Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Penyebab Penyakit Jantung

Penyebab Penyakit Jantung



Penyebab penyakit jantung bisa bermacam-macam sesuai dengan jenis penyakit jantungnya

-Penyebab penyakit jantung kardiovaskular, Koroner, Gagal jantung dan Serangan jantung
Terlalu banyak tekanan dalam arteri dapat membuat dinding tebal dan kaku, dan terkadang membatasi aliran darah ke organ dan jaringan. Proses ini disebut arteriosklerosis, atau pengerasan arteri. Aterosklerosis adalah bentuk paling umum dari gangguan ini. Ateroklerosisjuga merupakan penyebab paling umum dari penyakit kardiovaskular, dan itu sering disebabkan oleh diet yang tidak sehat, kurang olahraga, kelebihan berat badan dan merokok.
Semua ini merupaka faktorresiko utama untuk terjadinya atesklerosis dan pada gilirannyamenyebabkan penyakit kardiovaskular.
Aterosklerosis yang parah dapat melemahkan jantung dalam beberapa cara. Ketika tersebar luas diarteri seluruh tubuh, jantung harus bekerja keras ektra untuk memompa jumlah darah yang sama melalui pembuluh darah yang sekarang sempit karena ruang untuk darah lebih kecil.
Selama jangka panjang, jantung tidak dapat menopang beban kerja berat dan mulai melemah, menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai gagal jantung.
Ketika atesklerosis terjadi pada pembuluh yang memfungsikan jantung itu sendiri, yang disebut arteri koroner, hasilnya adalah penyakit arteri koroner. kondisi ini berakibat pada berkurangnya aliran darah ke jaringan ototjantung dan dapat menyebabkan angina (nyeri dada) dan jika penyumbatan arteri ini parah dapat menyebabkan serangan jantung (infark miokard).
-Penyebab aritmia jantung
Penyebab umum aritmia atau kondisi yang menyebabkan aritmia meliputi :
1. Cacat jantung bawaan
2. Penyakit arteri koroner
3. Tekanan darah tinggi
4. Diabetes
5. Merokok
5. Mengkonsumsi alkohol atau kafein berlebihan
6. Penyalahgunaan obat
7. Stres
8. Mengonsumsi beberapa obat, suplemen makanan dan obat herbal tertentu.
9. Penyakit katup jantung.

Pada orang dengan jantung normal dan sehat, tidak mungkin terjadi aritmia jantung yang fatal tanpa pemicu dari luarm seperti kejutan listrik atau penggunaan obat-obatan terlarang. Sedangkan pada orang dengan cacat jantung bawaan, aritmia jantung lebih besar kemungkinan terjadi tanpa penyebab dari luar.

-Penyebab Cacat jantung
Cacat jantung biasanya berkembang saat bayi masih dalam kandungan. Sekitar satu bulan setelah pembuahan, jantung mulai berkembang. Pada titik ini cact jantung dapat mulai terbentuk. Beberapa kondisi medis, obat dan ge mungkin memainkan peran dalam emnyebabkan cacat jantung, cacat jantung juga dapat berkembang pada orang dewasa, ketika usia, struktur jantung bisa berubah, dan menyebabkan cacat jantung.

-Penyebab kardiomiopati
Penyebab pasti kardiomiopati (penebalan atau pembesaran dari otot jantung ) tidak diketahui. Ada tida jenis kardiomiopati :
a. Kardiomiopati membesar, bila kemampuan memompa menjadi kurang kuat, dan darah tidak mengalir dengan mudah melalui jantung.
b. Kardiomiopati hipertrofik, yaitu pertumbuhan abnormal atau penebalan otot jantung, khususnya yang mempengaruhi otot jantung ruang utama yang berfungsi memompa.
Saat penebalan terjadi jantung cenderung kaku dan ukuran ruang pompa dapat menyusut, mengganggu kemampuan jantung memberikan darah ke tubuh.
c. Kardiomiopati restriktif. Otot jantung pada orang dengan kardiomiopati restriktif manjedi kaku dan kurang elastis, yang berarti jantung tidak dapat memperluas dan mengisi dengan darah diantara detak jantung. Ini jenis paling umum dari kardiomiopati dan dapat terjadi tanpa alasan yang diketahui.

-Penyebab infeksi jantung
Infeksi jantung, seperti perikarditis, endokarditis, dan miokarditis, terjadi ketika sebuah iritasi yang diakibatkan oleh virus, bakteri, parasit, atau bahan kimia, atau penyakit lain, telah mencapai otot jantung.

PELENGKAP INFORMASI
  1. Penyakit Jantung Rematik dan Gejalanya
  2. Gejala Penyakit Jantung Serta Pencegahannya
  3. TANDA-TANDA PENYAKIT JANTUNG
  4. Makanan Yang Sehat Untuk Jantung
  5. TANDA DAN GEJALA PENYAKIT JANTUNG
  6. Diagnosis Penyakit Jantung
  7. TENTANG SERANGAN PENYAKIT JANTUNG
  8. BAGAIMANA MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG
  9. KATEGORI PENYAKIT JANTUNG
  10. Faktor Penyakit Jantung
  11. Penjelasan Mengenai Gagal Jantung
  12. SEPUTAR PENYAKIT JANTUNG
  13. Gejala Awal Penyakit Jantung
  14.  Penyebab Penyakit Jantung


-Penyebab penyakit katup jantung
Ada banyak penyebab penyakit katup jantung. empat katup didalam jantung membuat darah mengalir ke arah yang benar. Ada orang yang mungkin dilahirkan dengan penyakit katup, atau katup mungkin rusak oleh kondisi seperti infeksi demam rematik, gangguan jaringn ikat, dan obat-obat tertentu atau pengobatan radiasi untuk kanker.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Penyakit Jantung"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner