan sebentar, setelah dingin dioleskan pada bagian kulit yang terkena cacar air.

Resep 2 :

Daun asam dan kunyit masing-masing secukupnya dicuci dan dihaluskan, lalu dipakai untuk mengoles kulit yang gatal karena cacar air.
Catatan: untuk perebusan gunakan periuk tanah atau panci enamel atau panci kaca.

READ MORE - Selengkapnya

MENGENAL PENYAKIT FIBROID RAHIM


Deskripsi
Fibroid rahim adalah pertumbuhan non kanker di dinding rahim. Fibroid dapat terjadi dalam berbagai ukuran dari mikroskopis hingga sebesar semangka.

Pada kondisi normal, fibroid? berupa gumpalan bulat, terbuat dari otot, mengelompok di dinding rahim. Biasanya fibroid tumbuh sangat lambat dalam dinding rahim. Mereka tumbuh lebih besar akibat peningkatan kadar estrogen, salah satu hormon wanita.

Beberapa kondisi menyebabkan peningkatan tingkat estrogen dan dengan demikian memberikan kontribusi pada pertumbuhan fibroid. Kondisi tersebut meliputi:
• terapi penggantian hormon untuk menopause
• kontrasepsi oral, atau pil KB
• kehamilan

Setelah menopause, fibroid mungkin menyusut atau hilang sama sekali.

Gejala
Kebanyakan wanita tidak mempunyai gejala fibroid rahim. Gejala tergantung pada jumlah, ukuran, dan lokasi fibroid. Beberapa gejala umum antara lain:
• menstruasi yang berkepanjangan
• anemia, jumlah sel darah merah rendah
• perdarahan antara periode
• dispareunia, atau hubungan seksual yang menyakitkan
• sering buang air kecil, disebabkan oleh tekanan tumor pada kandung kemih
• sakit atau tekanan di perut bagian bawah atau punggung bawah

Pencegahan
Kondisi ini terkadang tidak memerlukan pengobatan. Kadang-kadang, digunakan obat untuk mengecilkan tumor dengan mengurangi tingkat estrogen dalam darah. Pengobatan tersebut hanya solusi sementara, karena fibroid tumbuh kembali saat pengobatan dihentikan.

Sumber: discovery health
READ MORE - Selengkapnya

DIET SEHAT DENGAN MAKAN BUAH-BUAHAN

Kini banyak program diet yang menawarkan hasil tubuh sehat dan langsing. Namun, hati-hati dalam memilih program diet yang tepat, karena impian tubuh sehat dan langsing bisa hilang akibat salah memilih program diet.

Dalam memilih program diet, membatasi konsumsi satu kelompok makanan tertentu seperti hanya mengonsumsi buah dan sayur saja juga tidak sehat. Karena tubuh akan kekurangan zat lainnya yang diperlukan seperti protein, karbohidrat, dan lainnya. Oleh karena itu, diet dengan buah-buahan juga harus diimbangi asupan nutrisi lainnya.

Mengonsumsi buah-buahan
Salah satu program diet yang aman bagi tubuh adalah diet dengan lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah segar. Program ini jauh lebih baik karena dari sayuran dan buah segar banyak ditemukan fiber atau serat sebagai komponen makanan yang penting untuk diet. Konsumsi buah dan sayuran dalam jumlah tinggi itu dapat pula menghindarkan manusia dari serangan jantung dan kanker.


Daftar 10 buah-buahan yang bermanfaat bagi kesehatan dan kandungan nutrisinya:
  1. Apel
    Apel mengandung karbohidrat terutama ketika sedang tumbuh dan kaya pectin (sejenis serat). Apel mengandung flavonol yang disebut quercetin yang dalam beberapa penelitian memiliki bahan antikanker. Quercetin juga mengandung bahan antiradang sehingga bermanfaat bagi penyakit seperti arthritis. Sedangkan kandungan gizinya, apel mengandung vitamin C tapi tidak sebanyak buah jeruk.
  2. Stroberi
    Stroberi mengandung ellagic acid sebagai antioksidan. Dalam beberapa penelitian ellagic acid terbukti dapat menghalangi pertumbuhan tumor dalam paru-paru, osephagus, payudara, cervix dan lidah. Sebagai obat tradisional, stroberi diyakini memiliki antibakteri dan digunakan sebagai pembersih sistem pencernaan. Stroberi banyak mengandung vitamin C.
  3. Pisang
    Pisang merupakan sumber vitamin B6 yang dibutuhkan untuk membuat serotonin dalam otak. Serotonin berfungsi mengurangi rasa sakit, menekan nafsu makan, dan membuat merasa relaks dan mengurangi ketegangan. Sebagai obat tradisional, pisang digunakan untuk menyembuhkan bisul perut. Tidak seperti buah-buahan lain, pisang mengandung banyak karbohidrat, sedikit mengandung karotin dan vitamin C namun kaya potasium.
  4. Melon
    Melon mengandung gula yang tinggi dan lycopene yang berfungsi sebagai antikanker. Melon merah dan oranye juga mengandung carotenoid yang dapat melindungi sel tubuh terhadap kerusakan free radical dan dapat juga diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Melon merupakan sumber carotenoid dan juga mengandung vitamin C.
  5. Jeruk
    Jeruk mengandung phytochemical yang disebut hesperidin yang berfungsi sebagai antioksidan. Jeruk juga sumber pectin yang berfungsi menurunkan tekanan darah dan termasuk buah rendah serat namun sumber vitamin C dan folate.
  6. Mangga
    Mangga mengandung carotenoid yang disebut beta crytoxanthin, sebuah antioksidan yang dapat melindungi terhadap beberapa jenis kanker seperti kanker usus dan kanker tulang tengkuk. Mangga termasuk buah yang kaya carotenoid, serat, dan vitamin C.
  7. Kiwi
    Kiwi mengandung pigmen yang disebut chlorophyll yang memberikan buah tersebut warna hijau. Kiwi dapat diubah menjadi sebuah senyawa yang memiliki kemampuan mengikat kanker. Satu buah kiwi sudah cukup untuk memenuhi persyaratan konsumsi vitamin C orang dewasa.
  8. Plum
    Plum mengandung phytochemical yang disebut ferulic acid, yang memiliki senyawa antikanker. Penelitian menujukkan banyak konsumsi ferulic acid dapat membantu menurunkan risiko kanker usus. Plum merupakan buah yang kaya serat dan potasium.
  9. Anggur
    Kulit anggur mengandung phytochemical yang disebut resveratrol yang terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung, antikanker, antibakteri, dan mengandung antioksidan. Anggur memiliki kandungan serat dan vitamin C yang rendah.
  10. Nanas
    Nanas mengandung enzim bromelain yang memiliki kemampuan untuk menguraikan protein. Nanas sering dipakai sebagai bahan pelunak daging selain berguna membantu pencernaan, menguraikan pembekuan darah, mencegah sinusitis, dan infeksi saluran kencing. Nanas merupakan sumber vitamin C dan serat serta mengandung kadar gula yang tinggi.

Lima kesalahan yang biasa dilakukan saat melakukan program diet

  1. Menjarangkan makan pagi
    Sarapan dengan memilih makanan tepat di pagi hari sangat penting bagi tubuh untuk menyuplai energi yang diperlukan untuk menghadapi rutinitas pagi agar terhindar dari mengonsumsi makanan ringan bergula atau berlemak ketika merasa lapar.

  2. Makanan bebas lemak berlebihan
    Sebenarnya makanan bebas lemak tidak berarti makanan itu mengandung kalori rendah.

  3. Konsumsi salad
    Salad mengandung kalori yang tinggi seperti halnya hamburger apalagi bila sayuran itu ditutupi dengan keju, roti kering, dan kuah berlemak tinggi.

  4. Memilih jus dibanding apel atau jeruk
    Mengonsumsi buah-buahan segar jauh lebih baik karena banyak ditemukan fiber atau serat sebagai komponen makanan yang penting untuk diet.

  5. Mengetatkan konsumsi kalori
    Rata-rata tubuh membutuhkan 1.200 sampai 1.500 kalori setiap hari untuk bisa berfungsi. Jika dilakukan pengetatan kalori, akan memperlambat metabolisme tubuh yang berakibat menimbulkan masalah kesehatan seperti anemia.
READ MORE - Selengkapnya

MENGENAL TOKSOPLASMA DAN GEJALANYA

Apa toksoplasma dan hewan apa yang bisa terjangkit?
Toksoplasma adalah penyakit yang diakibatkan oleh parasit Toksoplasma gondii, yang dapat ditularkan oleh kucing. Namun tak hanya kucing yang dapat menjadi dalang penyebaran penyakit toksoplasma. Toksoplasma dapat menyerang semua jenis satwa, termasuk burung, ikan, kelinci, anjing, babi, kambing dan mamalia lain, bahkan manusia.

Parasit ini juga bisa terdapat pada daging setengah matang, telur setengah matang, buah-buahan atau sayuran yang tercemar tinja hewan peliharaan yang mengandung oosit toksoplasma, salah satu bentuk toksoplasma yang dapat menimbulkan infeksi.

Toksoplasma dalam bentuk tachizoit terdapat dalam cairan tubuh seperti darah, air liur, dan cairan sperma, yang mampu ditularkan oleh serangga lewat gigitan. Tachizoit pun bisa bersarang di calon telur atau kelenjar susu sehingga tidak menutup kemungkinan telur dan air susu pun bisa tertular toksoplasma.

Penularan juga bisa terjadi lewat transfusi darah atau transplantasi organ yang membawa kista toksoplasma. Cangkok jantung, ginjal, dan hati bisa menjadi ajang penularan toksoplasma.
Apakah Toksoplasma Berbahaya?
Pada dasarnya manusia resisten (kebal) terhadap infeksi toksoplasma. Walaupun terinfeksi (kuman masuk ke dalam tubuh), itu tidak menimbulkan gejala penyakit. Jika tubuh kuat, maka parasit yang diidap hanya diam tenang tidak menimbulkan gejala penyakit. Kista akan menimbulkan gejala sakit jika kondisi tubuh lemah, kekebalan tubuh menurun, kekurangan gizi, dan dalam keadaan stres. Kista pada jaringan tubuh dapat merusak organ.

Apa benar yang satu ini hanya menyerang wanita hamil?
Tidak benar! Toksoplasma dapat menyerang siapa saja tanpa memandang jenis kelamin dan umur. Sebagian besar orang yang terinfeksi toksoplasma telah membentuk kekebalan tubuh sehingga parasit toksoplasma tidak berkembang dan terbungkus dalam kista.
Apa akibatnya jika wanita hamil mengidap Toksoplasma?
Berdasarkan beberapa hasil penelitian, sekitar 40 persen wanita hamil pengidap toksoplasma pada awal kehamilan, janin yang dilahirkan akan terinfeksi, dan 15 persen mengalami abortus atau kelahiran dini. Sebanyak 17 persen janin terinfeksi pada trimester pertama, 24 persen pada trimester kedua, dan 62 persen pada trimester ketiga.

Hasil penelitian lain juga mengatakan bahwa 90 persen bayi yang terinfeksi dapat lahir dengan normal, walaupun 80-90 persen bayi tersebut dapat menderita gangguan penglihatan sampai buta setelah beberapa bulan atau beberapa tahun setelah lahir, dan 10 persen dapat mengalami gangguan pendengaran.

Toksoplasma pada bayi dapat menyebabkan kelainan pada saraf, mata, serta kelainan sistemik seperti pucat, kuning, demam, pembesaran hati dan limpa atau pendarahan. Gangguan fungsi saraf dapat mengakibatkan keterlambatan perkembangan psikomotor dalam bentuk retardasi mental (gangguan kecerdasan maupun keterlambatan perkembangan bicara), serta kejang dan kekakuan yang akhirnya menimbulkan keterlambatan perkembangan motorik.

Infeksi pada bayi juga berpotensi menyebabkan cacat bawaan, terutama bila terjadi pada usia kehamilan awal sampai tiga bulan. Toksoplasma juga dapat menyebabkan encephalus (tidak memiliki tulang tengkorak), hydrocephalus (pembesaran kepala), dan bahkan kematian.
Apakah bisa diobati?
Toksoplasma bisa diobati. Dengan pemeriksaan dan pengobatan secara dini, penularan pada bayi akan bisa ditekan seminimal mungkin. Selain itu, pengobatan dini yang tepat saat awal kehamilan akan menurunkan secara signifikan kemungkinan janin terinfeksi. Temui dokter anda untuk mendapatkan Spiramycin atau pyrimethamine plus sulfadiazine.
Gejala gejala yang dialami oleh seseorang yang mengidap Toksoplasma?
80 – 90 % orang normal tidak menunjukkan gejala. hanya 10-20 persen menunjukkan gejala. Pada orang dewasa toksoplasma biasanya menimbulkan gejala berupa :
1. Rasa lelah
2. Flu
3. Nyeri kepala
4. Sakit tenggorokan
5. Demam
6. pembesaran kelenjar getah bening termasuk hati serta limpa,
7. gangguan pada kulit

Gejalanya biasanya ringan dan sembuh sendiri dalam beberapa bulan. kebanyakan orang akan menganggap bahwa dia terkena flu ringan dan tidak perlu pergi ke dokter. kalau toh pergi juga, dokter pun sangat jarang yang berpikir kearah infeksi toksoplasma.

Bagaimana untuk mengetahui apakah kita mengidap Toksoplasma atau tidak?
Salah satunya dengan melakukan tes laboratorium yang disebut TORCH. Yaitu pemeriksaan melalui 4 jenis tes, parasit TOxoplasma, virus Rubella, Cytomegalovirus (CMV), dan virus Herpes. Masing2 ada tes IgM dan IgG nya.
Gimana cara membaca hasilnya?
  1. Periksalah serum untuk mencari ada tidaknya IgG spesifik untuk parasit/virus TORCH. Bila hasilnya NEGATIF, berarti Anda tidak pernah terinfeksi TORCH. Bila POSITIF, berarti pernah terinfeksi. Note: (periksa Anti-Toxoplasma IgG, Anti-Rubella IgG, Anti-CMV IgG, Anti-HSV2 IgG). Tes IgG itu untuk meriksa apakah pada masa lalu si pasien pernah kena infeksi.
  2. Bila IgG POSITIF, maka untuk menentukan kapan infeksi tersebut, Anda harus melakukan pemeriksaan serum untuk mencari ada tidaknya IgM parasit/virus TORCH. Tes IgM ini fungsinya untuk memeriksa apakah saat ini si pasien terinfeksi TORCH.
  3. Bila IgG Positif dan IgM Negatif : Anda telah terinfeksi lebih dari setahun yang lalu. Saat ini anda mungkin telah mengembangkan kekebalan terhadap parasit itu. Anda tidak perlu khawatir untuk hamil.
  4. Bila IgG Positif dan IgM juga Positif: Anda tengah mengalami infeksi dalam 2 tahun terakhir. (mungkin pula ada false pada hasil IgM). Anda harus catat berapa angka IgM tersebut.
  5. Selanjutnya Anda harus melakukan lagi pemeriksaan IgM (kalau perlu sekalian IgG) setelah 2 minggu dari pemeriksaan pertama.
  6. Bila IgM tetap Positif atau malah naik angkanya, berarti anda sedang terinfeksi TORCH. Sebaiknya anda sembuhkan dulu infeksi ini baru kemudian mulai hamil.

Pencegahan

  1. Lakukan pemeriksaan terhadap binatang peliharaan anda di rumah, seperti kucing, burung, ikan, kelinci dan anjing untuk mengetahui apakah mereka memiliki infeksi aktif atau tidak. Jika binatang peliharaan anda ternyata memiliki infeksi aktif, titipkan mereka ke tempat pemeliharaan atau pada teman sekurang kurangnya selama 6 minggu (yaitu di mana masa infeksi dapat ditularkan). Jika mereka bebas dari infeksi, biarkan mereka seperti biasanya dengan tidak membiarkan mereka memakan makan daging mentah, pergi keluar rumah, memburu tikus atau burung, atau bermain dengan bintang lain.
  2. Mintalah seseorang untuk membersihkan kandang dan kotorannya. Bila anda harus melakukannya sendiri, gunakan sarung tangan dan cuci tangan anda setelah selesai. Kandang harus dibersihkan setiap hari karena oosit yang memindahkan penyakit akan sangat menular dengan berjalannya waktu.
  3. Gunakan sarung tangan jika anda berkebun. Jangan berkebun di tanah yang terkena kotoran kucing, juga jangan biarkan anak bermain di pasir yang terkena kotoran kucing.
  4. Cuci buah dan sayur terutama yang ditanam sendiri dengan sabun pencuci piring, bilas bersih bersih.
  5. Jangan makan daging mentah atau daging yang kurang matang atau susu yang tidak dipasteurisasi. Bila anda ke restoran pesanlah daging yang matang penuh.
  6. Termometer daging yang anda masak atau rebus. Minimal harus menunjukan 70ยบ C. (Kista ini di lingkungan dapat hidup sampai beberapa bulan. dan dia tahan terhadap desinfektan, freezing, and drying. tapi dia akan mati pada suhu 70 derajat C dalam 10 menit).
  7. Jika anda sedang hamil lakukan pemeriksaan rutin untuk menghindari dan mengatisipasi jika terkena toksoplasma.

Dimana bisa melakukan tes TORCH?
Di semua laboratorium swasta dan Rumah Sakit dapat dilakukan test TORCH.

Bagaimana dengan Harganya?

Harga di bawah ini adalah harga yang didapat dari Prodia
1. Anti-Toxoplasma IgM: Rp. 140.000
2. Anti-Toxoplasma IgG: Rp. 150.000
3. Anti-CMV IgM: Rp. 215.000
4. Anti-CMV IgG: Rp. 145.000

READ MORE - Selengkapnya

WANITA TIDAK MENGALAMI MENSTRUASI MUNGKIN TERKENA PENYAKIT AMENORE

Deksripsi
Amenore adalah kondisi di mana seorang wanita tidak mengalami menstruasi-- meskipun berdasarkan periode mentruasi seharusnya wanita tersebut mengalami menstruasi. Ada dua jenis amenore: amenore primer dan amenore sekunder. Amenore primer tidak mengacu pada periode menstruasi pada usia 16 tahun. Amenore sekunder terjadi bila sebelumnya tidak menstruasi, tetapi kemudian berhenti setelah periode. Jika wanita secara seksual aktif dan sehat, kehamilan adalah alasan yang paling mungkin terlambat haid. Tapi jika tidak, perlu segera mendapatkan perawatan.

Selain kehamilan, ada banyak penjelasan lain yang mungkin menyebabkan amenore. Tanda dan gejala amenore jarang akibat kondisi penyakit yang serius. Ada beberapa kemungkinan penyebab amenore:

Penyebab Amenore Sekunder
* Kehamilan
* Kontrasepsi
* Menyusui
* Stres
* Obat-obatan
* Ketidakseimbangan hormon
* Berat badan rendah
* Olahraga berlebihan
* Kerusakan tiroid
* Masalah di jaringan rahim
* Ketidakcukupan ovarium primer.

Penyebab Amenore Primer
* Kelainan kromosom
* Masalah hipotalamus
* Hipofisis
* Kurangnya organ reproduksi
* Struktural abnormal pada vagina

Gejala
Indikasi utama amenore adalah bahwa seseorang tidak memiliki periode menstruasi:
* Tidak mengalami periode menstruasi pada usia 16 tahun.
* Pada amenore sekunder, tidak mengalami menstruasi selama tiga sampai enam bulan atau lebih.

Perawatan
Pengobatan tergantung pada penyebab amenore. Dokter mungkin menyarankan melakukan perubahan pada gaya hidup, berat badan, aktivitas fisik atau tingkat stres. Sedangkan pada Amenore tiroid atau disebabkan oleh gangguan hipofisis dapat diobati dengan obat-obatan.

Sumber: mayoclinic.
READ MORE - Selengkapnya

BAGAIMANA JIKA ALERGI TERHADAP KEDELAI

Deskripsi
Produk olahan kedelai adalah salah satu makanan umum yang dapat menyebabkan alergi pada anak-anak. Dalam banyak kasus alergi kedelai dimulai dengan suatu reaksi terhadap kedelai berbasis susu formula.

Meskipun sebagian besar anak-anak yang mengalami alergi kedelai pada umur 3 tahun, alergi kedelai juga dapat terjadi pada orang dewasa.

Pada kebanyakan kasus tanda-tanda dan gejala alergi kedelai ringan. Dalam kasus yang jarang terjadi, dapat menyebabkan alergi kedelai yang mengancam kehidupan reaksi alergi (anafilaksis).

Gejala
Gejala alergi kedelai dapat termasuk:
* Kesemutan di mulut
* Gatal-gatal, gatal atau eksim
* Pembengkakan pada bibir, wajah, lidah dan tenggorokan, atau bagian lain dari tubuh
* Desah, pilek atau kesulitan bernapas
* Sakit perut, diare, mual atau muntah
* Pusing, kepala ringan atau pingsan

Perawatan
Satu-satunya cara untuk mencegah reaksi alergi adalah menghindari kedelai dan protein kedelai sama sekali. Obat, seperti antihistamin, dapat mengurangi tanda dan gejala alergi kedelai. Obat ini dapat dkonsumsil setelah terkena alergi kedelai atau untuk mengendalikan reaksi dan membantu meringankan ketidaknyamanan akibat alergi.

Sumber: mayoclinic.
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT INFEKSI SALURAN KENCING PADA PRIA DAN WANITA

Deskripsi
Infeksi saluran kencing merupakan penyakit kesehatan yang mempengaruhi jutaan manusia tiap tahun. Wanita sangat rentan terhadap gangguan ini. Namun, lelaki yang mengalami gangguan ini, bisa sangat serius akibatnya.

Pada kondisi normal saluran kemih terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Elemen terpenting adalah ginjal yang berfungsi membuang kelebihan cairan dan limbah darah dalam bentuk urin. Fungsi lain dari ginjal, menjaga keseimbangan antara garam dan zat-zat lain dalam darah serta menghasilkam hormon yang membantu pembentukan sel-sel darah merah.

Infeksi terjadi ketika ada organisme kecil yang berkembang biak di uretra. Uretra adalah tabung yang membawa air seni dari kandung kemih ke luar tubuh. Bakteri yang berkembang tersebut dari jenis Escheruchia coli.

Penderita diabetes lebih beresiko mengalami gangguan ini. Selain itu juga sering terjadi pada anak-anak dan perempuan. Lelaki muda dan dewasa jarang sekali memgalami gangguan ini. Belum diketahui pasti alasan mengapa lelaki jarang mengalami gangguan ini.

Gejala
Penyakit ini jarang sekali menunjukkan gejala khusus. Gejala umumnya antara lain sering buang air kecil, perasaan panas ketika buang air kecil.???

Perawatan
Gangguan ini dapat dirawat dengan obat antibakteri. Pilihan obat sangat bergantung pada hasil tes urin yang menunjukkan jenis bakteri yang mengganggu.

Sumber: medlineplus dan NKUDIC.
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT BULIMIA ATAU GANGGUAN MAKAN YANG KRONIS

Deskripsi
Bulimia merupakan gangguan makan yang kronis. Hal ini ditandai dengan nafsu makan dan kemudian mencoba untuk menghindari kenaikan berat badan. Seseorang dengan bulimia diam-diam makan dengan jumlah banyak dalam waktu singkat. Ironisnya, mereka kemudian menghindari kenaikan berat badan dengan cara:
* berpuasa
* merangsang diri agar muntah
* menggunakan pencahar untuk buang air besar

Bulimia disebabkan oleh faktor psikologis, sosial, dan biologis. Selain itu genetika juga berpengaruh.

Gejala
Gejala Bulimia mecakup:
* amenore
* olahraga berlebihan
* takut gemuk
* perasaan jijik pada diri sendiri
* merangsang diri muntah
* kebiasaan makan yang abnormal

Perawatan
Tidak ada perawatan khusus untuk bulimia. Perawatan dapat dilakukan dengan psikoterapi dan dukungan orang terdekat dengan penderita; keluarga, teman, atau lingkungan sosial lain.

Sumber: detik
READ MORE - Selengkapnya

Penyakit Uropathy Obstruktif terjadi ketika air seni tidak dapat mengalir melalui ureter

Deskripsi
Uropathy Obstruktif terjadi ketika air seni tidak dapat mengalir melalui ureter (tabung yang membawa air seni dari ginjal ke kandung kemih). Urin punggung atas ke ginjal dan menyebabkan menjadi bengkak.

Penyebab umum Uropathy Obstruktif meliputi:
* Batu saluran kemih
* Tumor saluran kemih
* Retroperitoneal fibrosis
* Pembesaran prostat
* Tumor dari organ terdekat
* Kanker usus
* Kanker serviks
* Kanker rahim
* Setiap kanker yang menyebar
* Idiopatik kehamilan

Gejala
Uropathy obstruktif dikelompokkan menurut apakah mempengaruhi satu atau kedua ginjal dan apakah itu terjadi tiba-tiba atau jangka panjang:
  • Urophaty Obstruktif kronis unilateral--uropathy jangka panjang yang mempengaruhi satu ginjal
  • Urophaty Obstruktif kronis unilateral-- uropathy jangka panjang yang mempengaruhi kedua ginjal
  • Urophaty Obstruktif akut unilateral
  • Urophaty Obstruktif akut bilateral

Gejala yang terkait dengan Uropathy Obstruktif bervariasi, tergantung pada apakah obstruksi akut atau kronis, apakah itu unilateral atau bilateral, apakah lengkap atau sebagian, dan apa yang menyebabkannya.

Gejala obstruktif meliputi:
* Nyeri pinggang
* Infeksi saluran kemih
* Demam
* Kesulitan atau sakit saat kencing
* Mual atau muntah
* Gagal ginjal
* Berat badan atau bengkak (edema)
* Urin menurun
* Darah dalam urin

Pengobatan
Ahli medis akan menggunakan tabung Nephrostomy yang berfungsi mengalirkan urin dari ginjal. Meskipun perawataan obstruksi dapat dicapai tanpa operasi, penyebab dari obstruksi harus dibuang dan sistem saluran kemih harus diperbaiki.

Sumber: medlineplus dan healthguide.

READ MORE - Selengkapnya

HIPERTENSI ADALAH PENYEBAB UTAMA TERKENA STROKE

STROKE merupakan penyakit gangguan fungsional otak berupa kelumpuhan saraf (deficit) neurologik akibat gangguan aliran darah pada salah satu bagian otak. Secara sederhana, stroke didefinisi sebagai penyakit otak akibat terhentinya suplai darah ke otak karena sumbatan atau perdarahan.

Memiliki gejala lemas atau lumpuh sesaat atau gejala berat sampai hilangnya kesadaran, dan kematian, stroke bisa berupa iskemik maupun perdarahan (hemoragik). Dengan kondisi itu, sekira 12 juta penduduk Indonesia khususnya yang berusia di atas 35 tahun berpotensi terkena serangan stroke di waktu mendatang.

Menurut ahli saraf Rumah Sakit Dr Sardjito Prof Dr dr Samekto Wibowo PFarK, SpFK (K) SpS (K), dari jumlah tersebut, diperkirakan prevalensi hipertensi sebagai faktor risiko utama yang tidak terkendali masih mencapai 95 persen.

"Dari jumlah itu faktor hipertensi masih terbanyak sebagai penyebabnya mencapai sekira 95 persen," kata Samekto, belum lama ini.

Samekto menambahkan, angka kejadian stroke memang meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Setiap penambahan usia 10 tahun sejak usia 35 tahun memiliki risiko stroke meningkat dua kali lipat. Selain itu, sekira 5 persen orang Indonesia yang berusia di atas 65 tahun juga pernah mengalami setidaknya satu kali stroke.

"Lima persen orang yang berusia di atas 65 tahun setidaknya pernah mengalami satu kali stroke," katanya.

Sementara itu, kepala unit saraf RS dr Sardjito dr Ismail Setyopranoto SpS (K) menambahkan, penyebab stroke ada dua macam meliputi sumbatan (oklusif/iskemik) yang mencapai sekira 80 persen, serta perdarahan (hemoragik) sekira 12 persen.

Ismail mengatakan, selain hipertensi beberapa penyebab lain munculnya stroke adalah kebiasaan merokok, penyakit jantung, drugs (minuman keras), serta obesitas (kegemukan).

"Selain tentu saja faktor-faktor genetik lainnya," tambah Ismail.

Adapun beberapa tanda atau ciri-ciri yang menjelaskan seseorang mulai terserang stroke, yaitu terjadinya kelemahan separuh anggota gerak, kesemutan secara tiba-tiba, kesadaran menurun, afasia (pasien tiba-tiba tak bisa berbicara), mulut pelo, buta setangah lapang pandang, gangguan fungsi intelektual, dan merasakan sensasi berputar.

"Sebaiknya jika sudah ada tanda-tanda itu kurang dari tiga jam harus dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan dan terapi secepatnya," pesan Ismail.
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT PENGELEMBUNGAN DI AORTA ATAU Aneurisma Aorta Abdominalis


Deskripsi
Pada penyakit ini terjadi penggelembungan di aorta yang melewati perut. Penyakit yang satu ini merupakan penyakit keturunan. Penyebab adalah infeksi, kelainan bawaan pada jaringan ikat yang membentuk dinding arteri, selain adanya trauma. Pada anak-anak biasanya diakibatkan cedera tumpul pada perut atau akibat sindrom marfan (kelainan yang mengenai jaringan ikat. Biasanya ditandai dengan langit-langit lidah yang tinggi dan organ tubuh yang menjadi lebih panjang). Aneurisma yang besarnya sampai dengan 5 cm, sangat mungkin akan pecah. Pecahnya gelembung ini bisa menyebabkan pendarahan hebat dalam rongga perut.

Gejala
Gejala yang ditimbulkan biasanya rasa nyeri dan ada denyutan di perut. Nyeri ini rasanya menusuk sampai punggung dan biasanya menetap. Pada pendarahan yang berat, orang tersebut bisa sampai syok.

Pengobatan
Pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan pembedahan. Risiko lain bila aneurisma aorta abdominalis ini sampai pecah adalah terjadinya gangguan pada ginjal. Bila dibiarkan saja atau tidak segera diambil tindakan, maka kemungkinan terburuk yaitu kematian bisa terjadi
READ MORE - Selengkapnya

PENGENALAN PENYAKIT MITTELSCHMERZ PADA WANITA

Deskripsi
Jika seorang wanita kadang-kadang mengalami rasa sakit di salah satu sisi perut bagian bawah dan tidak tahu gejala tersebut, sebaiknya lacak siklus haid. Jika itu terjadi di pertengahan siklus menstruasi- sekitar 14 hari sebelum periode menstruasi berikutnya - kemungkinan besar wanita tersebut mengalami suatu kondisi yang disebut mittelschmerz. Sebuah kata Jerman yang berarti "rasa sakit di pertengahan".

Gejala
Gejala utama mittelschmerz sangat khas, sisi perut bagian bawah terasa sakit atau tidak nyaman. Rasa sakit dapat beralih sisi setiap bulan atau setiap kali terjadi. Mungkin juga bisa dirasakan pada sisi yang sama selama beberapa bulan berturut-turut. Rasa sakit terjadi pada sisi di mana wanita berovulasi.

Rasa sakit biasanya berlangsung beberapa menit sampai beberapa jam, tetapi mungkin terus selama satu atau dua hari. Sakit yang muncul akibat mittelschmerz antara lain:
* Rasa sakit yang terasa seperti kram
* Tiba-tiba sakit dan nyeri
* Pendarahan ringan disertai dengan cairan vagina

Lokasi dan waktu rasa sakit dapat membantu mengidentifikasi mittelschmerz, terutama jika seorang wanita memiliki riwayat itu. Melacak siklus menstruasi selama beberapa bulan terakhir dan catatan atas rasa sakit sangat berguna dalam pelacakan. Jika itu terjadi di pertengahan siklus dan pergi tanpa pengobatan, kemungkinan besar wanita tersebut mengalami mittelschmerz.

Perawatan
Rasa sakit ini tidak berbahaya dan tidak menandakan adanya penyakit. Tidak ada perawatan biasanya diperlukan. Penghilang rasa sakit (analgesik) mungkin diperlukan dalam kasus-kasus yang berkepanjangan atau rasa sakit yang hebat.

Sumber: medlineplus dan mayoclinic.
READ MORE - Selengkapnya

CARA MENDAPATKAN GIGI PUTIH DAN SEHAT


GIGI sehat mampu mendongkrak penampilan. Pasalnya, senyuman indah erat kaitannya dengan gigi sehat, putih, berderet rapi, dan kuat.

Membersihkan gigi secara rutin dan memeriksakan kesehatan gigi, serta membatasi makanan yang mengandung gula berlebih merupakan salah satu cara yang wajib Anda lakukan. Namun tak hanya itu saja, makanan yang Anda makan pun berpengaruh pada kesehatan gigi Anda.

Jika Anda ingin memiliki gigi sehat, ada beberapa daftar makanan yang harus Anda hindari dan yang boleh Anda konsumsi. Berikut ulasan singkat dari Carefair:

Daftar makanan yang wajib Anda hindari adalah permen

Permen menempati posisi puncak makanan yang harus Anda hindari. Beberapa jenis permen tertentu memberikan efek lebih buruk pada gigi. Mengemut permen dengan kuat atau mengunyah permen manis sepanjang sore hari merupakan hal terburuk yang pernah Anda lakukan karena bisa merusak gigi. Kandungan gula dari permen tersebut akan tetap menempel pada gigi dalam durasi waktu yang cukup lama, dan ini tentu saja menjadi penyebab utama kerusakan gigi.

Oleh karena itu, Anda bisa mengganti permen dengan sepotong keju atau sepotong permen karet bebas gula. Keju yang kaya akan kalsium juga merupakan salah satu kandungan yang dibutuhkan oleh gigi dan gusi, serta dapat meningkatkan air liur dalam mulut Anda untuk menetralkan asam yang tertinggal dari makanan manis yang Anda makan.

Makanan yang patut Anda konsumsi

Makan sehat pun bisa berkontribusi pada senyuman indah Anda. Makanan yang mengandung antioksidan juga berperan memperkuat gusi gigi tetap sehat dan mencegah berkumpulnya plak pada gigi. Vitamin C, coenzim Q10 dan flavanoids merupakan kandungan yang baik untuk sebuah senyum sehat karena mereka berfungsi melindungi gusi dari kerusakan.

Senyum Anda merupakan aset paling penting. Anda bisa menjaganya dengan memilih makanan yang tepat, dan Anda akan terlihat lebih mengesankan dengan gigi sehat dan senyum yang lebih indah. Miliki deretan gigi indah bak mutiara sekarang juga.
READ MORE - Selengkapnya

BUAH YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MENCEGAH REMATIK

Sekitar 40 persen penduduk Indonesia yang berusia di atas 40 tahun memiliki keluhan nyeri sendi dan otot atau disebut juga penyakit rematik.
Sekitar 40 persen penduduk Indonesia yang berusia di atas 40 tahun memiliki keluhan nyeri sendi dan otot atau disebut juga penyakit rematik. Penyebabnya bermacam-macam, dari luka mekanik akibat kecelakaan, aktivitas berlebihan, sampai infeksi virus dan bakteri.

Pengobatan penyakit rematik difokuskan untuk mengurangi nyeri dan peradangan. Obat-obatan untuk mengurangi keluhan akibat rematik antara lain asetaminofen, obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS), kortikosteroid serta obat penekan kekebalan tubuh. Namun Anda perlu tahu, kebanyakan minum obat penghilang rasa sakit maupun anti radang yang dijual bebas dapat mengiritasi lambung dan usus serta menyebabkan tukak.

Bahkan, bila digunakan dalam jangka panjang obat-obatan tersebut bisa mengakibatkan pendarahan hebat. Konsultasikan dengan dokter bila Anda menggunakan obat antiradang nonsteorid atau aspirin untuk mengatasi nyeri sendir selama lebih dari 2 minggu.

Selain pemberian obat, nyeri sendi juga bisa dikurangi dengan modifikasi aktivitas sehari-hari, misalnya menghindari kegiatan yang membebani sendi disertai istirahat cukup dan olahraga.

Dalam buku Terapi Herba, Buah, Sayuran 10 Penyakit Utama, terbitan majalah Flona disebutkan ada beberapa jenis makanan dan minuman yang efektif untuk membantu penyembuhan sakit akibat radang sendi, yakni:

Alpukat
Anda tidak akan menderita rematik atau arthritis selama rajin mengonsumsi alpukat matang secara teratur. Lemak yang dikandungnya mampu memberikan lubrikasi secara alami persendian tulang seperti leher, siku, pergelangan tangan, pinggul, lutut, pergelangan kaki.

Jus apel
Minum jul apel yang diragikan (fermentasi) setengah cangkir, dua kali sehari akan membantu penyembuhan sakit radang sendi.

Asparagus
Bisa untuk mengobati rematik

Stroberi atau buah beri lain
Buah beri baik untuk penyembuhan rematik. Bisa dikonsumsi sebagai buah atau jus.

Jus semangka
Untuk arthritis karena kelebihan asam urat. Segelas jus semangka (tanpa biji) pagi dan malam akan membantu mendorong keluar kelebihan akumulasi asam urat
READ MORE - Selengkapnya

KENALI GEJALA KANKER KOLOREKTAL DARI SEKARANG

KEHIDUPAN modern yang saat ini dijalani telah membuat seseorang dimanja. Pasalnya dengan perkembangan teknologi, transportasi, serta asupan makanan yang dikonsumsi membuat seseorang harus membayar mahal terhadap kesehatannya. Padahal, berbagai penyakit berbahaya telah mengancam dan harus sejak dini dideteksi.

Salah satu penyakit tersebut adalah kanker kolorektal. Penderita kanker yang menyerang di usia muda disebabkan oleh mutasi gen yang sudah terjadi saat lahir. Gen yang terekspos terus menerus oleh karsinogen dalam makanan, ternyata menjadi pemicu terbesar terjadinya kanker kolorektal.

Kanker adalah penyakit pertumbuhan sel yang bersifat ganas dan bisa mengenai organ apa saja. Bisa menyerang kolon, rektum, atau keduanya. Kanker usus besar (kolon) dan daerah antara usus besar dan anus (rektum) memiliki banyak persamaan, dan sering kali secara bersama-sama disebut kanker kolorektal.

Usus besar dan rektum adalah bagian dari sistem pencernaan yang memproses makanan yang diasup dan membuang sisa makanan dari tubuh. Kanker kolorektal adalah kanker yang tumbuh pada usus besar (kolon) atau rektum.

Kanker kolorektal, sebagaimana sifat kanker lainnya memiliki sifat dapat tumbuh relatif cepat, dapat menyusup atau mengakar (infiltrasi) ke jaringan di sekitarnya serta merusaknya, dapat menyebar jauh melalui kelenjar getah bening maupun pembuluh darah ke organ yang jauh dari tempat asalnya tumbuh seperti lever, paru-paru, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian bila tidak ditangani dengan baik.

Namun, tidak perlu takut menghadapi merebaknya kanker kolorektal pada usia muda. Dengan menemukan kanker pada stadium awal, atau yang lebih dikenal dengan deteksi dini, maka kanker akan dapat ditangani dengan lebih cepat.

"Kanker stadium 1 masih terdapat 85 sampai 95 persen pasien yang bertahan dalam waktu 5 tahun. Sedangkan bila sudah berada pada stadium 4, hanya 5 persen pasien yang bertahan," ujar DR dr Aru Wisaksono Sudono SpPD KHOM, ahli kanker terkemuka di Indonesia dalam acara media workshop ”Kanker Kolorektal” yang diadakan oleh Yayasan Kanker Indonesia di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kehidupan di kota besar yang membuat banyak orang sulit menyesuaikan gaya hidup sehat, juga menjadi penyebab terjadinya kanker kolorektal. Sering mengonsumsi makanan cepat saji yang tidak mengandung serat, kurang sayuran, dan buah, suka mengonsumsi daging merah, obesitas, kurang olahraga, dan kebiasaan merokok menjadi pemicu lainnya yang membuat kanke ini banyak menjangkit usia muda.

"Kita dibunuh oleh makanan-makanan yang kita makan sendiri," kata dr Aru.

Lantas, apa saja pemeriksaan untuk mendeteksi kanker kolorektal? Dokter yang menjabat sebagai Ketua Umum Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia ini turut menjabarkannya.

1. Pemeriksaan tes darah samar pada feses (Fecal Occult Blood Test/FOBT)

Pemeriksaan sederhana ini merupakan tes penapisan awal kanker kolorektal, dilakukan dengan mengambil contoh feses yang diletakkan pada kartu khusus yang akan berubah warnanya jika feses tersebut mengandung darah.

2. Sigmoidoskopi fleksibel

Pipa atau selang kecil dan tipis berkamera dimasukkan ke rektum sehingga dokter bisa melihat melalui layar monitor ke dalam rektum dan ke bagian pertama dari usus besar di mana separuh dari polip biasa ditemukan. Pemeriksaan ini dilakukan setiap lima tahun.

3. Kolonoskopi

Merupakan tes yang paling akurat. Pipa atau selang elastis yang panjang dan kecil dimasukkan kedalam rektum sehingga dokter bisa melihat keseluruhan usus besar, mengambil polip dan mengambil contoh jaringan untuk dilakukan biopsi. Pengambilan polip akan mencegah kanker berkembang. Biasanya dokter akan memberikan anestesi ringan sebelumnya. Pemeriksaan ini dilakukan secara berkala, yaitu setiap 10 tahun.

"Sedangkan untuk pemeriksaan lainnya, bisa melalui colok dubur. Biasanya, dokter sudah tahu bila pasien mengalami masalah, dengan memasukkan jari ke dubur pasien," jelas dr Aru.

Selain cara-cara di atas, dr Aru juga menyarankan pemeriksaan lainnya untuk mendiagnosa kanker kolorektal. Yaitu melalui Double Contrast Barium enema. Di mana selang kecil dimasukkan ke rektum sehingga cairan barium (berwarna putih seperti kapur) bisa masuk ke usus besar.

Sinar-X khusus selanjutnya akan dipancarkan pada tumor yang tampak sebagai bayangan gelap. Barium mempermudah untuk melihat tumor. Sebelum tes dilakukan, Anda akan diminta berpuasa untuk beberapa jam.

Selain itu, ultrasonografi, tes menggunakan gelombang suara untuk mengambil gambar di bagian dalam tubuh. Pola yang tidak normal dari gambar dapat mengindikasikan adanya tumor dan Virtual Colonoscopy/CT Colonography, yaitu tes yang membuat rekonstruksi tiga dimensi dari usus besar untuk mendeteksi adanya kelainan.

Gambar diambil dalam beberapa detik setelah usus besar dikembangkan dengan karbondioksida yang dimasukkan melalui selang kecil. Sementara kolonoskopi virtual adalah teknik baru yang masih belum jelas akurasinya

READ MORE - Selengkapnya

MENGENAL PENYAKIT FIBROID RAHIM

Deskripsi
Fibroid rahim adalah pertumbuhan non kanker di dinding rahim. Fibroid dapat terjadi dalam berbagai ukuran dari mikroskopis hingga sebesar semangka.

Pada kondisi normal, fibroid? berupa gumpalan bulat, terbuat dari otot, mengelompok di dinding rahim. Biasanya fibroid tumbuh sangat lambat dalam dinding rahim. Mereka tumbuh lebih besar akibat peningkatan kadar estrogen, salah satu hormon wanita.

Beberapa kondisi menyebabkan peningkatan tingkat estrogen dan dengan demikian memberikan kontribusi pada pertumbuhan fibroid. Kondisi tersebut meliputi:
• terapi penggantian hormon untuk menopause
• kontrasepsi oral, atau pil KB
• kehamilan

Setelah menopause, fibroid mungkin menyusut atau hilang sama sekali.

Gejala
Kebanyakan wanita tidak mempunyai gejala fibroid rahim. Gejala tergantung pada jumlah, ukuran, dan lokasi fibroid. Beberapa gejala umum antara lain:
• menstruasi yang berkepanjangan
• anemia, jumlah sel darah merah rendah
• perdarahan antara periode
• dispareunia, atau hubungan seksual yang menyakitkan
• sering buang air kecil, disebabkan oleh tekanan tumor pada kandung kemih
• sakit atau tekanan di perut bagian bawah atau punggung bawah

Pencegahan
Kondisi ini terkadang tidak memerlukan pengobatan. Kadang-kadang, digunakan obat untuk mengecilkan tumor dengan mengurangi tingkat estrogen dalam darah. Pengobatan tersebut hanya solusi sementara, karena fibroid tumbuh kembali saat pengobatan dihentikan.

Sumber: discovery health
READ MORE - Selengkapnya

APAKAH PENYAKIT WILSON ITU?



Deskripsi
Penyakit Wilson adalah penyakit genetik yang mana tubuh tak mampu mencegah masuknya zat tembaga dalam jumlah lebih. Zat tembaga dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat, tetapi jika kadar terlalu banyak justru menjadi racun dalam tubuh. Pada penyakit ini, zat tembaga mengumpul di hati, otak, mata, dan organ lain. Selanjutnya, kadar tembaga yang tinggi tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada organ.

Gejala
Penyakit ini pertama kali menyerang hati dan sistem nerves. Gejala lain yang mengikuti antara lain: penyakit kuning, tremor, anemia dan penyakit lain yang berkaitan.

Pengobatan
Salah satu pengobatan untuk penyakit ini adalah selalu mengontrol kadar tembaga dalam tubuh. Pengobatan medis ini juga ditujukan untuk mengetahui apakah penyakit wilson berkaitan dengan penyakit lain.
READ MORE - Selengkapnya

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails