Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

BAGAIMANA MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG

BAGAIMANA MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG
Membuat perubahan dalam gaya hidup anda adalah metode yang terbukti baik untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Meskipun tidak ada jaminan bahwa gaya hidup sehat akan membuat penyakit jantung jauh dari anda, namun perubahan ini tentu akan meningkatkan kesehatan anda secara umum.

Anda dapat mengurangi resiko penyakit jantung dengan :
  • -berhenti merokok, perokok memiliki serangan jantung dua kali lebih besar daripada yang bukan perokok. Bukan perokok yang terpapar asap rokok konstan juga memiliki peningkatan resiko.
  • -meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Resiko penyakit jantung meningkat seiring dengan kenaikan kadar kolesterol jahat (LDL). kolesterol total harus kurang dari 200 mg/dL; HDL lebih tinggi dari 40 mg/dL pada pria dan 50 mg/ dLpada wanita, (dan semakin tinggi semakin baik), dan LDL harus kurang dari 130 mg/ dL untuk orang dewasa sehat.



  • -Mengontrol tekanan darah tinggi. Tekanan darah harus dijaga agar tidak berada pada tekanan darah sistolik (angka atas) lebih dari 140, dan/atau tekanan darah diastolik (angkab yang lebih rendah) lebih dari 90, yang merupakan definisi hipertensi
  • -mengendalikan diabetes. Jika tidak dikontrol dengan baik, diabetes dapat menyebabkan kerusakan jantung yang signifikan termasuk serangan jantung dan kematian. Kontrol diabetes melalui latihan , diet sehat, menjaga berat badan yang sehat, dan mengambil obat yang diresepkan oleh dokter anda.
  • -selalu aktif. Orang yang tidak berolahraga memiliki tingkat kematian lebih tinggi dibandingka dengan orang-orang yang aktif secara ringan hingga jumlah moderat. Kebanyakan oirang harus berolahraga 30 menit sehari , dengan ntensitas sedang.
  • -makan yang benar. Makanlah makanan diet jantung sehat yang rendah garam, lemak jenuh, lemak trans, kolesterol, dan gula.
  • Tingkatkan asupan makanan yang kaya vitamin dan nutrisi lainnya terutama antioksidan, yang telah terbukti menurunkan resiko penyakit jantung. Juga makanan nabati, seperti buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian.
  • -mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat. Kelebihan berat badan menempatkan yang signifikan pada jantung dan beberapa faktor lain yang memperburuk resiko penyakit jantung sperti diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan trigliserida. Dengan makan yang benar dan berolahraga, anda bisa menurunkan berat badan dan mengurangi resiko penyakit jantung.
  • -mengelola stres. stres yang tidak terkontrol dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Belajarlah mengelola stres dengan teknik relaksasi, mengelola waktu anda, menetapkan tujuan yang realistis.
 PELENGKAP INFORMASI
  1. Penyakit Jantung Rematik dan Gejalanya
  2. Gejala Penyakit Jantung Serta Pencegahannya
  3. TANDA-TANDA PENYAKIT JANTUNG
  4. Makanan Yang Sehat Untuk Jantung
  5. TANDA DAN GEJALA PENYAKIT JANTUNG
  6. Diagnosis Penyakit Jantung
  7. TENTANG SERANGAN PENYAKIT JANTUNG
  8. BAGAIMANA MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG
  9. KATEGORI PENYAKIT JANTUNG
  10. Faktor Penyakit Jantung
  11. Penjelasan Mengenai Gagal Jantung
  12. SEPUTAR PENYAKIT JANTUNG
  13. Gejala Awal Penyakit Jantung
  14.  Penyebab Penyakit Jantung
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails