Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Penjelasan Mengenai Gagal Jantung

JANTUNG PAYAH, NAFAS TERENGAH


Pompa jantung bisa tidak maksimal mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Akibatnya tubuh mudah lelah, sesak dan batuk-batuk.

Penyakit payah jantung atau yang sering disebut gagal jantung merupakan penyakit yang cukup serius dan membutuhkan perawatan khusus. Penyakit gagal jantung biasanya disertai oleh adanya gejala jantung lemah, adanya gangguan pembuluh darah dijantung, dan tekanan darah tinggi. Pada sebagian pederita gagal jantung ada yang diliputi penyakit diabetes mellitus.




Penjelasan Mengenai Gagal Jantung

Gagal jantung adalah kondisi, dimana otot jantung tidak dapat memompa darah secara mencukupi ke seluruh tubuh. “Gagal” disini bukan berarti jantung berhenti bekerja, karena jantung tidak boleh berhenti bekerja. Maka, beberapa dokter lebih menyukai istilah “payah jantung” agar tidak menimbulkan salah penafsiran pada orang awam.

Payah jantung merupakan kondisi dimana jantung tidak kuat lagi memompa darah yang dibutuhkan tubuh.

Tugas utama jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh dan menampungnya kembali setelah dibersihkan di paru-paru. Jika fungsi ini terganggu dan tubuh kekurangan asupan darah, timbul berbagai gejala. Yang paling sering adalah mudah lelah.

Tubuh mencoba untuk mengkompensasi dengan menahan garam dan air (sehingga jumlah darah dalam sirkulasi meningkat), meningkatkan denyut jantung, dan membuat otot jantung membesar/membengkak. Sampai pada titik tertentu, upaya tubuh mengimbangi kelemahan jantung berhasil, sehingga penderita masih bisa menjalani kehidupan sehari-hari.

Namun, karena gagal jantung memiliki kecenderungan progresif, pada titik tertentu tubuh tidak lagi dapat mengompensasi. Di saat itu, cairan mulai menumpuk di paru-paru dan bagian tubuh lain. Itulah, mengapa kondisi ini juga disebut gagal jantung kongestif, karena menimbulkan “kemacetan” pada sirkulasi darah.

Penyebab Payah Jantung

Berbagai hal dapat mengganggu fungsi jantung. Penyakit jantung koroner (termasuk serangan jantung) dapat mencetuskan payah jantung. Tekanan darah tinggi (hipertensi) dalam jangka panjang, dapat melemahkan fungsi jantung.

Penyebab lain payah jantung adalah gangguan irama jantung, penyakit katup jantung, penyakit jantung bawaan, dan paparan zat-zat toksin-termasuk obat-obat kemoterapi. Infeksi kuman di jantung dapat pula mengganggu fungsi jantung. Penyebab lainnya adalah kardiomiopati (gangguan pada otot jantung), yang merupakan jenis payah jantung yang penyebabnya hingga sekarang belum diketahui pasti.

PELENGKAP INFORMASI
  1. Penyakit Jantung Rematik dan Gejalanya
  2. Gejala Penyakit Jantung Serta Pencegahannya
  3. TANDA-TANDA PENYAKIT JANTUNG
  4. Makanan Yang Sehat Untuk Jantung
  5. TANDA DAN GEJALA PENYAKIT JANTUNG
  6. Diagnosis Penyakit Jantung
  7. TENTANG SERANGAN PENYAKIT JANTUNG
  8. BAGAIMANA MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG
  9. KATEGORI PENYAKIT JANTUNG
  10. Faktor Penyakit Jantung
  11. Penjelasan Mengenai Gagal Jantung
  12. SEPUTAR PENYAKIT JANTUNG
  13. Gejala Awal Penyakit Jantung
  14.  Penyebab Penyakit Jantung
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails