Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

INilah Yang Boleh dan Tidak Boleh Untuk Kulit Mata

Kulit di sekitar mata merupakan bagian yang sensitif dan lembut. Kulit bagian ini membutuhkan perawatan sepanjang usia. Tak peduli musim panas atau penghujan, kulit seputar mata butuh perawatan extra.

Berikut beberapa langkah mudah untuk mendapatkan kulit mata yang sehat dan indah 
  • Untuk menghilangkan lingkaran hitam di seputar mata, tak peduli berapapun usia Anda, beri waktu pada diri sendiri untuk tidur setidaknya tujuh atau delapan jam setiap malam. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dapat membantu Anda melawan gravitasi; yang menyebabkan cairan mengumpul di kantung mata Anda dan menyebabkan lingkaran hitam.
  • Gunakan krim mata di sekitar mata untuk membuat kulit bagian mata tetap lembab.
  • Saat mengoleskan krim atau make-up di sekitar mata gunakan jari manis - yang tekanannya lebih ringan.
  • Jangan sering-sering menggosok mata karena ini dapat membuat infeksi mata, dan mengakibatkan infeksi di kulit bagian mata. Sebagian dari kita tak mencuci tangan sebelum menyentuh mata, ini lah penyebab infeksi.
Yang Boleh Dan Tidak Boleh untuk melembutkan dan meremajakan kulit bagian mata

Yang Boleh:
  • Celupkan selembar kapas pada susu dingin dan tempelkan di mata tertutup selama 10 menit. Lalu rileks sepenuhnya. Ini akan membantu otot-otot mata rileks setelah Anda lelah bekerja di depan komputer.
  • Parut kentang sekaligus dengan kulitnya dan tempelkan di mata tertutup selama 20 menit. Lalu rileks sepenuhnya. Ini akan menjaga otot mata Anda tetap kencang.
  • Ambil seiris mentimun dan letakkan di mata tertutup, cara ini berguna untuk menghindari terbentuknya lingkaran hitam.
  • Jika mata Anda berwarna merah dan terasa gatal, pijat ringan kulit mata dengan dadih (susu kerbau fermentasi) untuk mengurangi temperatur yang tak sesuai di sekitar kulit mata.
  • Basuh mata Anda dengan air dingin, yang kerap berguna untuk membuat rasa sejuk di kulit mata Anda.
  • Beri pijatan ringan di kulit mata, pindahkan jari naik-turun dengan lembut.

Yang Tidak Boleh:

- Jangan menggunakan contact lensa untuk waktu yang lama atau sepanjang malam. Ini akan membuat mata Anda terasa lelah dan memberikan ketegangan yang tak perlu pada kulit mata.

  • Saat Anda membasuh wajah dengan air, jangan melakukannya dengan terburu-buru. Membasuh dengan cara kasar dan terburu-buru bukannya malah membuat kelelahan di mata Anda mereda tapi justru membuat partikel debu kecil di mata Anda melukai atau membuat alergi. Akibatnya dapat melukai kornea atau akan membuat pedih kulit mata Anda.
  • Jangan menggunakan sapu tangan untuk mengelap mata, sebaiknya pakai tisu, yang lebih higienis untuk kulit yang sensitif.
  • Jangan duduk dekat TV dan minimum berada dalam jarak 4,5 meter dari TV. Dan untuk membaca jaga jarak mata dari buku kira-kita setengah meter untuk menguatkan otot kulit mata Anda.
  • Krim make-up untuk mata atau eye shadow berbentuk tabur dapat masuk ke mata, yang dapat menyebabkan iritasi di bagian otot mata dan kulit di dekat mata.
  • Jangan menggunakan maskara yang lebih dari setahun. Ini akan membuat lemah kulit mata Anda.
READ MORE - Selengkapnya

Waxing, Solusi Cermat Untuk Kaki Mulus Anda

Memiliki kaki yang mulus bebas dari bulu-bulu nakal pasti menjadi dambaan setiap wanita, termasuk Anda. Bisa dibayangkan, penampilan cantik kita bisa rusak seketika hanya karena lupa mencukur bulu kaki saat mengenakan rok mini atau celana pendek. Hmmm.. Selama ini teknik mencukur bulu kaki dengan wax memang masih menjadi pilihan. Bagaimana cara melakukan waxing yang benar sehingga tidak menyebabkan luka dan kerusakan pada kulit? Pelajari tipsnya dibawah ini :

1.Bersihkan bagian yang akan di wax dengan body lotion atau gel yang berfungsi untuk mengangkat minyak disekitar bagian tersebut, sehingga mudah untuk di wax.

2. Dengan sepatula (alat wax semacam kuas), oleskan lem wax tipis sesuai arah tumbuhnya bulu. Tutup dengan lembaran kain khusus, lalu tekan hingga melekat.

3. Cabut kain penutup secepatnya dengan gerakan yang berlawanan.

4. Setelah selesai, oleskan shotheneruntuk mengangkat sisa-sisa wax. Untuk mencegah iritasi, karena biasanya tubuh akan berubah warna menjadi kemerahan setelah wax, oleskan camomile lotion dan diamkan beberapa menit, kemudian bersihkan dengan air.

5. Untuk memperlambat tumbuhnya bulu disarankan untuk rutin mengoleskan lotion pada bagian yang diinginkan setiap hari. Umumnyawaxing dilakukan sekali dalam 2 minggu bagi yang berbulu lebat atau sekali dalam 3-4 minggu bagi yang berbulu sedang.

Sumber ; HanyaWanita.Com
READ MORE - Selengkapnya

TIPS MELAKUKAN TERAPI PIJAT WAJAH SENDIRI

Terapi pijat adalah salah satu cara untuk membuat tubuh terasa lebih bugar dan sehat. Bahkan superstardunia, Madonna pun mengaku memilih hot stone massage sebagaitreatment rutin favoritnya.

Menurut American Massage Therapy Association, pijat tidak hanya berguna untuk melancarkan aliran darah, tapi juga bisa menghasilkan hormon ebdorfin yang bisa bikin perasaan menjadi lebih tenang. 

Cobalah pijat wajah Anda. Menurut sumber Holisticonline, pijatan di wajah berfungsi untuk relaksasi otot dan menstimulasi pembuluh darah di bawah kulit, serta membantu mencegah munculnya garis halus dan kerut.

COBA LAKUKAN SENDIRI :

1. Sebelum memulai memijat, cuci bersih kedua tangan Anda, yang dilanjutkan dengan membersihkan wajah denganlotion pembersih.


2. Mulai dengan melakukan gerakan memijat dengan kedua telapak tangan menekan secara lembut. Mulailah dari leher, perlahan pindahkan kedua tangan dengan pelan-pelan sambil tetap memijat ke arah pipi, lalu ke bagian pelipis.

3. Lanjutkan dengan gerakan stimulasi. pakai bagian belakang jari tangan dan gerakan bergantian dengan arah melingkar di sekitar pipi, leher, dan bawah dagu.

4. untuk melancarkan aliran darah, letakkan salah satu ibu jari dan jari tangan di kedua alis. Tekan secara perlahan sambil digerakkan perlahan mulai dari ujung alis sampai di tulang hidung bagian atas dekat mata.
READ MORE - Selengkapnya

Yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Earphone untuk Anak

Banyak orangtua sudah menyadari bahaya pemakaian headphone/earphonebagi anak-anak (yang pendengarannya masih sensitif). Meski demikian, mereka masih kesulitan melarang anak-anak mendengarkan musik lewat earphone. Memantau berapa lama atau seberapa keras anak-anak mengunakan earphone dalam satu hari jelas merupakan tugas yang amat sulit.

Kini ada solusi yang lebih baik. ETY Kids3 dan ETY Kids5, keluaran Etymotic Research, merupakan earphone berperforma tinggi yang dirancang khusus bagi anak-anak. Tidak hanya itu, orang dewasa yang sensitif terhadap suara keras tapi ingin tetap menggunakan earphone juga dapat menggunakannya.

Rahasianya terletak pada isolasi suara latar yang efektif. Salah satu alasan orang menaikkan volume adalah untuk menghilangkan suara latar yang mengganggu. ETY Kids juga memiliki pembatas volume untuk melindungi pendengaran mereka dari volume yang dapat merusak gendang telinga.

ETY Kids3 juga dilengkapi tiga tombol kendali dan mikrofon, yang mengubahnya menjadi handsfree bagi iPhone. Harga resmi Etymotic ETY Kids3 akan dipatok di kisaran $ 79. UNtuk versi tanpa mikrofon, ETY Kids5, harganya lebih terjangkau yaitu di kisaran $ 49. Harga yang cukup mahal, tapi jauh lebih murah dibandingkan jika harus mengobati telinga Anda.

Kristian Tjahjono, kontributor situs teknologi konsumen yangcanggih.com. Antusias terhadap berbagai jenis gadget, mulai dari komputer, ponsel, sampai kamera digital.
READ MORE - Selengkapnya

Manfaat teh bagi kecantikan.


Teh tidak hanya menjadi minuman pelepas dahaga dan stres saja. Namun teh juga memiliki banyak manfaat bagi kecantikan.


Seperti dilansir dari Bella Sugar, teh celup ternyata dapat menghilangkan aroma tidak sedap dari ketiak dan kaki. Tidak hanya sampai di situ, berikut ini manfaat lainnya dari teh celup.

Menghilangkan Bau Ketiak dan Kaki
Lupa memakai deodoran pada saat ke kantor? Jangan khawatir, ada solusi jitu agar bau badan menyerap, yakni dengan menggosokkan teh celup basah di daerah ketiak.

Selain untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada ketiak, teh juga dapat menetralkan bau kaki. Rendam kaki dalam air teh yang berasal dari satu atau dua teh celup. Teh celup merupakan pembunuh bakteri yang dapat merangsang aroma tidak sedap keluar dari kelenjar keringat.

Berendam di Air Teh untuk Cegah Keriput
Anda bisa mengumpulkan sisa kantung teh setiap harinya dan simpanlah di kulkas. Di akhir pekan Anda bisa menaruh beberapa kantung teh tersebut di bathtub untuk Anda berendam. Berendam dalam air teh dapat mencegah keriput, karena teh kaya akan anti-oksidan yang dapat melawan radikal bebas, pemicu kerutan.

Solusi untuk Kuku Retak
Kuku yang telah retak atau patah memang tidak bisa disambung kembali, namun ada solusi sementara untuk kuku yang patah setengah. Anda bisa merekatkannya dengan kantung teh. Caranya:
- Gunting kantung teh sesuai dengan ukuran kuku
- Untuk merekatkan kantung teh pada kuku gunakan basecoat atau cat kuku bening,
- Agar hasil lebih kuat, Anda bisa membuat lapisan kedua. Pastikan lapisan pertama telah kering, lalu tempelkan kembali kantung teh.
- Untuk menyamarkan lapisan teh, Anda bisa menggunakan cat kuku berwarna.

Meredakan Kulit Terbakar Akibat Matahari
Selepas dari pantai dan berjemur, kulit dapat terbakar sinar matahari. Kulit terbakar ditandai dengan rasa panas, perih, kulit memerah dan terkelupas. Untuk mengatasi masalah ini Anda dapat menempelkan teh celup yang telah didinginkan.

Menyamarkan Lingkar Hitam Mata
Teh memang dapat diandalkan sebagai penyamar lingkar hitam pada mata. Caranya dengan mengompres mata dengan kantung teh dingin selama 15 menit. Lakukanlah setiap pagi agar mata terlihat lebih segar.

READ MORE - Selengkapnya

Tips Mengatasi Kulit Ketiak Yang Hitam


Memiliki kulit ketiak yang hitam terkadang membuat wanita kurang percaya diri. Tapi ada kiat-kiat untuk membuat kulit ketiak menjadi lebih putih dan halus. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikuti.


Pertama-tama yang perlu disadari adalah, kulit ketiak merupakan salah satu kulit yang paling sensitif. Untuk itu merawatnya pun butuh perhatian khusus. kiat-kiat merawat kulit ketiak yang dikutip dari carefair ini bisa membantu Anda.

1. Pengelupasan
Kulit hitam di daerah ketiak bisa jadi merupakan kumpulan sel kulit mati. Untuk itu, yang harus Anda lakukan adalah membuang semua sel kulit mati tersebut dan menggantinya dengan yang baru. Beberapa produk kecantikan menyediakan krim khusus kulit ketiak yang bisa Anda gunakan. Secara alami, pengelupasan juga bisa dilakukan dengan menggosok kulit ketiak menggunakan spons mandi atau loofah. Dengan menggosoknya, akan memancing sel-sel kulit membentuk lapisan baru yang telah rusak.

2. Memilih pisau cukur
Bulu-bulu ketiak yang tidak tercukur dengan sempurna akan menghambat pori-pori dan membuat kulit di sekitarnya menghitam. Untuk menghindarinya, pilihlah pisau cukur yang berkualitas. Jangan pernah menggunakan pisau tumpul saat mencukur bulu ketiak. Waxing juga bisa menjadi jalan keluar yang baik, karena metode ini bisa mencabut bulu ketiak hingga ke akar, sehingga tidak tertinggal di kulit ketiak Anda.

3. Memilih deodoran
Deodoran pilihan Anda bisa jadi merupakan penyebab menghitamnya kulit di sekitar ketiak. Mungkin kandungan di dalamnya tidak sesuai dengan kulit Anda sehingga membuatnya menjadi hitam. Daripada berisiko, Anda bisa mencegah bau ketiak dengan 'deodoran alami'. Setelah mandi, gunakanlah baking soda di ketiak Anda. Baking soda juga bisa membunuh bakteri penyebab bau tidak sedap di ketiak.

4. Memutihkan kulit
Beberapa merek produk kecantikan juga mengeluarkan pemutih khusus kulit ketiak. Anda juga bisa mencobanya sebagai solusi. Ingin yang alami? Gunakan perasan jeruk lemon di ketiak Anda setiap mandi. Perasan jeruk lemon adalah bahan pemutih kulit yang alami.

Selamat mencoba!

READ MORE - Selengkapnya

Masker Lemon Cerahkan Kulit Wajah



Membuat sendiri masker kulit wajah bisa membantu menghemat keuangan sekaligus merawat kulit wajah tetap sehat, cerah, dan berseri. Salah satu masker wajah yang bisa Anda buat sendiri adalah masker zaitun-lemon. Minyak zaitun bisa bantu berikan kelembaban kulit, sementara lemon membuat kulit lebih cerah dan berseri.

Minyak zaitun kaya akan vitamin C, D, dan E, antioksidan, serta zat besi, yang berguna meregenerasi kulit dan menjaga kelembaban. Jika keduanya digabung, bisa membantu mengurangi keriput serta ketidaksempurnaan pada kulit wajah. Tambahan oatmeal untuk mengatasi masalah kulit wajah kusam dan putih telur bantu kencangkan kulit wajah. Inilah resepnya:

Bahan:
1 sendok makan minyak zaitun
beberapa tetes perasan air lemon
1/2 cangkir oatmeal instan yang sudah dimasak (dinginkan)
1 putih telur

Cara pembuatan:

1. Campurkan minyak zaitun, perasan air lemon, oatmeal, dan putih telur hingga rata.
2. Oleskan merata pada wajah dan leher.
3. Biarkan selama 15-30 menit.
4. Bilas dengan air hangat.
5. Lalu bilas kembali dengan air dingin/air es
6. Oleskan pelembab sesuai kondisi wajah Anda seperti biasa

Selamat mencoba...!!

READ MORE - Selengkapnya

TIP RIASAN KECANTIKAN YANG TEPAT UNTUK WANITA


Anda pasti sebal karena sudah berlama-lama berdandan namun belum sampai tengah hari, dandanan Anda sudah luntur sehingga terkesan berantakan. Nah berikut ini berbagai trik agar Anda dapat tampil percaya diri sepanjang hari ;


Sebelum memulai merias wajah, sebaiknya teliti terlebih dahulu kulit wajah Anda. Jika kulit Anda termasuk jenis kering, gunakan pelembap ringan dan sebaliknya jika kulit Anda berminyak, gunakan lotion penyerap minyak (mattifyer), agar riasan bisa bertahan lama di kulit wajah. Hal ini disebabkan karena tanpa pelembap rias wajah akan menggumpal (tidak rata) di kulit kering sedangkan jika kulit terlalu berminyak, rias wajah tidak akan mampu menempel di permukaan kulit, dan akan luluh dan terjadi pelunturan dengan cepat.


Pada dasarnya ulasan alas bedak merupakan dasar yang membantu agar pigmen riasan bisa menempel dengan sempurna. Agar foundation itu sendiri juga dapat melekat pada kulit dengan sempurna dan tahan lama, segera sesudah pembubuhan alas bedak pada kulit, tempelkan tisu maupun jenis penyerap minyak seperti oil blotter ke wajah untuk menyerap minyak sehingga foundation tidak mudah larut menyatu kedalam minyak wajah. Sesudahnya, ulasan bedak akan membantu mengurangi kadar minyak yang ada di kulit wajah.


Lipstik yang tidak menempel dan berkesan 'lumer' tampak kurang etis dan tak enak dilihat. Untuk mencegah hal ini Anda dapat menggunakan lipstik dalam formula matte ( kering / tanpa minyak ) yang relatif lebih tahan luntur dibanding lipstik formula glossy (kilap). Alternatif lain adalah dengan menggunakan lipstik dalam formula long wearing/long lasting, yaitu lipstik yang diolah dengan formula tidak mudah luntur. Gunakan pula lipliner (pensil bibir) untuk membingkai agar lipstik tidak mudah keluar garis bibir.

Jika ingin agar lipstik favorit Anda tahan lama dan tidak mudah luntur, sebelum menggunakan lipstik bubuhkan foundation pada bibir terlebih dahulu, baru sesudah itu ulaskan lipstik. Langkah berikutnya adalah menempelkan tisu di atas bibir, bubuhkan sedikit bedak tabur (loose powder) pada bibir dengan menggunakan kuas lembut. Dan sebagai sentuhan akhir, ulaskan lipstik tipis-tipis.


Mengenakan pemulas mata di pagi hari seringkali kurang nyata dan mudah luntur. Agar bisa tahan lama, sebelum menggunakan eyeshadow bubuhkan terlebih dahulu foundation pada kelopak mata, dan bedak tabur sesudahnya. Pilih foundation tanpa minyak, serta eyeshadow dalam tekstur matte kering dan bukannya dalam tekstur creamy/shiny (kilap).


Mengulaskan blush-on sepertinya mudah. Siapapun bisa melakukannya. Dalam sekali ulasan pipipun merona segar. Tetapi sayangnya, warna segar dari blush-on tersebut pun mudah sekali luruh menghilang. Agar tetap bertahan lebih lama, manfaatkan dua jenis blush-on, yaitu blush on dalam tekstur krim serta tekstur serbuk. Ulaskan krim terlebih dahulu, baru tambahkan yang bubuk. Usahakan untuk menggunakan warna yang sama (minimal warna yang senada).


Memiliki bulu mata yang yang lebat dan lentik merupakan impian tiap wanita. Namun bagi Anda yang kurang beruntung, kini bisa didapat dengan menggunakan maskara dengan berbagai kemampuan. Namun sayangnya, maskara mudah sekali luntur karena keringat, air mata dan sebagainya. Anda bisa menggunakan maskara jenis anti air (waterproof maupun maskara tahan lama (long lasting).


Rias garis mata mampu membuat mata nampak lebih hidup dan tegas. Agar tidak mudah luntur, sesudah menggunakan eyeliner di garis mata celupkan kuas kecil pada bedak wajah (sebaiknya pilih yang tanpa warna/translucent), dan dengan perlahan-lahan ulaskan di sepanjang garis eyeliner tersebut. Cara lainnya, gunakan eyeliner dalam formula tahan air (waterproof).
READ MORE - Selengkapnya

Cara Membersihkan Wajah Dengan Benar


Memiliki wajah bersih selain memperindah penampilan juga baik untuk kesehatan. Bagaimana cara membersihkan wajah? Berikut ini tips membersihkan wajah:


♥ Cuci tangan, agar kotoran yang menempel pada telapak tangan Anda dapat segera disingkirkan. Tangan yang kotor malah membuat wajah menjadi kotor.

♥ Basuh wajah Anda dengan menggunakan air hangat. Ini membantu membuat pori-pori menjadi terbuka sehingga kotoran dapat dengan lebih baik dikeluarkan. Kemudian keringkan dengan menggunakan handuk.

♥ Gunakan pembersih wajah dan gunakan dengan cara membentuk arah melingkar pada wajah. Diamkan selama beberapa saat, kira-kira 1 menit, kemudian keringkan dengan menggunakan handuk kecil atau tisu.

♥ Setelah pembersih wajah dibersihkan, gunakan air dingin untuk membasuh wajah. Tujuannya agar pori-pori wajah tertutup lagi.

♥Langkah terakhir dalam membersihkan wajah adalah dengan menggunakan toner. Kapas yang telah dibasahi toner kemudian ditepuk-tepukan pada wajah.

READ MORE - Selengkapnya

DAPATKAN KULIT MULUS DENGAN KOPI


Kopi? Hmmm…! Yang terbayang pertama kali pasti adalah aromanya yang khas. Jika Anda bukan penggemar kopi dan berpendapat bahwa minum kopi dianggap tak menyehatkan, Anda masih bisa, kok, menikmati kopi dan merasakan manfaatnya. Karena, ternyata kopi memiliki banyak khasiat untuk kecantikan kulit.


RAMUAN DUNIA
Kopi mengandung kafein tinggi yang selain mampu meningkatkan produksi adrenalin, juga dapat menghilangkan kantuk, dan mengurangi sakit kepala karena pelebaran pembuluh darah. Khasiat lainnya adalah mampu menurunkan produksi laktat yang merupakan sisa metabolisme energi otot yang menimbulkan rasa pegal-pegal pada tubuh.

Di India ada yang disebut perawatan udwartanam, yaitu perawatan scrub atau lulur dengan menggunakan media kopi. Perawatan yang memakan waktu kurang lebih 1,5 jam ini dipercaya dapat melangsingkan tubuh serta menghaluskan kulit jika dilakukan secara teratur.
Bagaimana langkah perawatannya?
Pertama, kulit disikat dengan menggunakan sikat tubuh, kemudian kopi dibalurkan ke seluruh tubuh sambil digosok. Setelah itu, proses diulang kembali dengan menggunakan bubuk herba khas India. Kemudian, setelah tahap scrubbing selesai, dilakukan sauna agar khasiat kopi dan bubuk herba dapat lebih menyerap ke dalam lapisan kulit. Kopi yang digunakan adalah biji kopi murni yang ditumbuk sendiri.

9 FAKTA KOPI UNTUK KECANTIKAN
1. Mampu mengangkat sel kulit mati sehingga bisa memperbaiki kulit yang rusak.
2. Dapat menetralkan kulit yang teriritasi sekaligus memberi nutrisi pada kulit.
3. Bisa menghilangkan bau badan.
4. Mampu merevitalisasi sel kulit baru dan menjaga kelembapan kulit.
5. Mampu menghilangkan bekas jerawat, vlek, dan noda hitam membandel.
6. Bisa menghilangkan selulit jika dilakukan secara teratur.
7. Dapat memperbaiki sirkulasi darah dan memecah lemak di tubuh yang dapat menimbulkan selulit.
8. Berfungsi sebagai astringent karena kandungan pH-nya sama dengan kulit kita (4,5) sehingga mampu mengurangi dan menghilangkan jerawat ataupun noda di kulit.
9. Memberi proteksi terhadap sinar UVA atau UVB.

READ MORE - Selengkapnya

WANITA BERMATA INDAH BERKAT PINTAR MEMAKAI MASKARA


Maskara adalah salah satu alat kecantikan yang hampir tidak ditinggalkan kaum wanita. Kosmetik yang bisa mempercantik bagian mata ini, kini warnanya semakin beragam, sesuai keperluan. Bagaimana, sih, memilih maskara yang tepat?

Maskara dibedakan berdasar jenis dan fungsinya

1. Menebalkan (thickening mascara)
Bagi wanita yang memiliki bulu mata panjang namun tidak tebal atau bulu mata pendek namun lentik, maskara jenis ini dapat membantu.

2. Agar tampak lentik (curling mascara)
Pilih sisir maskara berbentuk melengkung karena bulu mata lentik bisa tercipta dengan sisir sikat yang tepat dan lengkungan yang sempurna.

3. Kesan panjang (lengthening mascara)
Jenis maskara ini sangat pas karena mengandung plastic polymers yang akan menempel di ujung bulu mata.

Maskara yang dijual di pasaran mengandung 2 formula yang berbeda:
1. Non-waterproof mascara
Maskara ini mengandung formula yang tidak tahan air dan mudah luntur. Keuntungannya, mudah dibersihkan. Cukup gunakan air hangat.

2. Waterproof mascara
Mengandung formula tahan air. Untuk nenghapusnya tersedia pembersih khusus riasan wajah (eye make-up remover) atau baby oil.

Cara menggunakan maskara cukup mengoleskan maskara mulai dari akar bulu mata ke arah uar. Sebaiknya perhatikan juga, bila alat pengoles maskara sudah terlalu tebal dengan cairan maskara, rendam dulu dalam air hangat agar sisa-sisa maskara terlepas dari spiralnya, kemudian kibas-kibas, sampai betul-betul kering.

Menurut pakar kecantikan, kemasan maskara ada dalam tabung aluminium atau tabung plastik mirip pensil. Maskara sendiri berupa cairan kental dan encer. Alat pengolesnya berupa spiral, tetapi ada juga lengkap dengan sisir untuk meratakan maskara.

Sebaiknya pilih maskara yang kental, selain mudah menempel pada bulu mata, juga cepat kering. Maskara yang terlalu cair, pengeringannya lama dan bisa-bisa bulumata yang sudah lentik jadi lurus kembali
.

TIPS:
Warna maskara bisa memberi efek khusus bagi pemakai:
1. Warna hitam memberi kesan formal
2. Warna biru, ungu dan emas memberi kesan dramatis
3. Warna cokelat memberi kesan alami

Sumber ; TabloidNova.com
READ MORE - Selengkapnya

Hati-Hati.. Jangan Salah Pilih Lip Gloss


Beberapa artikel baru-baru ini menyebutkan efek samping dari penggunaan lip gloss. Kilau memukau bagai gelas pada bibir karena pemakaian lip gloss justru disinyalir dapat mempertajam paparan sinar matahari pada kulit bibir. Benarkah?


Dr. Baumann, penulis buku best seller “The Skin Type Solution”, menyebutkan hal tersebut mungkin terjadi.

Kulit Bibir tak memiliki kelenjar sebum yang dapat memproduksi minyak alami seperti halnya kulit pada daerah lain. Hal inilah yang menyebabkan kulit bibir menjadi lebih cepat kering. Terlebih lagi, karena tidak adanya perlindungan kelenjar sebum tersebut, kulit bibir menjadi lebih rentan terhadap kerusakan yang diakibatkan paparan sinar matahari. Hasilnya? Degenerasi kolagen dan elastin – yang menyebabkan hilangnya elastisitas kulit bibir, meningkatnya jumlah guratan, serta meningkatkan risiko terkena kanker kulit.
Masalahnya, banyak orang mengatasi kekeringan kulit bibir dengan sekadar memakai pelembab bibir, atau lip gloss dan lip balm yang tidak mengandung SPF. Mereka tidak terlalu merisaukan kerusakan pada kulit bibir yang diakibatkan paparan sinar matahari. Padahal, penggunaan lip gloss yang memberikan efek berkilau (shiny lip glosses) dapat mengintensifkan paparan sinar matahari.

Karena itu sebagai solusinya, pemakaian lip gloss yang mengandung SPF sangat dianjurkan. Atau, pilihlah lip balm dengan sunscreen yang tidak mahal dan aplikasikan berulang pada bibir. Selanjutnya, anda dapat menambahkan lipstik atau lipgloss apapun yang anda suka. Akan lebih bagus lagi bila anda menggunakan lip balm, lipgloss atau lipstik yang juga mengandung vitamin E. Selain kaya akan pelembab, vitamin E merupakan antiokasidan kuat yang dapat mengobati kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

READ MORE - Selengkapnya

Ternyata Tempe Bisa Bikin Kulit Mulus




Makanan-makanan yang kita asup sehari-hari akan berpengaruh terhadap tampilan kulit. Karenanya, jangan lupakan asupan makanan-makanan yang bisa membantu kulit Anda tampil lebih berseri-seri, seperti makanan-makanan berikut ini:


Stroberi
Satu cangkir stroberi memiliki kandungan vitamin C yang sangat besar. Stroberi merupakan sumber antioksidan yang mampu mendorong produksi serat kolagen yang bisa menjaga kulit tetap halus dan kenyal. Makin banyak vitamin C bisa pula diartikan berkurangnya garis-garis halus.

Wanita yang kekurangan asupan antioksidan kemungkinan akan memiliki kulit yang kering dan cenderung berkeriput. Penelitian pun mengatakan bahwa kandungan ellagic acid, zat antioksidan yang sangat banyak dalam stroberi akan menjaga serat elastis pencegah kulitmenggelayut. Ditambah lagi, stroberi menurunkan risiko kanker dengan melawan perkembangan sel-sel kanker.

Apel
Zat bernama quercetin, antioksidan yang ada di banyak varietas apel memberikan proteksi yang baik untuk mencegah efek "terbakar" akibat sinar UVB yang bisa memicu kanker kulit. Di tempat tinggal seperti Indonesia, Anda akan sering terpapar sinar matahari, jadi upayakan untuk mengonsumsi apel di pagi hari (tentu jangan lupa untuk menggunakan tabir surya juga).

Mengonsumsi 2 buah apel atau lebih dalam seminggu selama setahun bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 15 persen. Ini merupakan hasil studi terhadap 34.000 wanita yang memasuki masa menopause. Apa pun varietas apel yang Anda pilih, jangan lupa untuk mengonsumsi kulitnya karena di sanalah sumber utama antioksidan pada apel. Namun, karena banyak perusahaan apel menggunakan zat pestisida, disarankan untuk mengonsumsi apel organik yang bebas zat-zat berbahaya bagi kesehatan.

Kedelai
Sebuah studi menyatakan bahwa kerut-kerut tipis pada wanita yang mengonsumsi makanan yang mengandung isoflavon dari kedelai, seperti tempe, tampak berkurang. Para relawan mengonsumsi aglycone, yang setara dengan 3 ons tempe per hari selama 12 minggu. Bonusnya lagi, dengan menambahkan tempe pada makanan Anda sehari-hari bisa mengurangi risiko kanker endometrial dan ovarium, diabetes, juga mencegah tumbuhnya bibit kanker payudara. Cobalah untuk mengonsumsi kacang edamame, tempe, tahu, untuk menggantikan daging merah maupun unggas.

Telur
Dua zat antioksidan yang terdapat pada telur, yaitu lutein dan zeaxanthin, memberikan perlindungan berkali lipat melawan sinar ultraviolet yang bisa menyebabkan garis halus, bintik hitam, dan kanker kulit. Berkat kedua zat ini pun, kulit bisa makin terlihat lembut, kenyal, dan terhidrasi. Lebihnya lagi, mengonsumsi satu butir telur per hari secara signifikan meningkatkan tingkat lutein dan zeaxanthin dalam darah (bukan kolesterol). Artinya, bisa mencegah kerusakan dengan melindungi retina dari kerusakan akibat sinar, seperti dipaparkan pada Journal of Nutrition.

Minyak zaitun extra-virgin
Dilaporkan oleh Lancet Oncology, lemak sehat dalam minyak zaitun extra-virgin mengandung serangkaian asam lemak esensial yang membantu kulit melawan kerusakan akibat sinar ultraviolet. Asam lemak esensial juga merupakan bagian dari sel membran yang membantu menjaga kelembaban kulit. Tubuh tidak bisa menciptakan asam lemak esensial. Karenanya, cobalah untuk mengonsumsi 1 sendok makan minyak zaitun per hari untuk menjaga kekenyalan kulit.

Bonus lainnya, sebuah riset baru-baru ini mengatakan bahwa komponen dalam minyak zaitun, hydroxytyrosol, bisa menurunkan kolesterol dan membantu mencegah obesitasdan diabetes dengan membakar energi di bagian tengah sel tubuh. Menggunakan minyak zaitun untuk menyiapkan makanan juga bisa membantu membuat perut kenyang lebih lama, dan mencegah Anda dari mengemil berlebihan.

READ MORE - Selengkapnya

PENGGUNAAN MASKER ALPUKAT UNTUK KULIT KERING


Wajah adalah aset. Bagian itulah yang selalu diperhatikan orang. Bahkan mungkin sering menjadi ukuran penilaian. So, Anda pasti tak mau dibilang tak cantik, apalagi berantakan, karena kulit wajah yang kering dan berflek hitam kan? Coba saja kombinasi masker alpukat dan totok wajah.


Akhir-akhir ini makin banyak perempuan yang lebih senang melakukan perawatan wajah secara alami. Salah satunya adalah dengan menggunakan masker alpukat. Berbeda dengan masker pada umumnya, perawatan dengan masker alpukat ini dikombinasikan dengan totok wajah. Pijatan dengan teknik khusus di seluruh wajah untuk mengaktifkan titik-titik saraf wajah.

Tekanan atau pijatan itu membuat aliran darah di wajah menjadi lebih lancar, sehingga wajah terlihat kencang, segar, halus, dan bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, wajah diberikan masker alpukat. Dengan totok pada wajah dan dilanjutkan dengan masker alpukat, hasilnya wajah akan terlihat lebih cerah dan segar.

Buah alpukat yang dijadikan sebagai masker ini memberikan manfaat yang lebih. Buah ini mengandung zat asam amino dan vitamin, yang dapat mencegah penuaan dini dan mengatasi masalah kulit wajah seperti kering dan flek hitam.

Kandungan Alpukat
Alpukat atau avokad berasal dari bahasa Aztek yaituahuacatl. Buah ini memang berasal dari daerah tempat suku Aztek berasal, yaitu di daerah Amerika Tengah dan Meksiko. Awalnya buah ini mulai diperkenalkan oleh Martin Fernandez de Enrico, salah seorang pemimpin pasukan Spanyol, kepada orang-orang Eropa. Sejak itulah, buah alpukat mulai disebar.

Alpukat memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Alpukat setidaknya mengandung 11 vitamin dan 14 mineral yang bermanfaat. Alpukat kaya akan protein, vitamin E, vitamin A, riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), potasium (kalium), dan vitamin-vitamin ini berguna untuk menghaluskan kulit. Campuran vitamin E dan vitamin A berkhasiat dalam perawatan kulit karena perawatan kulit karena kombinasi keduanya membuat kulit menjadi kenyal, menghilangkan kerut, membuat kulit terlihat muda dan segar.

Selain itu, alpukat juga mengandung asam oleat yang merupakan antioksidan yang sangat kuat yang dapat menangkap radikal bebas pada wajah akibat polusi. Antioksidan akan mengikat radikal bebas sehingga mencegah timbulnya penyakit dan menunda proses penuaan pada wajah. Setelah menggunakan masker alpukat, kulit wajah yang kering akan terlihat segar dan cerah.

Selain melembapkan kulit wajah yang kering, juga mencerahkan kulit wajah. Jika ingin tampil cantik dengan cara mudah dan aman, tidak ada salahnya mencoba masker alpukat. Flek-flek hitam pada wajah akan berkurang setelah ditotok dan dimasker dengan masker kombinasi alpukat dan susu sapi asli.

Berikut ini beberapa tahap perawatan dengan masker alpukat:

Pembuatan masker
Ambil satu buah alpukat yang tidak terlalu matang. Belah menjadi dua bagian, lumatkan, dan tambahkan susu sapi asli.

Totok wajah
Sebelum wajah dibersihkan, lakukan totok pada titik-titik saraf di wajah selama kurang lebih 5 menit.

Pembersihan
Setelah itu, bersihkan wajah dengan cleaansing milk. Kemudian, angkat dengan spons yang telah dibasahi dengan air hangat.

Pemberian masker
Selanjutnya, usapkan masker alpukat pada wajah. Caranya, tarik kuas ke arah atas. Cara ini berguna untuk mengencangkan kulit wajah yang sudah mengendur.

Pengangkatan masker
Setelah masker diratakan, diamkan selama kurang lebih 15 menit. Lalu angkat dengan spons yang telah dibasahi dengan air hangat. Gunakan masker alpukat ini minimal satu hari sekali untuk mendapatkan wajah yang segar, cerah, dan lembap.Sumber ; OkeZone.com

READ MORE - Selengkapnya

Beberapa Makanan yang Cepat Bikin Gemuk





Anda sangat suka sekali menyantap makanan, tapi hati-hatilah. Bisa jadi makanan yang anda sukai dan sering anda jadikan santapan membuat tubuh anda lebih cepat menggembung. Inilah makanan yang dapat membuat anda lebih cepat gemuk menurut situs WebMD :

Es Krim.
Betapa nikmatnya menikmati krim dingin dengan rasa vanila, strawberry maupun coklat saat cuaca panas. Tapi waspada, jika anda tidak berhati-hati, kalori yang terkadung di makanan dingin ini dapat diserap dengan cepat.

Jadi lupakanlah betapa nikmatnya toping, kue waffle dengan es krim di atasnya, es krim cone yang anda nikmati saat di pusat perbelanjaan dan es krim stik favorit anda.

Akan lebih baik jika anda memilih untuk mengonsumsi yoghurt beku atau sorbet, atau jika anda merasa kesulitan ketika harus menghindari es krim, belilah es krim dengan kadar kalori yang ringan.

Hot Dog.
Perpaduan antara sosis panggang atau goreng yang dibalut dengan roti hangat dan siraman mayonaise maupun saus memang sangat nikmat. 

"Buatlah hotdog sesederhana mungkin, tetap nikmati tapi tidak lebih dari satu hotdog. Karena hotdog tidak hanya mengandung lemak yang tinggi tapi juga mengandung banyak sodium" Ujar Susan Moores, MS,RD, juru bicara American Dietetic Association (ADA).

Coklat.
Makan coklat memang menyenangkan sekaligus dapat menenangkan karena kadar kafeinnya. Dark Chocolate memang meimiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, tapi itu pun jika anda mengonsumsi dengan porsi yang sedikit.

"Nikmatilah kandungan satu ons polyphenol yang tinggi pada dark chocolate, dan jangan makan terlalu banyak karena akan banyak merugikan kesehatan karena kandungan lemak, gula dan kalorinya," kata Moore.

Toping, dressing dan Saus.
"Saus Hollandaise di atas asparagus, whipped cream di atas jus strawberry atau dressing dengan lemak tinggi pada campuran salad anda dari makanan sehat menjadi kalori dengan kadar tinggi bagi tubuh anda," kata Katherine Tallmadge, MA, RD, penulis Diet Simple : 192 Mental Tricks, Subtitutions, Habits Inspirations memperingatkan. Sebagai gantinya, pilihlah toping, dressing atau saus yang lebih light (ringan).


Minuman seperti iced coffee drinks, cocktail dan smoothies.
"kalori dalam bentuk cairan sangat cepat menyatu kedalam tubuh," kata jurubicara ADA Christine Gerbstdat, MD, RD. "Sebaiknya anda mengetahui apa yang terkandung di dalam minuman anda dan kurangilah makanan atau minuman dengan kalori tinggi."

Makanan penutup yang terbuat dari kacang, coklat dan kelapa dapat menjadi 'ranjau' kalori. 

Sarah Krieger, MPH, RD memberikan saran untuk menambahkan menu buah-buahan untuk makanan penutup. Salad yang dicampur dengan ayam, salad kentang, keju, mayonaise dan bahkan potongan roti dipenuhi dengan lemak dan kalori.

"Ganti saja hal-hal yang mengandung banyak lemak dan kalori tadi dengan sayuran hijau dengan tambahan light mayonaise." ujar profesor Universitas Boston, Joan Salge Blake, MS, RD.

Makanan yang dipanggang seperti iga bakar, steak, daging burger dan sebagainya memang nikmat.
Tapi hati-hatilah, daging-daging tersebut banyak tersisip lemak.

"Bakarlah ayam, ikan, daging tanpa lemak bersama dengan sayuran dan buah-buahan," kata jurubicara ADA Marissa Moore, RD. 
Buah kelapa banyak ditemukan di berbagai makanan seperti di dalam cake maupun smoothies. 
Buah kelapa mengandung lemak jenuh, pemanis, termasuk diantaranya 129 kalori dan 8 gram lemak.

"jika anda menikmati porsi besar buah kelapa, maka kadar kalori dalam tubuh anda akan meroket. Misalnya masakan yang mengandung kelapa seperti udang goreng kelapa yang mengandung 300 gram kalori," ujar Gerbstadt.

READ MORE - Selengkapnya

Olahraga Yang Bisa Dilakukan Di Kantor




Ingin tahu olahraga apa yang bisa dilakukan selama Anda di kantor? Kali ini Anda bisa memanfaatkan botol air untuk melatih otot tangan Anda saat di kantor.


Ada tiga cara yang bisa dilakukan. Untuk memperkuat otot tangan Anda, latihan Front Raise bisa dicoba. Lakukan dengan cara posisi duduk tegak sambil memegang botol mineral di tangan kanan dan angkat ke atas melewati bahu. Tahan sekitar dua detik, lalu lakukan dengan tangan kiri secara bergantian.

Latihan kedua adalah Overhead Press. Pegang botol dengan tangan kanan, dan letakan di samping kanan, sejajar dengan tubuh Anda. Siku dibengkokkan, dan arahkan tangan ke atas, melewati kepala. Lakukan juga dengan tangan kiri.

Selanjutnya masih dalam posisi tegak, Anda bisa memegang botol di tangan kanan, sejajar dengan pinggang, dan arahkan botol ke pundak. Latihan ini dinamakan Bisep Curl. Jangan lupa untuk melakukannya secara bergantian dengan tangan kiri Anda.

Sekarang, tangan anda akan tetap in shape selama di kantor.

Selamat mencoba!

READ MORE - Selengkapnya

Tidur Cukup di Malam Hari, Rahasia Jadi Langsing


Wanita yang susah memejamkan mata di malam hari, memiliki resiko jadi bertambah gemuk bahkan hingga obesitas, demikian menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Cleveland.


Dalam studi panjang yang dilakukan pada wanita paruh baya, yang hanya tidur selama 5 jam atau kurang tiap malamnya, 35% dinyatakan lebih mudah naik berat badan (sekitar 15 kg) dan 15% berubah jadi obesitas selang waktu 16 tahun, dibanding dengan wanita yang tidur 7 jam tiap malam. Peningkat kenaikan berat badan sebesar ini - 15 kg - dinyatakan lebih rawan terkena diabetes atau sakit jantung, demikian ungkap Dr, Sanjay Patel dari Case Western Reserve University.

Sedang wanita yang tidur 6 jam tiap malamnya, 12% memiliki kemungkinan mengalami kenaikan berat badan, dan 6% hingga mengalami obesita. Wanita yang mengaku hanya memiliki jam tidur 5 jam atau kurang tiap malamnya, rata-rata, mulai bertambah berat badan kurang lebih 2 kg pada awal studi, dibanding dengan yang tidur cukup, hingga 7 jam setiap malamnya.

Setelah menghitung pengaruh usia dan kenaikan berat badan di awal penelitian, para wanita yang tidur 5 jam atau kurang pada masing-masing malam, bertambah berat badan hingga 1/2 kg atau lebih. Para wanita yang bisa terlelap selama 6 jam tiap malamnya, bertambah berat badan hingga kurang lebih 1 kg, jika dibanding dengan yang tidur cukup

Menurut Medical News Today, Dr. Patel mengatakan ia meyakini kalau orang-orang yang tidur nyenyak lebih dari waktu mereka terjaga - ini membantu mereka mengkonsumsi lebih banyak kalori. Demikian juga hormon-hormon cenderung tersentil sebagai akibat berapa banyak waktu yang kita gunakan gunakan untuk tidur - dan bukan itu saja, ini juga tergantung berapa banyak kalori yang kita bakar tiap harinya.

Untuk membuat tetap/jadi langsing, orang harus berfokus pada tiga faktor: Tidur memadai, kecukupan nutrisi, aktivitas fisik. Anda dapat menayakan pada pelatih olahraga, tentang rahasia fitness terbaik, dan mereka akan mengkombinasikan latihan yang bagus, pola makan dengan makanan terbaik dan tidur teratur.

"Pada titik ini kami tak mengerti kenapa kekurangan tidur memungkinkan kenaikan berat badan, tapi itu bisa terjadi karena mereka lebih lelah, wanita biasanya kurang melakukan latihan," ujar Dr, Patel. "Atau, kekurangan tidur bisa disebabkan perubahan rata-rata basal metabolisme."
sumber

READ MORE - Selengkapnya

TIPS MANDI DAN KHASIAT MANDI



Ternyata mandi tidak cuma segar tapi juga berkhasiat. Baru-baru ini ada penelitian mengenai mandi, bahwa selain untuk membersihkan tubuh ternyata mandi juga memiliki peranan dalm meningkatkan sistem kekebalan, mencegah penyakit kulit, bahkan untuk menyembuhkan masalah medis yang serius.

Beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa mandi itu berkhasiat antara lain ;
1. Sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine : Untuk penderita diabetes, dengan setengah jam berendam dalam bak air hangat dapat menurunkan tingkat gula darah sekitar 13 persen.

2. Penelitian terpisah di Jepang : Dengan berendam selama 10 menit dalam air hangat dapat memperbaiki kesehatan jantung baik pria maupun wanita.

Adapun manfaat mandi dan petunjuk mandi yang sehat dapat dilihat di bawah ini ;

1. Mengeluarkan racun 

Dengan mandi air hangat sekitar 32-35 derajat Celsius dapat membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan toksin.karena akan membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik. Waktu yang dianjurkan selama 10-20 menit.

2. Stress 

Ternyata mandi air dingin dapat menghilangkan stress karena meredakan ketegangan,dan dianjurkan dengan temperatur sekitar 12-18 derajat celcius. Nah hal ini kebalikan dari air hangat karena akan mempersempit darah dan meningkatkan tingkat gula darah. Oleh sebab itu untuk penderita diabetes tidak dianjurkan untuk mandi air dingin.

3. Eksema

Untuk penderita penyakit kulit seperti eksema, ruam, gatal-gatal dapat menambahkan baking soda ke dalam bak mandi karena berdasarkan penelitian baking soda itu bertindak sebagai antiseptik. Caranya pertama-tama isi air dengan air hangat kuku, tambahkan kira-kira satu pound baking soda dan aduk sampai rata. Dianjurkan berendam selama 10-20 menit.

4. Infeksi

Untuk infeksi seperti sariawan dapat menambahkan pada air hangat yaitu tiga atau empat cuka dari sari buah apel dan berendamlah selama 15-20 menit. Ini juga baik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh karena cuka dapat menyeimbangkan kembali asam.

5. Flu dan Sakit Kepala

Untuk menyembuhkan flu dan sakit kepala dapat dilakukan dengan merendam kaki dalam air hangat. Masukan air hangat secukupnya dalam bak sampai menutupi kaki dan pergelangan kaki tambahkan beberapa tetes minyak seperti lavender, peppermint atau lemon. Setelah selesai basuh dengan air dingin. Lakukan selama 10-20 menit.

6. Insomnia

Untuk penderita insomnia atau yang memiliki masalah tidur dapat merendam kaki dalam air dingin . Masukan kaki sampai kaki merasa dingin. Pengobatan ini juga berguna bagi kaki lelah, pendarahan hidung, dan sembelit.


7. Sirkulasi


Jika anda mengalami masalah sirkulasi maka cobalah dengan mulai merendam kaki selama satu atau dua menit dalam air hangat, kemudian 30 menit dalam air dingin. Cobalah lakukan selama 15 menit kemudian diselesaikan dengan air dingin.

Saat mandi, sebaiknya tidak menggunakan air terlalu panas. Air panas selain mengeringkan kulit, bisa pula mengeluarkan kadar minyak alami di dalam tubuh, atau membuat pembuluh darah halus muncul di wajah.


Mandi di bawah pancuran atau menggunakan gayung juga sangat

baik untuk kesegaran tubuh. Siraman air dingin bergantian dengan air panas akan membantu lancarnya peredaran darah dan metabolisme tubuh. Mandi dengan cara ini akan membuat tubuh segar bahkan pegal-pegal atau keletihan pun hilang.

Mandi berendam bisa Anda kombinaskan dengan cara spa. Caranya, tetesi air mandi Anda dengan minyak aromaterapi (minyak esensial), gel, dan sabun yang mengandung wewangian tertentu. Mandi uap juga bagus untuk kulit, karena uap dan air panas mempercepat terbukanya pori-pori kulit, untuk mempermudah terbuangnya racun-racun dan dalam tubuh.

Rasa Cantik Setelah Mandi

Selain untuk membersihkan tubuh, mandi adalah saat di mana perempuan bisa menikmati kecantikannya.

Jangan sepelekan mandi. Kegiatan membersihkan tubuh dengan air dan sabun yang rutin kita lakukan dua kali sehari ini ternyata memiliki banyak manfaat. Selain menyegarkan, mandi juga bisa membangkitkan mood dan energi.

Bangsa Mesir kuno sudah percaya bahwa mandi rendam bisa membersihkan tubuh dan membantu ketenangan jiwa. Tradisi mandi dengan air untuk penyembuhan penyakit juga telah lahir sejak ribuan tahun lalu. 

Di keraton-keraton Jawa dan Bali, sejak lebih seabad lalu telah ada pemandian untuk putra-putri Keraton, misalnya Taman Sari di Yogyakarta atau Tampaksiring di Bali. Di situ, para putri dimanjakan dengan mandi menggunakan rempah-rempah untuk lulur atau minyak esensial untuk pijat. 

Selain rempah-rempah, banyak kekayaan alam yang telah dimanfaatkan untuk merawat kecantikan. Misalnya susu, lumpur laut, bunga mawar, madu, minyak zaitun, buah-buahan, dan masih banyak lagi. 

Setiap bahan alami yang biasa dipakai memiliki khasiat berbeda, misalnya untuk mengangkat sel kulit mati digunakan strawberi atau kopi sebagai bahan scrub;berfungsi mengecilkan pori-pori (astringent) alami, seperti mentimun, minyak mawar, dan teh hijau; atau berfungsi melembutkan kulit, misalnya susu, alpukat, dan kelapa.

Efek Psikologis

Berendam atau membasuh tubuh dengan air setelah didera aktivitas seharian bisa memberikan efek psikologis, terutama untuk membangkitkan mood.

Tentu saja untuk mendapatkan kesegaran dan energi baru setelah mandi, kegiatan mandi tidak bisa dilakukan dengan tergesa-gesa. Kita perlu memasukkan unsur memanjakan tubuh dalam acara mandi. Misalnya saja berendam dalam bunga, mencampurkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam air hangat yang akan dipakai mandi, menggunakan sabun dengan aroma yang paling disukai, dan masih banyak lagi.

Dalam kondisi tubuh yang bersih dan segar, pasti kita akan lebih siap menerima segala hal dengan pikiran positif. Dan pikiran yang positif akan membuat kita merasa nyaman dengan diri sendiri. Jadi, yuk kita mandi!


READ MORE - Selengkapnya

Bagi Wanita Alas Bedak Adalah Kunci Kesempurnaan Riasan


Memilih alas bedak yang tepat merupakan kunci kesempurnaan riasan. Sekarang bukan jamannya lagimake up yang tebal dan berat seperti topeng. Untuk mencapai wajah yang cerah tanpa riasan yang terlampau tebal, Anda membutuhkan alas bedak dan bedak yang formulanya ringan dan paling mendekati tekstur dan warna kulit wajah Anda.


Agar alas bedak tampak alami, Anda bisa meniru trik dari James Kaliardos, penata rias untuk L’oreal. Ulaskan warna terang di bagian bawah mata, hidung dan pipi atas, agar dimensi wajah terlihat lebih tegas. Lalu bubuhkan warna bronze atau keemasan di pipi, pelipis, dan rahang atas. Terakhir, sempurnakan dengan warna nude di pipi tengah, dahi dan dagu.

Selain menyamarkan ’ketidaksempurnaan’ kulit wajah, alas bedak ternyata juga bisa melangsingkan bentuk wajah yang terlihat lebih bulat atau lebar. Caranya, aplikasikan warna transparan yang berbeda-beda yang paling mendekati warna kulit Anda. Baurkan warna gelap di sekitar tulang wajah, pelipis, ujung wajah dan sisi hidung. Lakukan dengan lembut hingga hasilnya tampak halus, samar dan merata.

Selain trik mengaplikasikan alas bedak, James juga memberikan panduan untuk memilih warna alas bedak yang sesuai dengan warna kulit. Jika warna kulit Anda pucat, gunakan warna Rose agar kulit terlihat lebih bercahaya. Gunakan kuas untuk mencerahkan kulit pucat atau kusam.

Jika kulit Anda kekuningan, James menyarankan agar Anda menggunakan rangkaian warna nude agar kulit tampak alami. Selain itu, warna kuning bisa mencerahkan warna kulit secara keseluruhan. Sedangkan untuk warna kulit kemerahan, terutama yang memiliki noda bekas jerawat dan bertekstur kasar, pilih warna nude untuk menyamarkan noda.
Terakhir, untuk mendapatkan riasan wajah nan segar dan alami, jangan hanya mengandalkan make up semata, Anda juga harus melakukan perawatan wajah secara teratur. Jika kulit wajah tidak bersih, maka riasan tidak bisa menempel sempurna, karenanya bersihkan wajah setiap hari. Selain itu, rawat kelembaban kulit dengan selalu mengenakan pelembab dan lindungi dengan tabir surya.
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails