Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

PENYEBAB VARISES DI BAGIAN KAKI


Varises adalah urat yang kebiruan biasanya ada di bagian kaki, tapi sekarang baru diketahui bahwa varises bukan hanya ada di kaki tapi juga ada di bagian lengan. Varises bisa mengakibatkan aliran darah terhambat dan menimbulkan rasa sakit dan tentu saja tidak sedap dipandang mata. Penyebab varises bermacam-macam salah satunya adalah dariketurunan/orang tua kita yang menurunkan varises juga karena jarang olah raga.

Varises biasanya diawali dengan tanda-tanda seperti: adanya rasa keram di malam hari, kaki lebih berat daribiasanya, rasa seperti gatal dan agak panas, adanya urat kebiruan di bagian kaki belakang, berubahnya kulit dan kesemutan.

Setiap orang tentu menginginkan kaki yang indah dan bebas varises. Berikut penyebab varises yang terjadi di bagian kaki yaitu:

  • Penyebab Varises yang diakibatkan oleh keturunan. Jika orang tua anda ada yang mengalami varises, maka bisa saja anda pun mengalaminya karena adanya bawaan dari orang tua/genetic.
  • Penyebab Varises yang diakibatkan oleh kehamilan. Banyak yang mengalami varises saat hamil hal ini karena meningkatnya aliran darah, dan tentu saja karena bertambahnya usia kehamilan yang semakinbesar. Varises yang terjadi pada saat hamil bisa terbawa sampai melahirkan dan ada juga yang tidak hilang walau sudah melahirkan.
  • Penyebab Varises karena banyak aktivitas yang mengharuskan duduk juga bisa menyebabkan varises, hal ini dikarenakan tubuh jarang bergerak dan darah menjadi terhambat. Terlalu banyak duduk juga menyebabkan adanya tekanan dibagian kaki dan akhirnya pembuluh darah bisa melebar.
  • Selain terlalu banyak duduk, penyebab varises juga disebabkan karena terlalu banyak berdiri. Jika terlalu sering / lama berdiri dapat menyebabkan tekanan darah di bagian kaki meningkat dan pembuluh bisa melebar.
  • Pada saat hamil terjadi varises yang diakibatkan oleh perubahan hormonal. Hal ini juga bisa menjadi penyebab varises pada usia lanjut atau usia masih muda.
READ MORE - Selengkapnya

Lidah Buaya Penyembuh Sakit Maag

Lidah buaya atau Aloe vera (Aloe barbadensis miller) adalah tanaman yang berwarna hijau serta memiliki banyak duri. Lidah buaya ini berasal dari Afrika, karena itu lidah buaya dapat hidup di musim kemarau. Daging lidah buaya bening tidak berwarna serta banyak mengandung air dan lendir. Baunya lidah buaya ini sangat khas, tajam dan berbau seperti daun hijau.

Lidah buaya ini dipercaya dapat menyuburkan rambut, sehingga orang zaman dahulu sebelum keramas dengan sampo selalu membalurnya dengan lidah buaya. Tapi dengan seiringnya perkembangan zaman, sampo lidah buaya banyak dijual di pasaran bebas. Lidah buaya juga dapat dimanfaatkan sebagai pelembab alami kulit. Malah ada beberapa orang yang menggunakan lidah buaya untuk mengatasi kulit belang. Lidah buaya ini dipercaya sebagai antiradang, antiinflasi, antijamur dan regenehrasi sel yang telah mati.

Kandungan. Lidah buaya memang sangat baik bagi tubuh, karena mengandung enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida, karbohidrat, lemak, air, hormon dan masih banyak lainnya. Zat yang paling bermanfaat adalah aloe emodin, zat ini digunakan sebagai insulin bagi para penderita diabetes. Lidah buaya pun dapat dikatakan sebagai antiradang karena gel lidah buaya ini mengandung bradykinese yaitu suatu enzim yang berfungsi sebagai pemecah antiradang.

Seiring dengan perkembangan dunia pengobatan herbal, lidah buaya ternyata dapat meredakan penyakit maag. Lidah buaya dapat mengobati asam lambung karena sifatnya mendinginkan. Selain itu kandungan yang paling baik untuk meredakan asam lambung adalah aleonin dan magnesium laktat.

Cara mengonsumsi lidah buaya untuk meredakan maag adalah:
1. Ambil sebanyak 500 gr lidah buaya yang telah dikupas dan diambil dagingnya.
2. Cuci hingga bersih agar tidak pahit. Kurang lebih cuci 3-4 kali.
3. Tambahkan 2 sdt madu.
4. Blender 500 gr lidah buaya yang telah dikupas tersebut.
5. Setelah halus, tuangkan ke gelas dan campurkan dengan 2 sdt madu.
6. Lalu, minumlah lidah buaya dan madu yang telah dihaluskan tersebut.

Untuk pengobatan maag, minum ramuan lidah buaya ini dua kali sehari, sebelum makan pagi dan sebelum tidur malam. Dengan rajin minum ramuan ini, kemungkinan besar dalam seminggu penyakit maag dapat sembuh. Bagi wanita hamil, sebaiknya tidak minum ramuan lidah buaya ini karena dikhawatirkan akan berpengaruh pada janinnya.
disarikan dari http://kulitcantik-drmyrna.com/
READ MORE - Selengkapnya

METODE UNTUK MENGHILANGKAN FLEK HITAM DI WAJAH




Jika perawatan permukaan tidak cukup mengatasi flek hitam, anda mungkin mempertimbangkan chemical peel. Dilakukan dengan pemberian asam konsentrasi tinggi. Diklasifikasikan oleh tiga tingkat kekuatan:. Ringan, menengah dan mendalam Banyak orang yang tidak menyukai metoda ini karena kulit mengalami merah-merah yang cukup lama.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan metode chemical peeling


Mikrodermabrasi adalah prosedur yang menggunakan kristal yang sangat halus untuk menggerus bintik-bintik gelap dari kulit Anda. Metoda ini sedikit tidak disukai karena membutuhkan proses berkali-kali selama beberapa bulan.

Mikrodermabrasi untuk menghilangkan flek hitam

Perawatan Laser

Perawatan laser menggunakan gelombang cahaya berkecepatan tinggi untuk menghancurkan bintik noda hitam serta flek hitam, yang menjadi penyebab melanin. Daerah berpigmen akan menyerap cahaya, dan dihancurkan kemudian berevaporasi. Tubuh akan bereaksi untuk menyembuhkan daerah tersebut, dengan membentuk keropeng atau kudis, dan berkembang menjadi kulit baru yang lebih segar. Metoda laser sangat efektif, tapi mahal, dan bisa menyakitkan. Dan mungkin harus juga dilakukan berkali-kali. Laser resurfacing biasanya membutuhkan waktu sedikit lebih lama supaya kulit kembali pada kondisi normal.

READ MORE - Selengkapnya

ANEK TIPS ATASI FLEK HITAM DI WAJAH

Menyambung postingan dari Mengatasi Flek Hitam diwajah dengan daun sirih, berikut cara dan tips alami mengatasi flek hitam di wajah

Untuk Penanganan Flek Hitam yang ringan anda bisa menggunakan cara alami seperti berikut:
  • Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Masker Bangkuang Secara Rutin
  • Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Lidah Buaya, potong tipis-tipis lidah buaya dan tempelkan di wajah.
  • Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Jeruk Nipis Sebagai Masker Secara Rutin
  • Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Kulit Pepaya Sebagai Masker
  • Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Beras lalu dicampur Kayu manis, tumbuk hingga halus dan jadikan masker secara rutin. 

Tips tersebut sebenarnya masih banyak sekali penanganan tentang Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah akan tetapi biasanya saya cukup menggunakan lidah buaya yang cara penggunaanya anda bisa lihat di atas pada nomor 2. Cara tersebut menurut saya cukup manjur dan amuh bagi anda yang memiliki jenis kulit berminyak. Sedangkan untuk anda yang memiliki jenis kulit kering anda bisa menggunakan cara nomor 3 dengan jeruk nipis yang anda buat masker selama kurang lebih 30 menit. 

Sedangkan bagi anda yang mempunyai masalah flek hitam secara berat atau parah dan sudah mencoba cara alami tapi tidak hilang-hilang anda bisa berkonsultasi masalah anda ke dokter spesialist kulit terdekat. Dengan anda berkonsultasi masalah anda dapat teratasi dengan cepat. Well, Semoga informasi Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah tersebut bermanfaat buat anda yang membacanya dan masalah flek hitan anda bisa cepat hilang.

Bagi anda yang sudah mencoba berbagai macam cara alangkah baiknya anda mencoba kembali tips diatas dengan tambahan sedikit madu pada setiap bahan yang anda ingin gunakan. 

Jangan pernah sesekali anda menggunakan bahan kimia atau kosmetik berbahaya ketika anda bernafsu untuk menghilangkan flek hitam diwajah anda karena itu semua akan baik buat anda sesat dan buruk buat anda selamanya dikemudian hari.

Ingat! tidak ada cara yang serba instan, segala sesuatu yang serba instant untuk Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah akan berdampak buruk buat anda sendiri. Jangan rusak wajah anda dengan coba-coba!
READ MORE - Selengkapnya

MENGENAL TREND SUNTIK PUTIH

Suntik Putih


Tren suntik putih yang banyak dilakukan para artis sekarang sudah banyak dilakukan oleh para masyarakat kaum pria maupun wanita, karena cara kerjanya yang efektif, tidak seperti produk produk pemutih yang dijual di pasaran. Banyak orang berusaha untuk memutihkan kulitnya karena itu bermacam produk dan perawatan pemutihan kulit laris manis terjual. Di antara treatment yang dapat memutihkan kulit yang efektif adalah dengan cara Suntik Putih.

CARA KERJA

Suntikan vitamin C plus tathion maupun suntik placenta dan oxydermal efektif mencerahkan kulit jika dilakukan secara rutin dan teratur. Efek kulit cerah dan bercahaya, dapat terlihat hasilnya selama lima kali penyuntikan, dan dilakukan sekali dalam seminggu.Jika diteruskan dengan 10 kali penyuntikan, kulit lebih cerah asal diiringi cream pemutih. “Efek sampingnya tidak ada, karena tathion ini membuat lever dan ginjal kuat. Sedangkan vitamin C baik untuk metabolisme tubuh. Kalau metabolisme dan organ tubuh baik dengan sendirinya kulit juga bagus,” terangnya. Suntik vitamin C plus tathion berefek lebih bagus pada kulit apalagi dikpmbinasikan dengan oxydermal. Tathion juga biasa diberikan dalam bentuk tablet yang diminum setiap hari selama mengikuti program pemutihan kulit. Konsumsi tablet tersebut untuk pemeliharaan dari efek suntikan agar tetap bertahan.

MINIMAL 10 KALI SUNTIK
Bila ingin mencerahkan / memutihkan kulit dengan treatment ini harus rutin melakukannya. Minimal sepuluh kali melakukan suntik setiap minggu, baru hasilnya terlihat. Selanjutnya melakukan maintenance sebulan sekali. Bagi mereka yang pada dasarnya pigmennya putih, biasanya dengan lima kali disuntik sudah akan terlihat warna kulit aslinya

EFEK SAMPING

Selama ini treatment suntik putih tidak mempunyai efek samping, justru membuat tubuh kita fit karena cara kerjanya sebagai antioxidan.

CEPAT ATAU LAMBAT

Tergantung Warna Kulit, sejalan dengan bertambahnya usia, sel-sel pengatur pigmen sering kurang berfungsi dengan baik, di antaranya memproduksi melanin dalam jumlah berlebihan pada bagian tubuh yang sering terkena sinar matahari. Karena itu peremajaan kulit umumnya dilakukan oleh wanita berusia lebih dari 25 tahun. Sebenarnya tujuan utama peremajaan kulit adalah membuat sel-sel pengatur pigmen berfungsi normal kembali, atau tidak memproduksi melanin secara berlebihan. Ternyata treatment dengan suntik ini tingkat kenerhasilannya tinggi bahkan bagi yang berkulit gelap sekalipun bisa menjadi putih apabila melakukan suntik ini secara contineu sesuai dengan yang dianjurkan tentunya tanpa melebihi dosis. Memang semakin oramg tersebut kulitnya cerah maka tidak perlu disuntik berulang-ulang. Tetapi kalau memang kulitnya gelap, otomatis memang akan memakan waktu lebih lama. Yang perlu diingat Kegiatan Pasien juga berpengaruh pada hasil treatment ini. Selain itu juga kebersihan diri sangat mempengaruhi, bagi mereka yang malas dalam merawat kulit. Setelah melakukan treatment, perawatannya harus dibantu dengan pemberian body lotion dan juga sangat dianjurkan untuk melakukan treatment luluran / scrubbing badan paling tidak 2 minggu sekali.

PUTIH SELURUH TUBUH

Treatment ini bisa dilakukan minimal pada mereka yang berusia 17 tahun. Namun untuk kondisi tertentu, misalnya pada mereka yang terkena luka bakar yang sudah lama sehingga membekas, walau usianya masih 15 tahun, bisa dilakukan suntikini untuk memudarkan bekas luka. Kelebihan dari treatment ini adalah seluruh bagian tubuh (termasuk tumit, pantat, sela sela tubuh lain) bisa putih dan cerah, berbeda bila kita memberikan krim / lotion yang cerahnya hanya pada bagian yang diberi krim / lotion. Sementara dengan suntikan bahan-bahan pemutih itu mengalir bersama darah ke seluruh tubuh dan bekerja menghambat melanin dari dalam. Karena mengalir ke seluruh tubuh, sifat pencerahannya tidak lokal, misalnya wajah atau tangan saja, tapi seluruh kulit / badan. Daerah yang lazim disuntik adalah di intra muscular (biasanya daerah sekitar bokong) dan di intra vena (daerah dalam lengan, sekitar siku bagian dalam)

DOSIS HARUS TEPAT

Injeksi whitening di selingi oleh injeksi vitamin c sangat membantu mempercepat proses peremajaan kulit sehingga kulit lebih cepat putih. Seperti yang kita ketahui Vitamin C itu salah satu fungsinya adalah untuk menjaga stamina untuk kekebalan tubuh, namun dalam hal ini yang paling penting adalah Vitamin C sangat berguna untuk kulit, untuk mempercepat pergantian sel. Dalam hal efektifitas, bila penyuntikan melalui pembuluh darah, penyerapannya lebih cepat, 100 persen ke seluruh tubuh.

What Vitamin C + Kolagen injection???
Kalau dibilang baru, sebenarnya tidak juga,namun penggunaan vitamin C melalui suntikan memang tambah populer sekarang ini,terutama dikalangan Wanita ibukota ( Remaja kususnya).Walau masih ada berbagai pro dan kontra dari beberapa kalangan peneliti, penggunaan yang tidak termasuk ilegalitas dalam praktek dokter,membuat penggunanya bertambah banyak. Hasilnya sendiri masih tergolong beragam, namun hampir setiap kali kita menemukan banyak pengakuan rata-rata kulit yang bertambah halus atau cerah dari para penggunanya, dan faktor ini juga yang menambah ketertarikan konsumen. Suntik Vitamin C dengan tambahan Kolagen sering digunakan untuk Lightening Treatment (pencerah kulit) yang fungsinya mencerahkan dan mengencangkan kulit.Dan Dicampur dengan beberapa produk lain (whitening agent) seperti tationil,heel,chero whitening dll agar hasilnya lebih maksimal..

Kolagen alami terdapat didalam lapisan kulit manusia untuk memperbaiki struktur kulit kita. Ia memberikan kemudahan, dan memberikan manfaat yang sangat baik untuk kelancaran kulit (elastis).Namun Ketika kita semakin bertmabah umur maka kemampuan untuk menghasilkan kolagen dalam tubuh kita akan berkurang dan menjadikan kulit kehilangan elisitasnya,keriput dan bahkan menimbulkan garis garis terutama pada bagian wajah (dahi).
Apa Manfaat dari injeksi Vitamin C + Kolagen???

1. Mengurangi keriput dan menghilangkan garis-garis halus di sekitar mata, wajah, dagu dan kulit tubuh .

2. Meningkatkan volume bibir

3. Memperbaiki jaringan parut dan depresi

4. Mencegah penurunan payudara dan buttock

5. Membuat kulit tampak lebih putih,bersih

6. Menghilangkan Jerawat dan flek – flek hitam

7. Menghambat penuaan dini

8. Meningkatkan daya tahan tubuh dan lain – lain

9. Menghasilkan kolagen untuk meningkatkan elastisitas kulit..

10. Mengurangi pigmentasi yang disebabkan oleh terpapar sinar matahari.

11. Mengurangi pori-pori kulit dan meningkatkan corak kulit


READ MORE - Selengkapnya

Mengatasi Flek Hitam Di Wajah Dengan Daun Sirih

Flek Hitam

Berikut tips mengatasi flek hitam di wajah yang patut anda coba :

Pertama, cobalah untuk rajin mencuci wajah apabila bagian wajah terasa kotor ataupun berminyak di sarankan menggunakan daun sirih, selain efektif juga sangat alami.

Kedua, coba uapi wajah anda dengan uap air the panas karena the mengandung anti oksidan yang bisa membuat wajah anda tetap lembab dan fresh.

Ketiga, gunaan masker alami yang terbuat dari campuran putih telur dengan madu serta jangan lupa membasuhnya ketika sudah kering dengan air hangat. Dan

Terakhir, ini harus di garis bawahi ; hilangkan kebiasaan anda memencet jerawat hal itu bukan membuat kulit anda menjadi baik namun sebaliknya

Tips mengatasi flek hitam di wajah tersebut bisa dilakukan oleh kalian karena mudah dan tidak memakan banyak biaya untuk mencoba tips tersebut. Lakukan tips tersebut secara konsisten dan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
READ MORE - Selengkapnya

Cara Mengatasi Rambut Rontok


1. Menjaga kebersihan dan kesehatan rambut

Yang dimaksud menjaga kebersihan dan kesehatan rambut disini bukan dengan keramas berkali – kali(berlebihan), akan tetapi, gunakanlah shampo yang memang sesuai dengan kondisi kulit kepala dan juga rambut anda. Pijitlah dengan lembut pada saat keramas, dan bilaslah hingga bersih tanpa menyisakan bekas shampo di rambut anda.

2. Jangan terlalu sering menggunakan alat – alat kecantikan untuk rambut

Janganlah terlalu sering mengeringkan rambut dengan hair dryer, menggunakan catokan dan juga curly, karena akan membuat rambut anda kering, patah dan menyebabkan kerontokan pada rambut.

3. Jangan menggunakan sisir bergigi rapat

Sisir bergigi rapat akan membuat rambut mudah sekali rontok, dan juga sakit pada saat penyisiran. Pilih dan gunakanlah sisir dengan gigi yang tidak terlalu rapat dan juga tidak dengan ujung yang tajam.

4. Jangan mengikat rambut terlalu kencang

Bagi para wanita pemilik rambut panjang, sangat panas dan juga ribet jika rambut tergerai bergitu saja, mengikat rambut merupakan kebiasaan yang pasti dilakukan oleh para wanita berambut panjang. Padahal mengikat rambut terlalu kencang akan membuat rambut mudah sekali rontok. Karena itu jika sedang mengikat rambut, gunakan karet yang memang untuk rambut(jangan karet gelang biasa!!), dan ikatlah jangan terlalu kencang.

5. Relaksasi

Hal ini harus dilakukan untuk orang yang mengalami kerontokan rambut dikarenakan stress. Relaksasi dengan bepergian ketempat baru, yang rileks sangatlah disarankan. Bisa juga dengan hal yang lebih simpel, yaitu pergi spa, yoga, dan lainnya.

6. Penuhi Kebutuhan nutrisi pada rambut

Jangan pernah berdiet secara sembarangan, karena salah – salah bukannya kurus, malah akan mengakibatkan kerusakan pada bagian – bagian tubuh kita, salah satunya kerontokan pada rambut. Lakukan juga creambath(tapi jangan terlalu sering) dengan masker rambut yang cocok dengan kondisi rambut dan juga kulit kepala anda.

7. Jangan mengucek – ucek rambut dengan kasar

Pada saat setelah keramas, jangan mengucek rambut dengan handuk terlalu keras/kasar. Karena malah akan membuat rambut tercabut secara paksa, karena pada saat itu rambut dalam keadaan lembab sehingga lebih rapuh.

8. Kurangi komsumsi kafein

Karena kafein dapat menghambat pertumbuhan rambut, dan juga kafein berlebih akan membuat rambut kering dan menjadi tidak sehat, akhirnya akan terjadi kerontokan.

9. Gunakan hairtonic, serum vitamin rambut

Terutama yang mengandung gingseng, karena gingseng dapat menyuburkan rambut, mempercepat pertumbuhan rambut, dan juga menguatkan akar rambut.

Dengan mengetahui penyebab rambut rontok yang anda alami, anda akan dapat memilih cara mengatasinya yang paling tepat dan sesuai. Banyak hal – hal yang biasanya dilakukan oleh kita, tanpa kita tahu bahwa ternyata hal itu merupakan penyebab dari kerontokan rambut yang kita alami.
READ MORE - Selengkapnya

Cara memerahkan bibir secara alami


Cara memerahkan bibir secara alami

Madu
Mungkin salah satu yang sudah akrab bagi para wanita yang sering melakukan perawatan , ya ,tidak hanya dapat digunakan untuk menyembuhkan jerawat di wajah Anda , madu juga dapat memberikan pemeliharaan sel-sel kulit bibir tidak hanya bahwa madu juga dapat melembabkan bibir secara Anda alami .

Caranya : siapkan madu murni dan kemudian oleskan ke bibir Anda , pengolesan dilakukan sebelum Anda pergi tidur .

Jeruk nipis
Buah yang satu ini memang banyak manfaat selain perawatan kulit wajah , menyingkirkan jerawat , komedo , dan perawatan kulit lainnya . Jeruk Nipis juga dapat membantu Anda untuk memudarkan warna hitam atau gelap di bibir Anda,jeruk nipis juga dapat mengembalikan sel-sel pigmen kulit alami .

Adapun cara yang harus Anda lakukan :
  • Siapkan Lime(jeruk nipis) , dan 2 sendok makan air hangat
  • Peras air jeruk nipis sekitar 2 sendok makan
  • Aduk jeruk nipis dan Air Hangat Menjadi Satu
  • oleskan pada Bagian Bibir Anda
  • Diamkan selama 15 atau kurang lebih 10 Menit
  • Bilas mulut Anda dengan air hangat

Pasta gigi
Ternyata pasta gigi juga efektif untuk membuat kulit bibir Anda menjadi merah, tapi menggunakan pasta gigi yang bebas deterjen , hal ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan .
Tapi tentu memerahkan bibir menggunakan pasta gigi dengan pasta gigi dapat juga sering Anda gunakan untuk menggosok gigi Anda .

Caranya : hanya oleskan pasta gigi ke daerah hanya bibir Anda sebelum tidur , diamkan 2 atau 3 menit , dan bilas mulut Anda . Olesi agak tebal namun tidak tipis dan merata .

Catatan penting lainnya : Jika Anda menggunakan cara ini Anda akan mengalami bibir kering sebelum tetapi hasilnya telah terbukti merah . Jika Anda tidak percaya cobalah. Anda juga dapat menerapkannya ketika Anda menyikat gigi.

Mentega
mentega ? Hmm mungkin Anda yang belum pernah membaca artikel tentang manfaat mentega mentega bingung apakah bisa memerahkan bibir ? Tapi rupanya mentega memiliki sifat untuk membuat bibir Anda merah alami .

Caranya : gosokkan sedikit mentega secara merata pada bibir Anda, lakukan cara ini sebelum tidur juga.

Minyak Zaitun
Caranya adalah sebagai berikut :
  • Siapkan minyak zaitun , dan gula putih
  • Campurkan kedua bahan sampai merata
  • Oleskan campuran tersebut ke bibir Anda sebelum
  • gosok Lembut bibir Anda
  • Dan bilas dengan air bersih
Lakukan ini 2 kali sehari pagi dan sore hari sehingga Anda akan merasakan perubahan itu .

Minyak kacang almond
Kandungan vitamin E ditemukan dalam minyak almond membuat minyak ini dapat Anda jadikan sebagai alternatif alami untuk memerahkan bibir , minyak almond bermanfaat untuk memberikan kelembaban pada bibir Anda

Adapun cara penerapannya :
  • Siapkan minyak almond
  • Terapkan untuk bibir Anda setiap kali Anda ingin tidur .
READ MORE - Selengkapnya

Panduan Memilih Shampo Untuk Rambut Rontok


Panduan menentukan shampo untuk rambut rontok.


1. Pakailah shampo yang khusus untuk rambut rontok 
di pasar ada banyak type shampo yang bisa dipilih sesuai dengan type rambut si pemakai. untuk rambut rontok semestinya menentukan shampo yang memanglah diperuntukkan untuk rambut rontok. pastikan shampo ini. janganlah memilih shampo untuk type rambut yang lain. atau apalagi janganlah menentukan shampo yang diperuntukkan untuk rambut rusak dimana di antara ciri rambut rusak yaitu ada rambut rontok. dikarenakan memilih shampo untuk rambut rontok maka dapat lebih mengutamakan perawatan untuk rambut rontok.

2. jangan gonta-ganti shampo 
bila memang telah bikin ketentuan untuk menentukan satu type shampo untuk rambut rontok anda, maka setialah pada shampo itu. janganlah senang untuk merubah ketentuan tersebut ganti shampo yang anda tentukan. dikarenakan tiap-tiap shampo mempunyai komposisi kimia yang tidak sama sesuai dengan apa yang diproduksi di pabrik pembuat shampo tersebut. karena bila shampo terus diganti dapat memberikan dampak yang kurang baik pada kulit kepala dikarenakan perbedaan bahan kimia yang ada didalam shampo.

3. shampo yang memiliki kandungan ekstrak lidah buaya 
banyak pilihan shampo untuk rambut rontok yang ada. tetapi, kandungan bahan yang diakui sangat bagus untuk memperbaiki rambut rontok yaitu lidah buaya. maka dari itu, pastikan shampo untuk rambut rontok yang memiliki kandungan ekstrak lidah buaya. sangat banyak manfaat dari lidah buaya ini untuk rambut terlebih untuk rambut rontok. lidah buaya bisa kurangi rambut rontok serta enzim yang ada didalamnya dapat untuk menguatkan rambut rontok
READ MORE - Selengkapnya

JENIS SARAPAN UNTUK AWET MUDA



Berikut adalah beberapa daftar makanan yang cocok dimakan saat pagi hari dan memiliki fungsi mencegah penuaan dini :

Selama bertahun-tahun, penelitian telah menunjukkan bahwa oatmeal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, dan berguna terhadap kerusakan sel, mengurangi keriput, dan mengencangkan kulit .

Telur mengandung banyak vitamin, terutama vitamin B, seperti B1 , B2 , B3 , B5 , B6 , B12 , kolin , biotin , dan asam folat . Vitamin B sangat bagus untuk menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit dan membuat kulit terlihat lebih segar.

Kandungan antioksidan dalam teh yang sangat tinggi, dan sangat baik untuk mencegah penuaan dini. Terutama antioksidan dalam teh hijau yang disebut EGCG, yang dapat mengurangi keriput dan meremajakan sel-sel kulit .

Jika Anda bosan dengan teh, Anda bisa menggantinya dengan jus buah delima. Studi menunjukkan bahwa segelas jus delima setiap hari dapat membantu mengurangi kerutan di wajah.
READ MORE - Selengkapnya

Perbedaan Body Lotion Dengan Body Butter


Tekstur dari body lotion ini lebih encer daripada yang lain, Body lotion merupakan pilihan paling tepat jika Anda membutuhkan pelembap yang dapat digunakan untuk seluruh bagian tubuh. body lotion juga sangat baik digunakan untuk Anda yang memiliki jenis kulit normal sedikit kering dan tidak terlalu bermasalah.

Lotion yang baik adalah lotion yang tidak terlalu berminyak dan menyerap dengan cepat. Lotion merupakan pilihan tepat jika Anda tinggal di iklim yang lembab atau ketika cuaca mulai panas .


Body butter memiliki tekstur sangat tebal mirip dengan margarin atau mentega. Hal ini karena body butter memiliki kandungan minyak yang sangat tinggi. Pelembab seperti ini biasanya sulit untuk dioleskan, berbeda dengan body lotion yang cenderung ringan. Ini akan sangat baik jika diterapkan di daerah yang sangat kering dan cenderung pecah misalnya sikut, lutut, dan tumit .

Body butter sangat dianjurkan untuk wanita hamil. Terutama di daerah perut, pinggul, dan paha untuk mencegah stretch mark karena kehamilan .
READ MORE - Selengkapnya

Mengobati Sakit Tenggorokan Dan Batuk Dengan Jus



 Mengobati Sakit Tenggorokan Dan Batuk Dengan Jus

Salah satu jus terbaik yang dapat Anda miliki untuk sakit tenggorokan adalah jus Jeruk Nipis. Jus Jeruk Nipis hangat akan membuat tenggorokan Anda merasa lebih baik dan menyingkirkan infeksi.

Jahe memiliki sifat antibakteri di dalamnya yang akan membantu untuk membunuh apapun infeksi di tenggorokan Anda. Siapkan pada setengah cangkir wadang jahe jika Anda sedang mengalami tenggorokan gatal.

Jus wortel memiliki banyak vitamin C yang ada di dalamnya yang akan membantu untuk menyingkirkan setiap infeksi di tenggorokan. Satu cangkir jus wortel selama 3 hari akan menyembuhkan sakit tenggorokan Anda.

jus Bawang putih, seperti jahe memiliki sifat obat alami di dalamnya yang akan menyembuhkan tenggorokan Anda dalam waktu singkat. Empat sendok makan jus bawang putih hangat baik untuk Anda.

Jus jeruk terdiri dari vitamin C yang pada dasarnya baik untuk tenggorokan Anda. Jika Anda mengalami sakit di tenggorokan Anda, Anda dapat menghirup

Jus Herbal dan semua alami adalah pengobatan terbaik untuk sakit tenggorokan. Untuk menghilangkan sakit tenggorokan dan setiap infeksi aloe vera juice dengan sedikit cengkeh ditambahkan ke dalamnya akan melakukan keajaiban.

Jus tomat yang dikonsumsi dua kali dalam satu hari dengan sedikit garam ditambahkan ke dalamnya dianggap pengobatan yang baik untuk sakit tenggorokan. Namun, Anda harus memastikan bahwa tomat manis dan tidak asam.

Sama seperti bawang putih dan jahe, mint sifat terlalu antibakteri di dalamnya yang akan membantu untuk membunuh infeksi apapun di tenggorokan Anda. Jika Anda menemukan sebuah pedas sedikit menambahkan sendok yogurt ke dalam jus.

Nanas mengandung enzim yang dikenal sebagai bromelain. Ia memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu dalam mengurangi iritasi di tenggorokan.

Kiwi juga adalah satu lagi jus alami Anda dapat mengkonsumsi ketika Anda memiliki sakit tenggorokan.Buah kiwi memiliki banyak protein di dalamnya yang membantu untuk menyingkirkan batuk kering.

Pisang Mengandung banyak potasium yang merupakan pengobatan alami dalam menyembuhkan sakit tenggorokan. Memiliki pisang setiap hari selama musim ini akan terus masuk angin dan batuk di teluk.

Jus Semangka akan membantu untuk membuat Anda terhidrasi dan dengan demikian akan membantu dalam Haling sakit tenggorokan Anda. Minum secangkir jus semangka hangat akan membantu untuk membuat tenggorokan Anda merasa lebih baik.
READ MORE - Selengkapnya

Perawatan Wajah Berdasarkan Jenis Kulit


Mengenal Jenis Kulit Yang Mempunyai Flek Hitam Pada Wajah
Kenali terlebih dahulu jenis kulit yang mempunyai flek hitam pada wajah agar mempermudah dalam perawatannya



Sebelum melakukan perawatan wajah, ada baiknya kenali dulu jenis kulit yang terkena flek hitam. Pada dasarnya kulit wajah terbagi dalam empat jenis, yaitu:

Kulit Normal
1. Biasanya di daerah T (seperti dahi, hidung dan dagu) memproduksi minyak berlebihan, pori-pori pun lebih besar dari pada bagian wajah lainnya.
2. Setelah wajah dibersihkan, kulit pipi akan terasa kencang.
3. Kerutan seiring bertambahnya usia akan ada di sekitar mata, dahi, dan bagian atas bibir.
4. Kulit mudah terbakar sengatan matahari, sehingga terlihat kemerahan atau kecokelatan.

Kulit Berminyak
1. Umumnya memiliki pori-pori besar dan berkomedo.
2. Kulit wajah tampak mengkilap serta riasan mudah luntur.
3. Kerutan di wajah lebih lambat ketimbang jenis kulit lainnya.

Kulit Kering
1. Mudah terkelupas dan terbakar jika terkena sengatan matahari.
2. Di udara dingin mudah teriritasi atau gatal-gatal.
3. Daerah T kadang seperti bersisik dan kulit wajah terasa kencang sesaat setelah dibersihkan.
4. Kerutan lebih cepat muncul, bukan hanya pada wajah, tapi juga pada kulit tubuh lainnya.

Kulit Sensitif
1. Mudah teriritasi jika kena kosmetik tertentu atau terkena paparan sinar matahari.
2. Kulit umumnya kering dan terkesan “tipis” sekali.
3. Kulit akan terasa kencang sesaat setelah dibersihkan.

Jika jenis kulit yang mempunyai flek hitam sudah diketahui, maka perawatan dan kosmetik kulit wajah yang dibutuhkan selanjutnya pun akan mudah didapatkan yang cocok.
READ MORE - Selengkapnya

ALASAN MENGAPA APEL PERLU DICUCI SEBELUM DIMAKAN



Mengapa apel harus di cuci? Alasan utamanya adalah karena apel termasuk dalam buah-buahan yang paling terkontaminasi pestisida. suatu penelitian dari Environmental Working Group tahun lalu mengatkan bahwa apel berada di bagian atas daftar buah-buahan dan sayuran yang paling terkontaminasi pestisida.

Pestisida sering dikaitkan oleh beberapa masalah kesehatan, terutama gangguan perkembangan pada anak2. Selain itu, pestisida juga dikhawatirkan akan karsinogenik dan dapat mengganggu sistem hormonal dalam tubuh .

Namun, kekhawatiran kontaminasi pestisida dalam buah-buahan dan sayuran tidak membatasi Anda untuk makan makanan sehat. Selain itu, serat dan vitamin dalam buah apel ini membuat manfaat melebihi efek buruk pestisida, Jika kamu sangat peduli dengan isi dari pestisida, selalu mencuci apel sebelum makan . Anda juga dapat membeli apel organik, meskipun memiliki harga yang lumayan mahal.
READ MORE - Selengkapnya

MENGATASI BATUK YANG DISEBABKAN GATAL DI TENGGOROKAN

berikut ada beberapa cara atasi batuk karena gatal tenggorokan.

Batuk kering disertai rasa gatal di tenggorokan biasanya disebabkan alergi. Bisa karena makanan, udara dingin, atau udara yang terlalu kering. Sebagai langkah awal, periksakan diri ke dokter untuk memastikan ada tidaknya radang. Jika terdapat radang, Anda dapat segera mendapatkan pengobatan tepat. Namun, bila tak ada radang, Anda harus mencari pemicu rasa gatal, kemudian hindarilah hal-hal tersebut. 

Selain itu, ruangan ber-AC juga bisa memicu rasa gatal pada tenggorokan. Coba matikan AC ketika tidur, ganti dengan pelembap udara khusus ruangan ber-AC. Atau, letakkan handuk basah di kamar Anda untuk melembapkan udara.

Jangan lupa minta obat alergi berupa antihistamin kepada dokter, untuk mengurangi batuk dan menyembuhkan luka-luka kecil di tenggorokan yang memicu rasa gatal. Sering-seringlah minum air hangat. Berkumur dengan air garam juga bisa dicoba karena garam berperan sebagai antiseptik sederhana.
informasi ini darifemina.co.id

Ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi Batuk Karena Gatal di Tenggorokan, seperti dikutip dari Timesofindia, yaitu:

1. Minum madu, diketahui madu terbukti efektif menjadi obat alami untuk sakit tenggorokan. Madu yang dikonsumsi bersama dengan teh jahe bisa lebih membantu.

2. Permen pelega tenggorokan, mengonsumsi permen bisa membantu mengeluarkan air liur sehingga mengurangi kekeringan serta gatal yang muncul di tenggorokan.

3. Berkumur dengan air garam, buatlah air hangat yang ditambahi sedikit garam lalu berkumur-kumur sebelum tidur.

4. Jika sedang musim dingin cobalah menggunakan pelembab udara, karena jika lingkungan kurang lembab bisa memicu gatal di tenggorokan.
disarikan dari  health.detik.com 
READ MORE - Selengkapnya

MENCEGAH DAN MENGOBATI BIANG KERINGAT BALITA


Biang keringat biasanya disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori sehingga keringat tidak bisa keluar dengan bebas. Ini diperparah jika keadaan udara panas dan lembab, maka keringat akan semakin banyak keluar. Bayi biang keringat biasanya rewel karena badannya gatal-gatal sedangkan mereka belum bisa harus bagaimana. Kulit pada bayi biang keringat tampak berbintik-bintik putih dan merah serta terasa gatal, terutama saat udara panas. 

Bagian yang terkena biang keringat tidak hanya kulit wajah saja, tetapi juga leher, punggung, dada, tangan, dan kepala. Sehingga tidak heran jika buah hati kita rewel saat biang keringatnya kambuh. Ada beberapa cara mengatasi biang keringat baik sebelum terkena ataupun ketika sudah terkena.

Cara Mencegah Biang Keringat :

1. Jagalah kebersihan badan, pakaian, dan lingkungan sekitar bayi Anda. Mandikanlah bayi Anda dengan rutin 2 kali dalam sehari. Jika udara panas dan lembab yang membuat buah hati banyak berkeringat, sering-seringlah mengelap badannya supaya badannya tidak basah dengan keringat yang bisa menyebabkan bayi biang keringat.

2. Berilah bayi pakaian yang tidak terlalu tebal, longgar, dan mudah menyerap keringat misalnya dengan pakaian dari bahan katun. Jangan memberinya pakaian yang ketat atau terlalu rapat. Berilah kelonggaran pada bayi Anda dan usahakan udara bisa bebas melewati antara sela-sela baju.

3. Gantilah baju bayi Anda dengan rutin atau jika telah kotor dan basah dengan keringat. Cucilah baju bayi Anda hingga bersih dan seterikalah supaya rapi dan kuman-kumannya hilang.

4. Buatlah sirkulasi udara yang baik di rumah Anda atau kamar bayi supaya udara dalam kamar tidak panas dan juga tidak lembab.

Cara Mengobati Biang Keringat :

1. Jika bayi biang keringat, berilah obat gatal untuk mengurangi rasa gatalnya. Pilihlah obat gatal yang aman untuk bayi dan ini bisa ditanyakan kepada dokter atau apoteker.
Obat gatal ini bisa berupa bedak tabur ataupun bedak cair yang biasanya mengandung salisil.

2. Jika menginginkan obat gatal yang alami, Anda bisa membuatnya sendiri. Ada beberapa resep mengatasi biang keringat, yaitu dengan memberi kulit bayi yang gatal dengan tepung tapioka yang dicampur air. Tapioka bersifat dingin sehingga diyakini dapat mendinginkan kulit.
Resep lainnya adalah dengan melumatkan timun kemudian dicampur dengan tepung beras, lalu dioleskan ke bagian yang gatal.
READ MORE - Selengkapnya

EFEK BURUNG SERING MEMBENTAK ANAK


Membentak bisa berpengaruh buruk pada anak-anak, karena bisa membuat renggang ikatan batin dengan anak, selain itu bentakan tidak mengajarkan apa-apa untuk perkembangan si kecil. Saat usia anak masih di bawah 10 tahun, mereka tidak akan melawan atau balas membentak. Tetapi karena sikap pasif mereka itu, Anda jadi tidak bisa mengukur seberapa besar dampak psikologis yang ditimbulkan karena membentak. Anak cenderung untuk meniru perilaku orangtuanya. Seorang anak yang selalu dibentak, diomeli, atau dimarahi, akan tumbuh dengan keyakinan bahwa dia sah-sah saja berkomunikasi dengan menggunakan bentakan, omelan, atau kemarahan.

“Tahukan bunda di dalam setiap kepala seorang anak terdapat lebih dari 10 trilyun sel otak yang siap tumbuh. Satu bentakan atau makian mampu membunuh lebih dari 1 milyar sel otak saat itu juga. Satu cubitan atau pukulan mampu membunuh lebih dari 10 milyar sel otak saat itu juga. Sebaliknya 1 pujian atau pelukan akan membangun kecerdasan lebih dari 10 trilyun sel otak saat itu juga.”

Beberapa dampak negatif membentak anak adalah:

1. Anak saat dewasa menjadi minder & takut mencoba hal baru. Jiwanya selalu merasa bersalah sehingga hidupnya penuh keraguan dan tidak percaya diri.

2. Anak akan memiliki sifat pemarah, egois, judes karena dia dibentuk dengan kemarahan oleh orang tuanya. Jika ada hal yang tidak berkenan dihatinya karena sikap kawannya, dia cenderung agresif dan memarahi rekannya. Padahal masalahnya hanya sepele. 

3. Anak akan memilki sifat menantang, keras kepala dan suka membantah nasehat atau perintah orang tuanya. 

4. Anak akan memiliki pribadi yang tertutup dan suka menyimpan unek-unek nya, takut mengutarakan, karena takut dipersalahkan. 

5. Anak menjadi apatis, sering tidak peduli pada suatu hal.

Dari beberapa artikel dan penelitian disebutkan bahwa, satu bentakan merusak jutaan sel-sel otak anak kita. Hasil penelitian Lise Gliot, berkesimpulan pada anak yang masih dalam pertumbuhan otaknya yakni pada masa golden age (2-3 tahun pertama kehidupan, red), suara keras dan membentak yang keluar dari orang tua dapat menggugurkan sel otak yang sedang tumbuh. Sedangkan pada saat ibu sedang memberikan belaian lembut sambil menyusui, rangkaian otak terbentuk indah.

Penelitian Lise Gliot ini sendiri dilakukan sendiri pada anaknya dengan memasang kabel perekam otak yang dihubungkan dengan sebuah monitor komputer sehingga bisa melihat setiap perubahan yang terjadi dalam perkembangan otak anaknya. “Hasilnya luar biasa, saat menyusui terbentuk rangkaian indah, namun saat ia terkejut dan sedikit bersuara keras pada anaknya, rangkaian indah menggelembung seperti balon, lalu pecah berantakan dan terjadi perubahan warna. Ini baru teriakan,” ujarnya. Dari hasil penelitian ini, jelas pengaruh marah terhadap anak sangat mempengaruhi perkembangan otaknya. Jika ini dilakukan secara tak terkendali, bukan tidak mungkin akan mengganggu struktur otak anak itu sendiri. “Makanya, kita harus berhati-hati dalam memarahi anaknya,” Tidak hanya itu, marah juga mengganggu fungsi organ penting dalam tubuh. Tak hanya otak, tapi juga hati, jantung dan lainnya.

READ MORE - Selengkapnya

PENYEBAB DAN CARA MENGATASI SARIAWAN PADA BALITA

PENYEBAB DAN CARA MENGATASI 
SARIAWAN PADA BALITA

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi anak yang terkena sariawan, sebaiknya anda tahu dulu penyebab sariawan yang sering terjadi pada anak, karena kasus sariawan pada anak yang satu dengan yang lain seringkali berbeda.

• Stomatitis apthosa
Sariawan ini terjadi akibat adanya trauma, misalnya tergigit atau tergores sikat gigi saat anak menyikat gigi. Bagian dalam mulut yang lecet atau terluka dapat menyebabkan kuman masuk, dan membuat luka terinfeksi. Biasanya bila si Kecil terkena sariawan ini, maka akan timbul peradangan yang terasa sakit atau nyeri.

• Oral thrush / moniliasis
Sariawan ini disebabkan oleh jamur Candida albicans yang biasanya dijumpai dan bersarang di lidah. Jamur ini akan mudah tumbuh melebihi normal bila daya tahan tubuh si Kecil menurun dan ketika anak sedang mengonsumsi obat-obatan antibiotik.

• Stomatitis herpetic
Stomatic herpetic disebabkan oleh virus Herpes simplex. Virus ini biasa dijumpai dan bersarang di belakang tenggorokkan. Sariawan di tenggorokan terjadi jika ada virus yang mewabah dan daya tubuh si Kecil rendah. Meskipun terlihat sederhana, sariawan ini sangat mengganggu aktivitas si Kecil.

Berikut adalah cara mengatasi gejala sariawan pada buah hati :

1. Menjaga kebersihan mulut dan gigi anak
Jangan lupa untuk membiasakan si kecil agar rajin sikat gigi sebanyak dua kali sehari, yakni pada pagi hari setelah makan pagi dan malam menjelang tidur. Agar lebih optimal, sebaiknya si kecil juga diajak ke dokter gigi untuk mengontrol giginya setiap tiga bulan sekali.

2. Memberikan asupan makanan dan minuman yang sehat dan bergizi
Saat si kecil sedang menderita sariawan, bunda harus tetap memastikan bahwa si kecil mendapatkan asupan cairan yang cukup karena umumnya anak menjadi berkurang nafsu makannya ketika sariawan. Bila kebutuhan cairan si kecil terpenuhi, ini akan menghindarkannya dari risiko dehidrasi. Ibu bisa juga memberikan minuman dan makanan yang mengandung tinggi vitamin B, C, dan zat besi untuk membantu mempercepat proses penyembuhan, seperti, apel, jeruk, tomat, dan sayuran yang dapat diolah dalam bentuk jus, sehingga mudah untuk dikonsumsi dan tidak akan menyebabkan rasa sakit. Selain itu, vitamin B, C, dan zat besi pun bisa diperoleh dari susu.

3. Suapi si kecil perlahan-lahan
Ketika si kecil sariawan, sebaiknya bunda tetap menyuapinya dengan perlahan-lahan supaya ia tidak kekurangan nutrisi sekaligus sariawannya tidak tersentuh oleh sendok yang digunakan untuk makan. Ajarkan si kecil untuk makan perlahan-lahan agar makanan yang di kunyah tidak mengenai mulutnya karena sariawan.

4. Gunakan gelas untuk minum si kecil
Ketika anak sariawan, sebaiknya jangan menggunakan botol saat bunda ingin memberikan minuman untuk si kecil. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari adanya kontak langsung dengan sariawan, karena hal ini bisa membuat dia semakin nyeri atau sakit terhadap makanan atau minuman yang ia makan.

Kalau gejala sariawan tidak kunjung sembuh dalam beberapa hari atau bahkan minggu, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.
READ MORE - Selengkapnya

Gangguan Penampilan Wanita Hamil


Berikut ini beberapa hal yang mengganggu penampilan wanita selama dan setelah periode kehamilan.

Stretchmark
Stretchmark adalah garis vertikal yang menyerupai kulit pecah. Berwarna merah yang kemudian akan memutih, menjadi garis-garis yang lebih putih dari kulit sekitarnya. Biasa muncul pada perut, paha dan pinggul akibat bagian tubuh yang makin membesar.

Untuk mencegahnya, gunakan krim anti stretch mark yang mengandung pelembap tinggi sejak awal kehamilan. Hindari juga penambahan berat badan yang signifikan selama kehamilan. Muncul atau tidaknya stretchmark dipengaruhi juga tingkat kekenyalan kulit seseorang. Stretch mark dapat bersifat permanen maksudnya tetap ada walau telah melahirkan.

Mask of Pregnancy
Ibu yang sedang hamil ada pula yang mengalami mask of pregnancy, dimana warna kulit wajah tidak sama, area dahi dan pipi berwarna lebih gelap serta warna yang lebih gelap pada lipatan-lipatan.


Untuk mencegahnya, gunakan krim dengan kadar 15 SPF dan hindari berada terlalu lama di bawah paparan sinar matahari.

Luka Akibat Garukan
Perut yang membesar dapat menimbulkan rasa gatal pada perut. Jika Anda menggaruknya, bukan tidak mungkin akan menyebabkan luka yang akan meninggalkan bekas permanen. Rasa gatal juga dapat disebabkan karena kulit yang mengering.

Untuk mencegahnya, gunakan pelembab atau krim dingin penghilang gatal yang aman dan krim yang mengandung pelembab. Potong kuku agar jika Anda tanpa sengaja menggaruk bagian yang gatal tidak menyebabkan luka.

Berjerawat dan Berketombe
Meningkatnya produksi hormon progesteron akan meningkatkan produksi minyak sehingga dapat menyebabkan kulit wajah dan kepala menjadi berminyak. Akibatnya, jerawat dan ketombe menjadi masalah yang dialami selama masa kehamilan.
Untuk mencegahnya, cuci muka lebih sering dari biasanya, tetapi jangan sampai terlalu sering sehingga menyebabkan kulit menjadi kering. Untuk mencegah ketombe, cuci rambut dengan frekuensi lebih sering.

Varises
Pada masa kehamilan, aliran darah meningkat sehingga dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah balik yang dinamakan varises. Biasa timbul pada bagian belakang tungkai dan betis, dengan bentuk urat kebiru-biruan yang menonjol dan berkelok-kelok. Biasa disertai rasa nyeri yang mengganggu.

Untuk mencegahnya, hindari penambahan berat yang berlebih, jalan kaki secara teratur, jangan duduk atau berdiri terlalu lama, dapat juga menggunakan stoking anti varises.

Kegemukan
Penambahan berat badan memang harus terjadi pada saat kehamilan karena janin yang ada dalam kandungan harus semakin bertumbuh. Tetapi, jika setelah melahirkan berat badan Anda masih berlebih, hal ini dapat mengurangi percaya diri Anda. Masalah kegemukan ini yang paling banyak terjadi dan dikeluhkan para ibu yang baru melahirkan.

Untuk mencegahnya, Anda dapat melakukan diet dan olahraga. Mengurangi berat badan adalah agar kalori yang masuk lebih sedikit dari kalori yang dikeluarkan. Maka perlu disiplin agar kalori yang masuk dalam tubuh seimbang dengan apa yang dikeluarkan. Tetapi, jika Anda masih menyusui si buah hati, jangan lakukan diet ketat yang ekstrim.

Prinsip diet yang baik adalah berpedoman pada 3 J. Yaitu, pengaturan jumlah makanan, jenis makanan, dan jadwal makan. 

Penerapan 3J pada ibu menyusui juga berlaku. Pertama, lakukan pengaturan makanan agar makanan yang dimakan tidak berlebih. Pada periode menyusui, ibu mengeluarkan 300-500 kkal lebih banyak dalam sehari. Jumlah ini yang harus dicukupi dan sebaiknya makanan yang diasup tidak berlebih terlalu banyak yang akan mengakibatkan kenaikan berat badan yang drastis.

perhatikan jenis makanan. Agar ASI dapat keluar dan memenuhi gizi si bayi, pilih jenis makanan yang tepat seperti sayur dan buah yang kaya serat, karbohidrat kompleks, protein rendah lemak dan perbanyak minum air putih.

jadwal makan. Makanlah dalam porsi kecil tetapi sering sebaliknya daripada langsung makan dalam porsi besar. Dengan frekuensi sering, Anda tidak perlu tersiksa menahan lapar dan juga akan membantu proses pembakaran agar dapat berlangsung dengan maksimal.

Jangan lupa untuk berolahraga. Mulailah dengan olahraga ringan seperti jogging atau bersepeda. Apabila tubuh Anda sudah pulih dengan baik, dapat menambahkan intensitas olahraga Diet dengan cara yang tepat yang disertai dengan olahraga adalah cara yang sehat agar tubuh dapat kembali langsing.
READ MORE - Selengkapnya

KEDELEI HITAM UNTUK AWET MUDA

KEDELEI HITAM
UNTUK AWET MUDA

Kedelai hitam paling kita kenal di gunakan sebagai bahan baku kecap, rasanya yang lebih gurih memang lebih enak untuk bahan baku kecap di banding menggunakan kedelai kuning. Rasanya yang lebih gurih karena kandungan asam amino glutamate nya lebih tinggi di bandingkan kedelai kuning.

Kedelai hitam kaya akan serat yang ternyata mampu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh serta mampu membantu mengobatigangguan hormon. Berdasar penelitian kedelai hitam juga mampu mengurangi gejala menopause pada wanita, sehingga keluhan yang sering di alami wanita yang telah memasuki masa menopause seperti berdebar-debar, nyeri otot, badan terasa panas, keringat banyak dapat di atasi dengan kedelai hitam.

Bagi kecantikan pun ada juga manfaatnya :

Membuat Awet Muda
Kandungan Antisianin dalam kedelai hitam bermanfaat mencegah oksidasi dalam tubuh yang terjadi lebih dini. Bahkan kandungan antisianinnya lebih tinggi dari blueberry.

Mengurangi Kadar Kolesterol JahatKandungan nutrisi dalam kedelai hitam terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), dimana kedelai hitam ini akan membantu mengontrol berat badan dan mengurangi kadar kolesterol jahat.
READ MORE - Selengkapnya

TIPS UNTUK PERAWATAN BAGIAN KAKI

TIPS UNTUK PERAWATAN BAGIAN KAKI

Karena berada di dalam ruangan AC dan terjemur sinar matahari adalah beberapa faktor penyebab kaki menjadi kering. Ditambah lagi, kaki merupakan bagian tubuh yang hanya memiliki sedikit kelenjar minyak. Merupakan penebalan pada kulit kaki. Biasa terjadi karena salah memakai sepatu atau karena bergesekan pada area yang keras dalam waktu yang lama. Timbul kemerahan dan terasa gatal merupakan tanda bahwa kaki terinfeksi jamur. Anda dapat merasa malu apabila saat membuka sepatu atau kaos kaki tercium bau kaki yang tidak sedap. Hal ini karena banyaknya keringat yang diproduksi kaki. Ditambah kaki tertutup oleh sepatu maka bakteri dapat berkembang dengan cepat. Keringat dan bakteri yang bercampur inilah yang menimbulkan bau tidak sedap pada kaki.

Cara Perawatan Kaki

Perawatan kaki tidaklah rumit dan dapat Anda lakukan secara mudah di rumah. Merawat kaki indah dan sehat terdiri dari beberapa langkah seperti berikut:

  • Rendam
Siapkan baskom berisi air hangat yang ditambah cairan antiseptik atau garam mandi. Cairan antiseptik akan mencegah bakteri berkembang. Merendam kaki dengan air hangat dapat menjadi cara untuk relaksasi sekaligus untuk menjaga kaki tetap sehat.
  • Gosok
Dengan menggunakan sikat khusus, gosok kaki secara keseluruhan. Menyikat kaki bertujuan mengangkat kotoran dan sel kulit mati sehingga kaki terlihat lebih cerah dan kaki dapat bernafas dengan leluasa.
  • Scrubbing
Melakukan scrub untuk kaki dapat dilakukan dengan menggunakan batu apung, buah lemon atau alat penggosok yang menyerupai batu apung. Ini akan membantu kaki terhindar dari kapalan.
  • ·Keringkan
Pengeringan kaki dilakukan dengan dengan cermat termasuk pada sela-sela kaki. Jangan biarkan kaki dalam keadaan lembab karena akan menjadi tempat favorit berkembangnya jamur.

  • Gunakan Krim
Anda bisa menggunakan beberapa krim agar kaki menjadi sehat. Agar terhindar dari kaki yang kering, gunakan pelembap pada kaki. Jika ada masalah khusus pada kaki, seperti kapalan atau jamur, gunakan krim khusus untuk menyembuhkannya. Anda juga dapat menggunakan krim khusus untuk mengangkat kutikula agar mudah diangkat. Gunakan krim atau pelembap sambil memijat kaki agar pelembap dapat bekerja maksimal. Hal ini juga akan membuat kaki menjadi mulus.
  • Gunting dan Cat
Jangan lupakan bagian kuku saat merawat kaki. Gunting kuku agar terlihat rapi dan gunakan kikir untuk menghaluskan bagian tepi kuku. Jika ingin terlihat cantik, dapat mengoleskan cat kuku dengan warna kesukaan Anda.
READ MORE - Selengkapnya

Tips Membuat Lotion Sendiri Dari Bunga Lavender

Tips Membuat Lotion Sendiri

Bahan-bahan:
    • ½ cup bunga Lavender kering
    • 10 tetes minyak Lavender essential (di USA dapat ditemui di toko-toko makanan alami atau dapat dibeli secara online)
    • 4 sendok makan parutan lilin tawon (di USA dapat ditemui di toko-toko makanan alami atau dapat dibeli secara online)
    • 1 cup minyak Zaitun (light atau virgin)
    • Kompor/portable kompor
    • Ketel kukus/double panci
    • Sebuah mangkok/gelas pengukur cairan
    • Sebuah alat penetes, baik berupa plastik atau kaca
    • Kain keju/jenis kain yang dapat digunakan dengan baik untuk penyaringan
    • Sebuah karet pengikat
    • Beberapa container kecil untuk hasil akhir, lotion
    • Tissue atau kain pembersih

Cara Membuat:
    • Tuangkan 1 cup minyak Zaitun ke dalam ketel kukus/double panci.
    • Tambahkan ½ cup bunga Lavender kering. Panaskan sekitar 15 menit. Sementara menunggu, tutuplah mangkok/gelas pengukur dengan selembar kain keju dan ikatlah dengan karet.
    • Setelah itu, angkat panci dan pindahkan campuran minyak Zaitun dan bunga kering Lavender dengan hati-hati untuk disaring di atas kain keju yang telah disediakan.
    • Setelah seluruh penyaringan selesai, buka karet pengikatnya dan peras secara keseluruhan. Pastikan anda melakukannya hingga minyak tak menetes lagi.
    • Bersihkan tangan anda dari minyak dengan menggunakan tissue atau kain pembersih.
    • Tempatkan gelas pengukur cairan ke dalam double panci. Dengan menggunakan sebuah alat penetes, tambahkan 10 tetes minyak Lavender essential secara hati-hati.
    • Tambahkan 4 sendok makan parutan lilin tawon. Aduk perlahan dan panaskan hingga meleleh.
    • Untuk mengetes kemantapan, letakkan sedikit minyak campuran tersebut di atas sendok dan masukkan ke dalam lemari es. Hasil yang baik, akan menunjukkan cairan seperti syrup. Bila terlalu encer, tambahkan parutan lilin tawon. Bila terlalu kental, tambahkan sedikit minyak Zaitun.
    • Segeralah pindahkan hasil akhir minyak campuran itu ke dalam container-container kecil yang telah disediakan.
    • Biarkan selama 2 jam. Setelah itu tutup dengan penutup container-nya.
Minyak lotion ini sangat bermanfaat dan baik untuk kulit yang sangat kering terutama bagi anda yang memiliki telapak tangan yang sangat kering atau pecah-pecah. Baik pula digunakan pada siku atau lutut anda.
READ MORE - Selengkapnya

PENGOBATAN ALAMI UNTUK ASAM URAT


Sendi yang terlibat ?
Daerah yang paling umum dari peradangan adalah persendian antara kaki dan jempol kaki. Kemudian serangan sering mempengaruhi sendi lain dari kaki dan kaki. Terkadang, lengan dan tangan yang terpengaruh. Kristal asam urat yang disimpan dalam sendi, tendon, ginjal, dan jaringan lain, di mana mereka menyebabkan peradangan dan kerusakan yang cukup besar. Alasan bahwa sendi ekstremitas lebih yang terpengaruh mungkin karena mereka lebih dingin dan kristal asam urat lebih mungkin untuk deposit pada suhu yang lebih rendah.

Pengobatan

Penyebab yang mendasari penyakit asam urat ini adalah metabolisme asam urat yang rusak, yang menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam darah. Kristal urat akhirnya disimpan pada sendi (tophi), terutama yang dari jempol kaki, dan menyebabkan gejala inflamasi. Penderita asam urat direkomendasikan untuk diet makanan yang mengandung purin, minum air sebanyak 2-3 liter, makanan buah-buahan segar dan sayuran). Baca buah-buahan yang membantu menurunkan asm urat.


Cara Menurunkan Asam Urat secara Alami

Semakin banyak penderita asam urat bergerak menjauh dari obat-obat berbasis dengan bahan kimia, dengan efek samping buruk, untuk menurunkan asam urat. Berikut adalah beberapa tips sederhana mengenai cara untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara alami:

  • Air
Minum antara 2 dan 3 liter air sehari-hari. Minum dalam jumlah kecil secara teratur sepanjang hari. Air membantu ginjal untuk memproses dan mengeluarkan asam urat dari tubuh.

  • Baking Soda
Mengkonsumsi baking soda solusi untuk membantu melarutkan kristal asam urat, dan, meningkatkan kelarutan asam urat. Tambahkan 1/2 sendok teh baking soda dengan 8 ons air. Aduk rata, dan minum maksimal 8 gelas setiap hari. Sebelum tidur, satu ketika Anda bangun di pagi hari, dan satu setiap 2 sampai 4 jam antara waktu makan. Ulangi sampai gejala telah hilang.


Catatan : baking soda yang tinggi sodium, beralih ke pola makan bebas garam sementara mengambil obat ini. Dan, jika Anda menderita tekanan darah tinggi, meskipun Anda dapat mengambil selama Anda memonitor tekanan darah Anda dengan cermat, lebih baik tidak menggunakan obat ini sama sekali. 


  • Ceri

Ceri mengandung anthocyanin yang memiliki sifat anti-inflamasi, ideal untuk serangan gout. Tetapi penelitian juga telah menunjukkan bahwa mereka dapat menurunkan kadar asam urat serum. Itulah sebabnya ceri adalah seperti senjata yang ampuh melawan encok.

  • Diet

Diet rendah purin, karena asam urat berasal dari pemecahan purin, dan, purin juga ada dalam makanan, penderita gout perlu diet yang relatif rendah purin dalam rangka untuk mengurangi kadar asam urat.

Jenis umum dari makanan yang harus dihindari adalah daging berlemak merah, jeroan, unggas, dan beberapa makanan laut. Dan, penting untuk menghindari alkohol. Bir, khususnya, merupakan pemicu asam urat.

Jenis-jenis makanan yang untuk diet rendah purin adalah hal-hal seperti; asam lemak esensial (misalnya tuna, salmon, dll), produk susu rendah lemak, karbohidrat kompleks (misalnya roti, sereal, pasta, nasi, sayur, buah, dll.) , buah-buahan seperti ceri, stroberi, blueberry, anggur, dll
READ MORE - Selengkapnya

Manfaat Buah dan Sayuran Berdasarkan Warna

Manfaat Buah dan Sayuran Berdasarkan Warna

Apa saja rahasia warna pada buah dan sayuran, dan apa pula manfaatnya buat tubuh kita ? berikut sedikit penjelasannya :

Warna Hijau
Warna hijau pada buah di bentuk karena adanya asam alegat, dimana asam alegat ini mampu melawan bibit sel kanker jenis apapun dan juga mampu menormalkan tekanan darah karena adanya kandungankalium. Sementara pada sayuran berwarna hijau merupakan 

sumber vitamin, mineral, isothiocyanate, sulforaphane dan indole, dimana zat - zat tersebut mampu merangsang produksi enzim di liver yang mampu melawan kanker.

Warna Kuning
Warna kuning pada buah dan sayuran muncul karena adanya zat kalium, dimana kalium bermanfaat mencegah stroke dan jantung koroner. Sayuran dan buah berwarna kuning juga mampu membantu meningkatkan energi dan memusatkan konsentrasi.

Warna Merah
Warna merah muncul karena adanya zat likopen dan antosianin, dimana likopen mampu menghambat fungsi kemunduran fisik dan mental. Sedangkan antosianin mampu membantu mencegah infeksi dan kanker kandung kemih. Selain itu buah dan sayur berwarna merah juga dapat membantu melancarkan peredaran darah dan membangkitkan semangat.

Warna Jingga
Warna jingga pada buah dan sayur menandakan adanya kandungan betakarotin, dimana betakarotin mampu menghambat proses penuaan sel dalam tubuh. Betakarotin juga membantu meremajakan kembali sel - sel dalam tubuh yang sudah terlanjur tua.
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails