Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

TANDA DAN GEJALA PENYAKIT JANTUNG

Ada banyak tanda yang bisa membantu kita mengetahui posisi anda dalam peperangan melawan penyakit jantung


Kebutuhan Kalori Harian 

Idealnya, anda makan secukupnya untuk memenuhi bahan bakar tubuh. Kenyataannya, banyak diantara kita makan 100-1000 kalori lebih banyak dari yang dibutuhkan. Jika terlalu banyak karbohidrat, maka yang tak terbakar akan berubah menjadi bentuk lain, seperti lemak dan gula.

Untuk mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan setiap hari, kalikan berat badan anda dengan 28 sampai 33, tergantung seberapa aktif anda. Untuk kondisi tubuh sehat, kebanyakan wanita membutuhkan 2000 kalori per hari dan pria sekitar 2550. Kalau dirata-rata, 300-400 kalori untuk sarapan, 500-600 makan siang, 600-700 makan malam, dan ditambah dua sampai tiga makanan kecil masing-masing 100-200 kalori.

Namun cara menghitung kalori bukanlah jalan terbaik untuk menyesuaikan konsumsi makanan dengan kebutuhan energi anda. Akan jauh lebih baik mengganti jenis makanan yang anda makan,. Hampir tidak mungkin anda makan kalori berlebihan jika rajin makan buah dan sayuran. Dan dengan banyak makan-makanan seperti itu anda akan mendapat banyak vitamin, mineral, antioksidan dan nutrisi lain yang penting untuk kesehatan jantung.

Ukuran Pinggang

Dari semua cara untukn mengukur pengaruh berat tubuh terhadap kesehatan jantung, mengukur pinggang adalah yang terbaik. Ukuran yang lebih akurat lagi adalah rasio dari pinggang ke pinggul, yang didapat dari membagi lingkar pinggang tersempit dengan lingkar pinggul terbesar. Rasio yang lebih dari 0,90 pada pria dan 0,85 pada wanita menunjukkan central obesity tumpukan lemak diaera perut depan, yang dapat mengindikasikan sindrome metabolisme, kelompok faktor resiko yang dapat menyertai penyakit jantung, seperti hipertensi, diabetes, atau kemungkinan terserang stroke.

Untuk memeriksa lingkar pinggang, lingkaran meteran di sekeliling perut atau dekat pusar. Jangan terlalu kencang dan jangan tarik perut ke dalam. Untuk wanita kesehatan anda mulai beresiko jika lingkar pinggang lebih dari 88 cm. Untuk pria, resiko meningkat bila lingkar pinggang lebih dari 102 cm. Karena itu periksakan tiap dua minggu.


Nilai Kolesterol 

Penting bagi anda mengetahui tidak hanya jumlah total kolesterol, tetapi juga tingkat kolesterol jahat LDL (Low Density Lipoprotein) dan kolesterol baik HDL (High Density Lipoprotein). Biasanya tes laboratorium hanya mencantumkan rasio tital kolesterol terhadap HDL (TC:HDL). Jika benar, mintalah agar LDL dan HDL anda juga diukur.

Tingkat kolesterol HDL membawa lemak dari pembuluh darah untuk disimpan ke jaringan dan membersihkan aliran darah hingga menumpuk disana, Karena itu level LDL dan HDL pada manusia harus seimbang. LDL walaupun tidak bagus, tetap dibutuhkan oleh manusia meski sedikit. Untuk memeriksakan LDL dan HDL anda diharuskan berpuasa 8-12 jam sebelumnya.
PELENGKAP INFORMASI
  1. Penyakit Jantung Rematik dan Gejalanya
  2. Gejala Penyakit Jantung Serta Pencegahannya
  3. TANDA-TANDA PENYAKIT JANTUNG
  4. Makanan Yang Sehat Untuk Jantung
  5. TANDA DAN GEJALA PENYAKIT JANTUNG
  6. Diagnosis Penyakit Jantung
  7. TENTANG SERANGAN PENYAKIT JANTUNG
  8. BAGAIMANA MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG
  9. KATEGORI PENYAKIT JANTUNG
  10. Faktor Penyakit Jantung
  11. Penjelasan Mengenai Gagal Jantung
  12. SEPUTAR PENYAKIT JANTUNG
  13. Gejala Awal Penyakit Jantung
  14.  Penyebab Penyakit Jantung
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TANDA DAN GEJALA PENYAKIT JANTUNG"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner